Jika Kita Menolong Saudara Kita, Maka Allah Akan Menolong Kita

Info ZISWAF

Nasehat Dhuha Kamis, 1 Juli 2021 | 21 Dzulka’dah 1442 H| Oleh :    Ust Sarwo Edy, ME

Klikbmi, Tangerang –  Sahabat BMI Kliker yang dimuliakan Allah SWT, tema kita hari ini adalah jika kita menolong saudara kita, maka Allah akan menolong kita. Di dalam kehidupan dunia ini, manusia diciptakan dengan perbedaan-perbedaan. Ada tinggi ada pendek, ada kaya ada miskin, ada kecil ada besar, ada laki-laki ada perempuan, ada muda ada tua dan lain sebagainya. Inilah Rahmat Allah SWT. Lebih khusus perihal rizki dan kedudukan, Allah berfirman di dalam surat Az-Zukhruf ayat 32 yang berbunyi :

أَهُمْ يَقْسِمُونَ رَحْمَتَ رَبِّكَ ۚ نَحْنُ قَسَمْنَا بَيْنَهُمْ مَعِيشَتَهُمْ فِي الْحَيَاةِ الدُّنْيَا ۚ وَرَفَعْنَا بَعْضَهُمْ فَوْقَ بَعْضٍ دَرَجَاتٍ لِيَتَّخِذَ بَعْضُهُمْ بَعْضًا سُخْرِيًّا ۗ وَرَحْمَتُ رَبِّكَ خَيْرٌ مِمَّا يَجْمَعُونَ

Apakah mereka yang membagi-bagi rahmat Tuhanmu? Kami telah menentukan antara mereka penghidupan mereka dalam kehidupan dunia, dan kami telah meninggikan sebahagian mereka atas sebagian yang lain beberapa derajat, agar sebagian mereka dapat mempergunakan sebagian yang lain. Dan rahmat Tuhanmu lebih baik dari apa yang mereka kumpulkan.

Dari ayat di atas dijelaskan bahwa perbedaan adalah sunnatullah agar manusia saling melengkapi dan saling membantu. Perbedaan bukan untuk dijadikan sebagai ajang perselisihan dan juga ajang kesombongan. Dan dijelaskan pula bahwa kedudukan, kekayaan dan kehidupan yang istimewa adalah semata-mata merupakan anugerah dari Allah. Dan Rahmat Allah (di akhirat) lebih baik dari apapun yang ada di dunia seisinya. Selain Allah memerintahkan kepada kita untuk saling membantu dengan kelebihan yang kita miliki, Dalam Hadist Nabi, Allah juga akan membalas (menolong) seseorang yang menolong saudaranya/orang lain. Rasulullah SAW bersabda,

عَنْ أَبِيْ هُرَيْرَةَ رضي الله عنه قال, قال رسول الله صلى الله عليه وسلم قَالَ: مَنْ نَفَّسَ عَنْ مُؤْمِنٍ كُرْبَةً مِنْ كُرَبِ الدُّنيَا نَفَّسَ اللهُ عَنْهُ كُرْبَةً مِنْ كُرَبِ يَوْمِ اْلقِيَامَةِ، وَمَنْ يَسَّرَ عَلَى مُعَسِّرٍ يَسَّرَ اللهُ عَلَيْهِ فِيْ الدُّنْيَا وَالآَخِرَةِ، وَمَنْ سَتَرَ مُسْلِمَاً سَتَرَهُ اللهُ فِيْ الدُّنْيَا وَالآخِرَةِ، وَاللهُ فِيْ عَوْنِ الْعَبْدِ مَا كَانَ الْعَبْدُ فِي عَوْنِ أَخِيْهِ

Dari Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu dia berkata: Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda: “Barangsiapa yang menghilangkan satu kesulitan seorang mukmin yang lain dari  kesulitannya di dunia, niscaya Allah akan menghilangkan darinya satu kesulitan pada hari kiamat. Barangsiapa yang meringankan orang yang kesusahan (dalam hutangnya), niscaya Allah akan meringankan baginya (urusannya) di dunia dan akhirat. Barangsiapa yang menutupi aib seorang muslim, niscaya Allah akan menutupi aibnya di dunia dan akhirat. Dan Allah  akan senantiasa menolong hamba-Nya, selama hamba tersebut mau menolong saudaranya   (HR. Muslim)

Kesimpulannya, Jika kita diberikan kelebihan (kekayaan, kedudukan, derajat ataupun pangkat) itu semua adalah anugerah dari Allah SWT dan kita diperintahkan agar mempergunakannya sebaik mungkin untuk membantu orang lain (yang membutuhkan). Dan Allah akan menolong hamba-Nya selama hamba tersebut menolong saudaranya. Lebih khusus nanti di akhirat kelak. Wallahu a’lam bish-showaab.

Mari terus ber-ZISWAF (Zakat,Infaq,Sedekah dan Wakaf) melalui rekening ZISWAF Kopsyah BMI 7 2003 2017 1 (BNI Syariah) a/n Benteng Mikro Indonesia atau menggunakan Simpanan Sukarela : 000020112016 atau bisa juga melalui DO IT BMI : 0000000888. (Sularto/Klikbmi).

Share on:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.