Masyarakat Majasari Pandeglang bersuka cita dalam acara Milad Koperasi BMI yang ke 7 tahun dan operasional 17 tahun

BMI Corner

Klikbmi.com, Pandeglang – Koperasi Benteng Mikro Indonesia (Koperasi BMI) tengah berbahagia. Menjelang Milad yang ke 7 tahun dan operasional 17 tahun, Koperasi BMI memulai rangkaian kegiatan menyambut Milad, dimulai dari Cabang Majasari Kabupaten Pandeglang Banten. Kegiatan yang diselenggarakan oleh Koperasi BMI merupakan kegiatan yang sifatnya bakti sosial kepada masyarakat. Kegiatan milad Koperasi BMI akan berlangsung hingga tanggal 25 Maret 2020. Terdapat 8 tempat yang akan jadikan tempat kegiatan rangkaian acara milad Koperasi BMI mulai dari Pandeglang, Lebak, Serang hingga terakhir di Kabupaten Tangerang.

Presiden Direktur Koperasi BMI, Kamaruddin Batubara memberikan santunan kepada anak yatim di Majasari Pandeglang, Selasa (18/2) Foto : Dede/klikbmi


Presiden Direktur Koperasi BMI, Kamaruddin Batubara mengatakan bahwa dalam kegiatan milad Koperasi BMI kali ini akan di serahkan santunan kepada yatim sebanyak 1000 orang, sunatan masal anak anggota sebanyak 300 orang, Santunan pendidikan tingkat SD 5 anak anggota berprestasi @Rp.750.000, Santunan pendidikan tingkat SMP 5 anak @Rp.750.000, Santunan pendidikan tingkat SMA 5 anak @Rp.1.000.000, Santunan pendidikan tingkat Universitas 5 anak @Rp.1.500.000, Santunan pendidikan paket C terbaik 5 anak @Rp.500.000, Penyerahan Hibah Rumah Siap Huni sebanyak 3 unit untuk wilayah Kab.Tangerang (Cab.Sukadiri, Mauk dan Pasar kemis), Penyerahan SANIMESRA 1 unit wilayah Kab.Lebak , Penyerahan Sanitasi Dhuafa 1 unit wilayah Kab.Tangerang .” Sedangkan di Majasari kali ini akan disunat 48 anak , santunan yatim 165 orang, santunan pendidikan 5 anak berprestasi, dan santunan hafid quran 1 orang anak,” Ujar Kamaruddin Batubara. Kamaruddin juga mengatakan bahwa dengan rangkaian milad ini, sekaligus sebagai upaya mengenalkan koperasi BMI kepada masyarakat.” Anggota kita sudah mencapai 250.000 ribu orang. koperasi kita ada dua.Pertama, Koperasi Syariah Benteng Mikro Indonesa, dan Kedua Koperasi Benteng Muammalah Indonesia atau Kopmen BMI. Melalui Kopmen BMI Kita melakukan bisnis di ritel. Saat ini sudah dibuka 4 unit toko bangunan, tiga minimarket dan 1 cafe. Insha Allah akan dibuka mini market 2 unit lagi di Pandeglang. Dengan modal 100 ribu per orang, kita ada 70.000 orang yang bergotong royong sehingga semuanya menjadi pemilik koperasi ini,maka terbentuk Koperasi Benteng Muammalah Indonesia. Hingga Desember 2018 asset Kopmen BMI hanya 7.8 Milliar. Tetapi sampai Desember 2019 bertambah hingga 19.5 Milliar. Dan Sekarang per Januari 2020 sudah mencapai angka 20 milliar assetnya. Itulah inti dan semangat gotong royong sesuai dengan QS Al Maidah ayat 2 , tolong menolonglah kamu dalam kebaikan dan takwa dan jangan tolong menolong dalam kesesatan.” Tandas Kamaruddin.


Gotong royong adalah kekuatan koperasi. Sampai hari ini di Pandeglang sudah dibangun 14 Hibah Rumah Siap Huni yang satu unitnya bernilai 50 juta. ” Koperasi harus memberikan manfaat langsung. Termasuk juga mengenai Pemberian Sajadah dan Al Quran gratis. Jangan takut , tidak akan pernah rugi koperasi ini. Ingat QS As Saba ayat 39. Apapun yang kita sedekahkan pasti Allah ganti. ” Ujar Kamaruddin. Menurut Kamaruddin , kinerja koperasi BMI meningkat 20 persen dalam setahun ini. ” ini semua berkah dari sedekah juga merupakan dampak dari memadukan bisnis dengan semangat spritual. Koperasi BMI melayani semua umat. Bahkan hampir 1500 orang non muslim adalah anggota Koperasi BMI. Hibah Rumah Siap Huni yang ke 100 malah buat etnis tionghoa. Kita harus bisa menciptakan usaha bagi anggota, jangan hanya numpang hidup dlm kesuksesan orang. Kita ini lekat dengan pemberdayaan..Koperasi BMI terbiasa membudayakan ZISWAF. Inilah semangat koperasi BMI untuk menuju target 1 triliun tahun ini ” Ujar Kamaruddin Batubara. Selanjutnya Kamaruddin berharap ada anak anggota yang lulus dan bisa kuliah di Perguran tinggi 10 besar terbaik nasional, dan akan diberikan beasiswa sampai lulus kuliah.

Presiden Direktur Koperasi BMI, Kamaruddin Batubara menyaksikan sunatan masal pada acara Milad Koperasi BMI yang ke 7 tahun dan operasional 17 tahun di Majasari, Pandeglang, Selasa (18/2)Foto : Dede/klikbmi

Camat kecamatan Majasari, Caswa , dalam sambutannya mengatakan bahwa awalnya dirinya tidak tahu apa itu Koperasi BMI. ” Dan saya cari tahu alhamdulillah akhirnya saya tercatat sebagai anggota dalam waktu satu tahun ini. ” Ujar Caswa. Banyak koperasi, tentu banyak pilihan menurut Caswa. Masyarakat yang menentukan sendiri kehidupan perekonomiannya. Pemerintah hanya memfasilitasi saja. ” Yang digagas Koperasi BMI ini, selaku Camat, saya mengucapkan terima kasih telah banyak membantu masyarakat kami, ” Ujar Caswa.

Kepala Dinas Koperasi dan UKM Kabupaten Pandeglang Drs.H. Dadan mengucapkan terima kasih kepada Koperasi BMI, atas perhatiannya kepada masyarakat Pandeglang. ” Saya berharap banyak koperasi di Pandeglang yang mengadopsi cara Koperasi BMI ini. Kurang lebih ada 537 koperasi di sini, akan tetapi yang rutin menyerahkan laporan hanya 135 koperasi. Mudah mudahan dan Insha Allah saya akan belajar dan berguru d sini di Koperasi BMI .” Ujar Dadan.


Sementara itu Asisten Deputi Keanggotaaan Deputi Kelembagaan Kemenkop dan UKM RI, Wiwin mengatakan bahwa pihak Pemerintah dalam hal ini Kementerian Koperasi dan UKM RI sangat mengapresiasi kinerja Koperasi BMI ini. ” Koperasi BMI ini sudah sangat dikenal karena pemberdayaannya dan respon sosialnya. Saya berharap Koperasi ini konsisten terus dalam pemberdayaan anggotanya dan masyarakat. Pemerintah dalam hal ini Kementerian Koperasi dan UKM RI sangat mengapresiasi kinerja seperti ini, ” Ujar Wiwin singkat.

Pengobatan gratis dalam rangka milad Koperasi BMI yang ke 7 tahun dan operasional 17 tahun, Selasa (18/2) Foto : Dede/klikbmi

Setelah acara sambutan dilanjutkan dengan penyerahan secara simbolis beasiswa bagi anak anggota berprestasi dan santunan yatim. Selanjutnya acara dilanjutkan dengan sunatan massal oleh team medis yang bekerjasama dengan Koperasi BMI. (AH/klikbmi)

Share on:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.