Transformasi KLIK BMI NEWS Menjadi BMI TV Untuk Memasyarakatkan Peradaban Baru Koperasi Indonesia

Nasional

Klikbmi, Tangerang – Penyampaian informasi pada era digital ini memang menjadi sangat penting. Kegiatan yang baik jika tidak terinformasikan dengan baik maka yang dipahami oleh masyarakat bahkan justru bisa sebaliknya. Bahkan sangat ekstrim, kegiatan yang biasa saja jika dikemas dengan narasi yang baik akan diterima dengan baik oleh masyarakat. Menyadari pentingnya penyampaian informasi yang benar, actual dan mengedukasi Koperasi BMI sangat memperhatikan hal ini. Ditemui disela-sela pemberian Hibah Rumah Gratis Siap Huni (HRSH) di Kecamatan Kronjo dan Rajeg Selasa (30/3), Presiden Direktur Koperasi BMI, Kamaruddin Batubara mengatakan Koperasi BMI sedang sangat giat dan terus akan giat melakukan edukasi ke masyarakat bukan hanya anggota BMI tetapi kepada seluruh masyarakat Indonesia, agar koperasi dipahami dengan baik oleh masyarakat Indonesia.

“Kita ingin menyampaikan pesan kepada masyarakat Indonesia untuk berkoperasi yang bukan saja benar tetapi dengan sudut pandang baru. Kami sedang sangat konsen membuka pemahaman masyarakat Indonesia tentang peradaban baru koperasi Indonesia’ ujarnya pria tinggi besar ini. Ditanya apakah peradaban baru koperasi Indonesia ini,”Peradaban baru koperasi Indonesia adalah pemahaman tentang koperasi yang kami yakin sangat sesuai dengan pemikiran Bung Hatta. Koperasi harus besar, koperasi harus dikelola profesional, koperasi harus mandiri, berkarakter, dan bermartabat,  koperasi adalah pemberdayaan dan koperasi harus peduli sesama. Inilah 5 pesan penting yang ingin  kami sampekan terus– menerus agar masyarakat Indonesia tidak gagal paham terhadap koperasi’’ ujarnya melanjutkan.

“Agar instrumen penyampaian informasi ini mudah dipahami oleh masyarakat luas maka kita hari ini melakukan transformasi pada media youtube chanel kita. Youtube chanel kita berubah dari KLIK BMI NEWS menjadi BMI TV. Ada beberapa alasan mengapa perubahan ini dilakukan. Yang pertama adalah soal content dengan mengubah nama dari kata NEWS menjadi TV akan mudah dipahami bahwa kita sedang merubah pola informasi bukan hanya sekedar berita tetapi lebih luas lagi terkait media edukasi yang lebih diterima oleh masyarakat, kontrol sosial, dan hiburan yang mendidik sesuai dengan fungsi media televisi” papar Kamaruddin selanjutnya.

“Dengan merubah nama menjadi BMI TV maka ibu-ibu yang tidak terbiasa menonton youtube akan tertarik untuk melihat tayangan BMI TV yang sebenarnya juga ditayangkan melalui youtube. Kita tahu bersama saat ini banyak juga stasiun televisi tanah air yang memanfaatkan youtube sebagai media untuk live streaming maupun  untuk membuat berita. Dengan bertransformasi menjadi BMI TV maka BMI TV akan menjadi alat informasi, media edukasi, fungsi kontrol serta menjadi media hiburan yang mendidik” tegasnya lagi.          

Sularto, Koordinator Humas dan Promosi Koperasi BMI mengatakan bahwa transformasi menjadi BMI TV dibutuhkan agar chanel youtube Koperasi BMI benar-benar efektif sebagai alat informasi. “Kehadiran BMI TV menjadi sangat penting sebagai sarana mentransformasikan ide, gagasan dan juga kegiatan Koperasi BMI khsususnya dan perkoperasian pada umumnya kepada masyarakat luas. Kita akan mengemas berita pada portal berita kita www.klikbmi.com dalam bentuk berita tulisan  lalu membuat berita singkat berupa video, ini akan sangat memudahkan masyarakat menerima informasi” ujar penulis buku Koperasipreneur ini.

“Kita juga akan semakin memperkuat BMI TV menjadi media edukasi yang hadir casual dan lugas dengan membuat program Ngopi yaitu program Ngobrolin Koperasi. Ngopi ini merupakan bincang santai tetapi mengedukasi yang disiarkan secara live steaming dan berlokasi di salah satu unit usaha kita yaitu Kopi Rindoe Benteng. Insyallah mulai bulan April setiap Kamis pukul 15.30 WIB program ini akan kita laksanakan. Pada acara ini kita akan ajak mitra bisnis kita ikutan berpartisipasi menjadi sponsor pendukung program ini. Kita akan undang tamu-tamu dengan berbagai komunitas baik anak muda, mahasiswa, ibu rumah tangga, wanita karir dan berbagai unsur lain di masyarakat agar mengenal koperasi. Program ini akan melengkapi program Podcast BMI (Buka Mata Indonesia) yang formatnya bukan siaran langsung atau bukan live streaming. Kita telah berkoordinasi dengan GM Kopmen Pak Sondari untuk membuat acara Ngopi ini berlangsung menarik. Insyallah saya sendiri yang akan menjadi host acara ini”ujar Sularto melanjutkan.  

“Untuk melengkapi tayangan BMI TV menjadi lebih menarik kita juga akan membuat edukasi yang bernuansa hiburan. Ada 2 program unggulan yang akan kita buat. Yang pertama adalah Program Grebek Anggota. Program ini adalah program datang ke anggota BMI dan bertanya tentang keseharian anggota serta mengapa menjadi anggota, berapa jumlah simpanannya, akses pembiayaan apa saja yang pernah atau sedang diakses dan kegiatan keseharian lainnya. Program ini kita buat untuk menangkal isu miring tentang koperasi. Berkoperasi itu menyenangkan. Kita juga dalam program ini akan membawa produk baik itu mitra bisnis maupun produk anggota untuk menjadi sponsor acara ini” ujar pria yang lahir di Wonogiri ini.

Menutup penjelasannya Sularto mengatakan bahwa BMI TV memiliki program hiburan unggulan yaitu Sinema-coop. Mengenalkan koperasi melalui media film menurutnya akan lebih mempermudah penyampaian gagasan berkoperasi kepada masyarakat.”Kami telah berkoordinasi dengan berbagai komunitas film nasional termasuk kepada peserta kontestasi film pendek tetang koperasi. Ternyata ratusan judul film tentang koperasi telah dibuat oleh kreator film di berbagai daerah. Ternyata pula sebagian besar dari kreator film ini adalah anak muda milenial. Kami ingin menampung kreatifitas mereka dengan menayangkan film-film kreasi mereka untuk tayang di BMI TV. Saya kira sudah saat koperasi hadir dengan konsep komunikasi yang baru dan menghibur” pungkas pimpinan  redaksi BMI TV ini. (Sularto/Klikbmi).

Share on:

1 thought on “Transformasi KLIK BMI NEWS Menjadi BMI TV Untuk Memasyarakatkan Peradaban Baru Koperasi Indonesia

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *