Amalkan Sholawat Tibbil Qulub, Insyallah Berkhasiat Menyembuhkan Berbagai Penyakit

Edu Syariah

Nasehat Dhuha Kamis, 21 Oktober 2021 | 14 Rabiul Awal 1443 H | Oleh : Sularto

Klikbmi, Tangerang – Dari berbagai sumber kita ketahui bahwa Sholawat Tibbil Qulub atau Syifa merupakan sholawat yang digunakan untuk cegah, maupun penyembuhan segala penyakit. Dengan membaca shalawat, berarti mengamalkan amalan-amalan, terutama merupakan wujud kecintaan kepada Nabi Muhammad SAW dan mengarapkan syafaatnya di hari kiamat nanti. Sholawat Tibbil Qulub merupakan shalawat yang cukup populer di kalangan umat Islam karena digunakan sebagai penawar atau obat.

Terutama pada pandemi Covid-19 saat ini yang masih terjadi.Dengan mengamalkan sholawat ini setiap hari, maka dapat menolak dan permohonan untuk kesembuhan segala penyakit pada Allah SWT.

Berikut adalah bacaan sholawat Tibbil Qulub untuk penyembuh segala penyakit Arab, latin, dan terjemahannya:

أَللَّهُمَّ صَلِّ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ طِبِّ الْقُلُوْبِ وَدَوَائِهَا وَعَافِيَةِ الأَبْدَانِ وَشِفَائِهَا وَنُوْرِ الأَبْصَارِ وَضِيَائِهَا وَعَلَى آَلِهِ وَصَحْبِهِ وَسَلِّمْ

Allohumm sholli ‘ala sayyidina Muhammadin, tibbil quluubi wa dawaa-iha, wa ‘aafiyatil abdaani wa syifa-iha, wa nuuril abshoori wa dliyaa-iha, wa ‘ala aalihi wa shahbihi wa sallim.

Artinya:

“Ya Allah, limpahkanlah rahmat kepada baginda kami Nabi Muhammad yang menjadi obat dan penyembuhan hati, penyehat dan penyelamat badan, cahaya dan sinar penglihatan, dan limpahkan kepada keluarga dan sahabat-sahabatnya, dan berilah kesejahteraan.”

Sholawat ini bisa dibaca ketika hati sedang resah maupun tidak tenang. Dengan membacanya, maka dapat menghilangkan keresahan hati, meringankan beban pikiran, memberikan cahaya bagi mata hati, dan mengatasi sifat yang tercela dan kegundahan hati.

Banyak yang mengamalkan bacaan Sholawat Tibbil Qulub dengan tujuan untuk penolak berbagai macam penyakit dan memohonan kesembuhan pada Allah SWT. Sebab diantara faidah membaca shalawat ini adalah untuk menjaga kesehatan tubuh dan menjadi obat dari segala penyakit lahir maupun batin. Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) telah meminta seluruh kalangan di Indonesia untuk membaca sholawat Tibbil Qulub.

Sholawat Tibbil Qulub biasa disebut juga sebagai sholawat asy-syifa (obat penyembuh) atau sholawat nuril abshor. Sholawat ini dipercaya berkhasiat untuk menyembuhkan penyakit. Manfaat atau faedah sholawat Tibbil Qulub tersebut, tertuang dalam sebuah dzikir Majmu’ah Maqruat Yaumiyah wa Usbu’iyah, yang tertulis sebagai berikut: “Shalawat Tibbil Qulub ini teruji (berfaedah) untuk menjaga kesehatan tubuh dan menjadi obat segala penyakit dzahir ataupun batin” (KH Muhammad bin Abdullah Faqih, Majmu’ah Maqruat Yaumiyah wa Usbu’iyah, hal. 47).

Berikut di bawah ini adalah 2 testimoni dari orang yang mendapatkan manfaat dari sholawat Tibbil Qulub yang diperdengarkan dari link : https://www.youtube.com/watch?v=iP_djlJVftI.

Anjuran membaca Tibbil Qulub juga tertera dalam kitab Sa’adah ad-Daraini fi as-Shalat ala Sayyid al-Kaunaini, yang artinya: “Shalawat ini merupakan lafal shalawat penyembuh lahir dan batin. Dibaca 2.000 kali untuk menyembuhkan segala penyakit. Dan menurut sebagian pendapat dibaca sebanyak 400 kali, maka penyakit tersebut akan sembuh atas seizin Allah” (Syekh Yusuf bin Ismail, Sa’adah ad-Daraini fi as-Shalat ala Sayyid al-Kaunaini, Cet. Darul Kutub al-‘Ilmiyyah, hal. 26).

Demikian penjelasan singkat tentang Sholawat Tibbil Qulub dan khasiatnya untuk kehidupan sehari-hari kita. Semoga bermanfaat. Mari terus ber-ZISWAF (Zakat,Infaq,Sedekah dan Wakaf) melalui rekening ZISWAF Kopsyah BMI 7 2003 2017 1 (BSI eks BNI Syariah) a/n Benteng Mikro Indonesia atau menggunakan Simpanan Sukarela : 000020112016 atau bisa juga melalui DO IT BMI : 0000000888. (Sularto/Klikbmi)

Share on:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *