Pengalaman Perdana Umroh Bersama Kopjas BMI (Bagian Pertama) :  Kami Datang Ya Allah

BMI Corner

Makkah, klikbmi.com – Berada di tanah suci, bersujud langsung di depan Kakbah merupakan impian bagi setiap muslim. Dan ketika kesempatan itu dapat kita rasakan, niscaya menjadi pengalaman yang seumur hidup tak akan terlupakan. Seperti yang dialami Muhammad Rizky penerima hadiah umroh gratis dalam Silaturahmi Akbar Koperasi BMI Grup di Ancol Dufan Jakarta pada Sabtu, 21 Oktober 2023 lalu.

Kepada Klikbmi, Asisten Manajer Koperasi Syariah Benteng Mikro Indonesia (Kopsyah BMI) Cabang Pontang Kabupaten Serang ini menceritakan pengalaman pertamanya berkesempatan menjalani umroh bersama Divisi Tour & Travel Koperasi Jasa Benteng Mandiri Indonesia (Kopjas BMI).

”Memandang Kakbah dengan mata kepala langsung menjadi impian saya pak. Ini adalah puncak semua doa dan ikhtiar saya dan Alhamdulillah di ijabah Allah SWT lewat Kopsyah BMI. Saya mengucapkan terima kasih kepada Pak Ketua Kamaruddin Batubara dan para pengurus Koperasi BMI Grup,” ujar pria yang sejak balita sudah yatim piatu itu.

Jamaah Umroh Tour & Travel Koperasi Jasa BMI berfoto bersama dengan latar Masjidil Haram, Selasa 31 Oktober 2023.

Rizky merupakan salah satu dari 39 jamaah umroh Koperasi BMI yang berangkat pada Senin 30 Oktober 2023. Senin siang, Rizky dan rombongan umroh Koperasi BMI berkumpul terminal tiga Ultimate Bandara Internasional Soekarno Hatta, Kota Tangerang.

Semua proses handling (perlengkapan dan koper) dilakukan langsung oleh mitra umroh Koperasi BMI, yakni Shafwah Holiday yang telah tiba di bandara terlebih dahulu. Jamaah tidak direpotkan dengan harus antri di pintu masuk dengan membawa koper dan sebagainya. Jamaah hanya menunggu di ruang transit.

Tempat transit itu bernama Zukavia Buffet Resto. Di sana kami disediakan jamuan makan sebelum berangkat. Tempatnya ber-AC dan makanannya mewah. Di sana pula, rombongan mendapatkan arahan langsung dari Presiden Direktur Koperasi BMI Grup Kamaruddin Batubara.

Urusan imigrasi selesai, rombongan menaiki kereta bandara untuk mengambil bagasi di Bandara King Abdul Aziz, Jeddah.

Setelah menerima tiket, kami diarahkan menuju pintu masuk imigrasi. Barulah di moment ini kami diperiksa paspor oleh petugas. Lolos paspor dilanjutkan masuk gerbang untuk boarding pass. Oleh pembimbing kami disarankan untuk melakukan salat sunah ihrom.

Pukul 18.05, kami dipersilakan masuk pesawat. Tepat pukul 19.05 WIB, Pesawat Saudi Airlines SV-819 membawa kami terbang menuju Bandara King Abdul Aziz, Jeddah. Perjalanan menuju Bandara King Abdul Aziz Jeddah ditempuh selama 9 jam.

Alhamdulillah pesawat take off dengan sempurna. Setelah pesawat terbang dengan stabil sesuai ketinggian, barulah para pramugari menyajikan makanan dan minuman. Kabin penumpang terasa syahdu dan khusyuk. Ada yang berzikir dan tidur.

Pada pukul 00.30 waktu Jeddah, kami dibangunkan untuk melaksanakan niat ihram dengan miqat di Yulamlam. Yulamlam adalah tempat mulai berihramnya jamaah yang datang dari arah Yaman, jaraknya ke Mekkah adalah 2 (dua) marhalah atau sekitar 80,64 kilometer.

Direktur Keuangan Kopsyah BMI Makhrus dan keluarga sebelum cek in di Hotel Ajyad Makarem, Makkah.

Pada pukul 01.00 waktu Arab Saudi, kami tiba di Bandara King Abdul Aziz Jeddah. Setelah selesai proses imigrasi dan bagasi, kami sudah dijemput oleh Muthowwif (pimpinan rombongan) menaiki bus menuju Mekkah Al-Mukarromah. Tiba di Mekkah pukul 03.00 lanjut chek in Hotel Ajyad Makarem, salah satu hotel Bintang 5 yang menjadi penginapan rombongan Umroh Koperasi BMI Grup. Jarak hotel dengan pelataran Masjidil Haram kurang lebih 300 meter.

Dari 39 jamaah, semua perwakilan koperasi primer BMI Grup ikut. Seperti Direktur Utama Kopjas BMI Bapak Yayat Hidayatullah dan Direktur Keuangan Koperasi Syariah Benteng Mikro Indonesia (Kopsyah BMI) Bapak Makhrus yang membawa istri, anak dan orang tuanya.

Kemudian, juga Ibu Neni, karyawan Kopsyah BMI yang juga memenangkan tiket umroh gratis pada Acara Gathering Akbar 2023 di Ancol. Lalu tiga mitra dari Kopjas BMI yakni Pak Mulyono, Mas Kusnanto dan Mas Khusnul dan Karyawan Koperasi Konsumen Benteng Muamalah Indonesia (Kopmen BMI) Pak Ahmad Ridwan Batubara. Rasanya, seperti gathering Koperasi BMI terjadi Makkah.

Karyawan Kopmen BMI Ahmad Ridwan Batubara dan Mitra Kopjas BMI Mulyono menjalani rangkaian ibadah Sa’i.

Setelah itu cek in selesai, rombongan menuju Masjidil Haram melanjutkan kegiatan umroh pertama dengan menyempurnakan thawaf, sa’i, dan tahalul. Tiba di Masjidil Haram, setelah membuka alas kaki, muthawwif memimpin doa memasuki masjidil Haram. Kami melakukan salat subuh dan sunah, berdoa menghadap kakbah. Bersyukur atas segala nikmat yang diberikan Allah SWT kepada kami. Kemudian bersiap untuk melakukan umroh pertama.

Rombongan dipersiapkan dengan baik, tertib dan sopan. Rombongan umroh dibuat barisan berbanjar ke belakang. Laki-laki berada di barisan depan, pinggir kanan dan kiri juga belakang. Jadi jamaah yang perempuan berada di tengah dengan diapit Jemaah laki-laki.

Tangan Jemaah yang laki-laki bagian depan dan belakang berpegangan, sementara laki-laki yang di samping kanan dan kiri memegang Pundak yang di depannya. Jamaah perempuan yang ada di dalam kekuatan laki-laki tersebut memegang pundak jamaah yang di depannya. Tujuannya agar jamaah perempuan terjaga betul oleh jamaah laki-laki.

Labbaik Allahumma labbaik, Aku menyambut panggilan-Mu ya Allah.

Dengan demikian Thawaf dapat dilaksanakan dengan tertib. Rombongan atau jamaah umroh yang lain tidak dapat menghalangi, membubarkan, atau membuyarkan barisan rombongan kami. Ternyata kekuatan seperti itu perlu diwujudkan untuk membuat nyaman dalam beribadah thawaf di depan kakbah yang memang penuhnya jamaah yang memiliki tujuan yang sama, membuat tenaga kita terkuras.

Alhamdulillah dengan formasi tersebut jamaah aman dan nyaman dalam beribadah, tidak terpisahkan selalu dalam formasi. Semoga terkabul doa-doa kami. Aamiin YRA. Tidak sedikit orang-orang dari rombongan lain yang mengikuti pelafalan doa thawaf dan tim dari Shafwah Holiday memvideokan kegiatan thawaf kami.

Setelah kegiatan thawaf selesai, kami diarahkan untuk melakukan salat sunnah dua rakaat dan doa yang dipandu muthawwif.  Selesai thawaf, kami diarahkan menuju pintu “TO Massa” yaitu jalur menuju tempat Sa’i. Sambil menghadap ke arah Kakbah, kami dipandu muthawwif berdoa untuk melaksanakan Sa’i.

Rombongan Jamaah Umroh Tour & Travel Koperasi Jasa BMI berfoto bersama dengan latar Kakbah.

Kemudian secara bersama melafalkan doa ketika hendak mendaki bukit Shofa sebelum memulai Sa’i. Setelah itu kami rombongan melakukan doa di atas bukit Shofa ketika menghadap Ka’bah.

Perjalanan dari Shofa ke Marwa dihitung satu kali perjalanan. Sebaliknya, perjalanan dari Marwah ke Shofa juga dihitung sebagai satu kali perjalanan. Dengan demikian, hitungan ketujuh berakhir di Marwah. Bagi jemaah laki-laki, disunahkan untuk melakukan ar-raml (berlari-lari kecil) saat melintas di sepanjang lampu hijau. Sementara, jemaah perempuan cukup berjalan biasa

Doa dan zikir tak putus kami bacakan sepanjang perjalanan sa’i dari Shofa ke Marwah dan dari Marwah ke Shofa. Termasuk berdoa dan berzikir saatmendaki Bukit Safa dan Bukit Marwa dari ketujuh perjalanan sa’i. Jarak dari Bukit Shofa ke Marwah adalah sekitar 400 meter. Dengan demikian, total perjalanan sa’i ditempuh dalam jarak sekitar 3 kilometer.

Setelah selesai doa sa’i, dilanjutkan dengan kegiatan tahalul. Yang ditandai dengan menggunting atau mencukur beberapa helai rambut. Minimal tiga helai rambut untuk proses ini. Karena itu, proses ini adalah pelepasan, pembebasan, penghalalan, dan pengampunan yang ditandai dengan dipotongnya setidaknya tiga helai rambut.

Selesai sudah rangkaian ibadah umroh pertama. kami sampai di hotel untuk beristirahat agarddpat menyiapkan diri untuk beribadah lainnya. Semoga doa-doa kami terkabulkan. Aamiin YRA. Agenda hari kedua adalah City Tour Kota Makkah, yang akan kami bagikan ceritanya kepada pembaca Klikbmi selanjutnya.(togar/humas)

Share on:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *