Nasehat Dhuha : Peduli Dan Tolong Menolong Merupakan Budaya Islam

Info ZISWAF

Nasehat Dhuha, Selasa, 19 Januari 2021 | 83 Hari Menuju Ramadhan 1442 H | Oleh : Ustadz Sarwo Edy, ME

Sudah menjadi rahasia umum bahwa manusia adalah makhluk sosial, makhluk yang tidak bisa berdiri sendiri dan antara satu dengan yang lainnya ada ketergantungan atau dengan kata lain saling membutuhkan. Layaknya kursi yang tidak bisa berdiri hanya dengan satu kaki (kursi). Setiap kaki (kursi) mempunyai perannya masing-masing. Tolong menolong dan rasa kepedulian merupakan hal yang mempresentasikan hal di atas. Allah subhanahu wa ta’ala telah memerintahkan kita untuk membudayakan tolong menolong dalam kebaikan yang termaktub di dalam surat al-maidah ayat 2 yang berbunyi :

وَتَعَاوَنُوا۟ عَلَى ٱلْبِرِّ وَٱلتَّقْوَىٰ ۖ وَلَا تَعَاوَنُوا۟ عَلَى ٱلْإِثْمِ وَٱلْعُدْوَٰنِ ۚ وَٱتَّقُوا۟ ٱللَّهَ ۖ إِنَّ ٱللَّهَ شَدِيدُ ٱلْعِقَابِ

Dan tolong-menolong lah kamu dalam kebaikan dan ketakwaan. Dan janganlah tolong-menolong dalam berbuat dosa dan pelanggaran. Dan bertakwa lah kamu kepada Allah, sesungguhnya siksa Allah sangat berat.

Sesuai ayat di atas, tolong menolong dan rasa kepedulian adalah perintah Allah sekaligus budaya islam yang harus dilestarikan oleh umat islam.

Jika kita punya uang, maka tolonglah dengan uang. jika kita punya tenaga, maka tolonglah dengan tenaga. Dan jika kita punya waktu, maka tolonglah dengan waktu.

Sedikit yang kita punya (untuk disalurkan) adalah anugrah bagi mereka yang membutuhkan.

#SemangatBerbagi #UkhuwahIslamiyah

Rekening ZISWAF KOPSYAH BMI : 7 2003 2017 1 (BNI Syariah) a/n Benteng Mikro Indonesia. (Sularto/Klikbmi)

ZISWAF KOPSYAH BMI

Share on:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.