Koperasi BMI Dan Bank Muamalat Perkuat Kerjasama Bisnis Keuangan Dan Syiar Muamalah

BMI Corner Nasional

Perkuat Kerjasama Pemberdayaan Dan Sosial

Klikbmi.com, Tangerang – Hari ini, Selasa (6/10) bertempat di Gubuk Makan Mang Engking di kawasan  Green Office Park BSD City, The Breeze, Jl. Grand Boulevard BSD, Serpong, Tangerang. Presiden Direktur Koperasi BMI, Kamaruddin Batubara bertemu dalam jalinan silaturahmi bisnis dan kerjasama dengan Region Head Jakarta (West) Bank Muamalat, Dendy Rezka Taim. Mendampingi Kamaruddin Batubara turut hadir Makhrus (Direktur Keuangan Koperasi BMI). Dendy Rezka Taim didampingi Cahyo Adi, Kepala Cabang Bank Muamalat Puri Indah Jakarta dan jajaran manajemen Baitulmaal Muamalat (BMM) yang merupakan lembaga amil zakat nasional di bawah Bank Muamalat.

Koperasi BMI sebagai lembaga keuangan non bank yang bergerak dalam sistem syariah saat ini tercatat sebagai salah satu koperasi besar Indonesia. Koperasi BMI, September (9/2020) mendapat predikat tertinggi dalam penilaian kesehatan koperasi sebagai Koperasi Sehat berdasarkan peraturan deputi pengawasan No 7 Tahun 2016 tentang pedoman penilaian kesehatan koperasi simpan pinjam dan pembiayaan syariah dan unit simpan pinjam dan pembiayaan syariah. Kemarin (Senin,5/10) Koperasi BMI kembali menjadi koperasi dengan predikat Koperasi Sangat Berkualitas dengan nilai AAA berdasarkan permenkop No. 21 Tahun 2015 tentang pemeringkatan koperasi.

Baca juga : Koperasi BMI Kembali Catatkan Prestasi, Masuk Kategori Koperasi Sangat Berkualitas. https://klikbmi.com/koperasi-bmi-kembali-catatkan-prestasi-masuk-kategori-koperasi-sangat-berkualitas-dengan-nilai-aaa/

Koperasi BMI dan Bank Muamalat bermitra strategis karena sama-sama memiliki bisnis keuangan syariah. Keduanya juga sama-sama memiliki lembaga amil zakat nasional. Koperasi BMI dengan Lembaga Ziswaf Kopsyah BMI sementara Bank Muamalat dengan lembaga Baitulmaal Muamalat (BMM). Karena memiliki bisnis yang nafasnya sama kedua lembaga sepakat untuk terus mengembangkan kerjasama baik dalam keuangan syariah maupun syiar muamalah.

Baca juga : BMI Raih Predikat Koperasi Sehat Dari Kemenkop & UKM RI. https://klikbmi.com/bmi-raih-predikat-koperasi-sehat-dari-kemenkop-ukm-ri/

Kamaruddin Batubara dalam silaturahmi ini mengatakan Kopsyah BMI betul-betul menjalankan prinsip syariah dan tidak semata-mata sampai di akad saja. “Beberapa bulan lalu ada anggota kita di Lebak terkena musibah, sebagai lembaga syariah tentu kita punya tanggung jawab untuk memutihkan pinjaman anggota. Koperasi itu kan prinsipnya untuk memberikan kesejahteraan bagi anggota bukan untuk mempersulit, sehingga pada saat anggota dapat kesulitan maka kita harus memberikan kemudahan. Inilah yang kita sebut syariah. Dari sisi bisnis toh kita tidak rugi dengan menghapuskan utang anggota. Kita selalu yakin akan ada berbagai kemudahan jika kita yakin atas sistem syariah yang kita jalani. Seperti awal bulan oktober ini, 4 hari dari tanggal 1-4 Oktober, kita bisa memfasilitasi pembiayaan handphone untuk anggota yang nilainya fantastis sampai dengan Rp 3,1 M. Semua ini kita rasakan sebagai berkah dalam bermuamalah dengan menjunjung tinggi nilai syariah”  ujar Kamaruddin Batubara.

“Kita menyambut baik kerjasama yang sifatnya bisnis dan tentu dengan silaturahmi ini akan timbul rasa semakin dekat dan saling percaya. Tidak menutup kemungkinan kerjasama ini terjadi di kegiatan sosial dan pemberdayaan melalui kerjasama Ziswaf Kopsyah BMI dengan Baitulmaal Muamalat (BMM). Berbagai kegiatan sosial mulai dari pemberian rumah gratis dalam program Hibah Rumah Siap Huni (HRSH), santunan anak yatim, sunatan massal, beasiswa pendidikan dari SD sampai perguruan tinggi, pengobatan gratis, ambulan gratis yang sopirnya juga kita sediakan dan berbagai macam kegiatan bisa kita laksanakan dengan kerjasama antar dua lembaga. Intinya kami sangat senang silaturahmi ini bisa menumbuhkan dan meningkatkan kerjasama bisnis yang saat ini sudah terjalin dan tentu akan semakin memupuk rasa saling percaya” pungkas Kamaruddin Batubara.

Baca juga : Laksana Mimpi, Midah Mendapat Hibah Rumah Siap Huni Dari Kopsyah BMI. https://klikbmi.com/laksana-mimpi-midah-mendapat-hibah-rumah-siap-huni-dari-kopsyah-bmi/

Dendy Rezka Taim mengatakan bahwa memang salah satu program rutin bulanan Bank Muamalat kepada prime nasabah adalah selalu menjaga silaturahmi dan komunikasi. “Kita ingin bertemu dengan Pak Kamaruddin dan Pak Makhrus sebagai pimpinan Kopsyah BMI untuk sharing informasi tentang bisnis saat ini dan kedepannya bagaimana sehingga kita semakin tahu apa yang dibutuhkan oleh nasabah. Kita kalo bertemu  dengan nasabah selalu membawa tim yang berbeda, saat ini kita mengajak BMM yang saat ini menangani kerjasama dalam bidang CSR (Customer Social Responsibility). Dimungkinkan akan ada kerjasama  dalam, bidang sosial dan pemberdayaan  dengan Kopsyah BMI” ujar Dendy Rezka Taim dalam pernyataannya.

Lihat Podcast BMI : Pemberdayaan Dan Sosial. https://www.youtube.com/watch?v=Ix47x50DtR8&t=29s

Dendy Rezka Taim  melanjutkan bahwa sebagai bank yang menyalurkan dana ke nasabah tentu tidak bisa hanya akad pinjaman lalu tidak terjalin komunikasi yang baik. “Nasabah Bank Muamalat dibagi 2, selain nasabah individual  ada juga nasabah perusahaan. Lalu nasabah perusahaan juga kita bagi 2, untuk kerjasama di atas Rp 5 M kita dari Region Head yang melakukan komunikasi, kebetulan kami ini dari Region Head Jakarta (West). Jadi silaturahmi semacam ini adalah untuk meningkatkan proses komunikasi. Saat ini Kopsyah BMI yang mampu menjangkau usaha di tingkat bawah yakni usaha mikro kecil sementara kami tentu tidak bisa menjangkau segmen masyarakat paling bawah. Inilah perlunya kerjasama. Mudah-mudahan kerjasama ini semakin meningkat dan memberi banyak kemanfaatan” ujar Dendy Rezka Taim mengakhiri pernyataannya. (Sularto/Klikbmi)

Share on:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.