Berbuat Baik Insyallah Menambah Usia

Edu Syariah

Nasehat Dhuha Minggu, 24 Oktober 2021 | 17 Rabiul Awal 1443 H | Oleh : Ust M. Reza Prima, ME

Klikbmi, Tangerang – Dari Tsauban, Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam bersabda:

لاَ يَزِيدُ فِى الْعُمْرِ إِلاَّ الْبِرُّ

“Tidak ada yang bisa menambah usia, selain berbuat baik.” [H.R. Ahmad, Tirmidzi, Ibnu Majah dan dihasankan Albani]

Al-Munawi menjelaskan:

لأن البرّ يطيب عيشه فكأنما زيد في عمره

‘Berbuat baik akan mengantarkan hidup semakin nyaman. Sehingga seolah-olah usianya ditambah.’ [At-Taisir bi Syarh Al-Jâmi’ Ash-Shagír 1/570]

Para ulama mengatakan bahwa dampak maksiat dapat menghilangkan keberkahan umur karena hakekat kehidupan adalah hidupnya hati. Oleh karena itu, Allah Ta’ãlã menyebut orang kafir dengan sebutan mayit karena memang mereka adalah orang yang mati hatinya. Sebagaimana hal ini terdapat pada firman Allah, “Mereka (orang kafir) bukanlah orang yang hidup.” [Q.S. An-Nahl/16: 21]

Jadi ingatlah bahwa kehidupan yang hakiki adalah kehidupan hati. Dan ingatlah bahwa umur manusia adalah lama hidupnya. Namun, umur yang hakiki adalah waktu yang dia digunakan dalam ketaatan kepada Allah.

Waktu yang digunakan dalam ketaatan inilah umur sebenarnya. Oleh karena itu, kebaikan dan ketaatan akan menambah umurnya yang sebenarnya dan selain itu tidaklah menambah umurnya.

Mari tebarkan kebaikan sekecil  dan kepada siapa pun. Dengan melakukan kebaikan maka hidup akan akan terasa lebih bahagia. Berikut adalah contoh kebaikan-kebaikan kecil yang bisa kita lakukan dalam kehidupan sehari-hari :

  1. Mengucapkan terima kasih pada petugas dan pengemudi transportasi publik. Kamu pengguna transportasi publik seperti transjakarta? Pernahkah kamu mengucapkan terima kasih pada sopir atau petugas transjakarta? Cobalah mengucapkan terima kasih ketika kamu tiba di tujuan, jangan langsung pergi begitu saja. Meski sepele, tapi bisa saja bagi mereka sangat berarti. Secara tidak langsung kamu juga menjalin komunikasi sekaligus menunjukan bukti penghargaan bagi mereka.
  2. Membuang sampah pada tempatnya. Sebenarnya cukup simpel, dengan membuang sampah pada tempatnya kamu sudah memberi contoh kebaikan kecil bagi orang lain. Jika kamu tidak menemukan tempat sampah di dekat kamu, simpan dulu sampah dalam kantong atau tas kamu sampai kamu menemukan tempat sampah. Selain menjaga kebersihan, kamu pun telah membantu pekerjaan petugas kebersihan jadi lebih mudah. Lingkungan kamu bersih, kamu juga yang senang bukan?
  3. Memberikan tempat duduk pada mereka yang membutuhkan atau yang lebih tua. Saat berada di angkutan umum seperti KRL atau bis dan kamu melihat lansia atau ibu hamil berdiri, kamu bisa memberikan tempat duduk kamu bagi mereka. Memang ada tempat khusus yang disediakan bagi mereka, tapi biasanya tidak banyak. Nah, kalau kamu melihat mereka tidak bisa mendapatkan haknya, mulailah berbagi tempat duduk kamu bagi mereka. Meski sederhana, kebaikan kamu ini sangat berharga bagi mereka.
  4. Membantu orang tua membawakan barang saat naik tangga. Jika kamu melihat orang tua yang sedang menaiki tangga dengan barang bawaan yang cukup banyak atau berat, tak ada salahnya menawarkan bantuan. Tawaran bantuan ini sangat berharga bagi mereka.
  5. Membereskan baki makanan sendiri saat makan di restoran cepat saji atau food court. Seringkali menemukan baki sisa makanan masih berserakan di restoran cepat saji? Saat restoran ramai, seringkali pekerjaan ini tidak tertangani oleh petugas kebersihan. Sehingga, tak ada salahnya jika setelah selesai makan, kamu langsung membawa baki menuju tempat sampah makanan. Biasanya di restoran cepat saji atau food court, letak tempat sampahnya tidak jauh dari meja untuk makan. Selain membantu pekerjaan petugas kebersihan, kamu juga memudahkan orang lain yang ingin mendapatkan meja bersih untuk makan.
  6. Setelah menggunakan toilet umum, pastikan kloset yang dipakai kembali bersih agar nyaman digunakan pemakai yang lain. Toilet umum sudah pasti banyak yang menggunakan. Sebagai salah satu orang yang menikmati keberadaan toilet umum yang sangat membantu disaat-saat terjepit ingin pipis atau buang air besar, tak ada salahnya jika kamu turut menjaga kebersihan toilet. Usai menggunakan kloset usahakan agar tetap bersih sehingga nyaman dipakai orang lain. Tentu kamu juga akan senang bukan jika ingin memakai toilet umum dan menemukan kloset serta ruangan toilet dalam keadaan bersih?
  7. Membiasakan sedekah di manapun tempat dan kepada siapa pun.  Sedekah harus menjadi kebiasaan kita sehari-hari, Insyallah setelah kita bersedekah hati akan menjadi tenang.

Tentu masih banyak lagi kebaikan yang bisa kita tebar, selain berbuat baik sekecil apapun kita harus menghindari maksiat. Oleh karena itu, jika seorang hamba berpaling dari Allah dan gemar melakukan maksiat, maka dia berarti telah menyia-nyiakan hakikat umur yang sebenarnya.

Jadi inti permasalahan ini semua, umur seseorang adalah lama kehidupannya. Dan tidak ada kehidupan yang hakiki kecuali dengan mentaati Allah, nikmat dalam mencintai dan berzikir pada-Nya, dan selalu mengutamakan untuk mencari ridha-Nya.

Wallahu a’lam

Mari terus ber-ZISWAF (Zakat,Infaq,Sedekah dan Wakaf) melalui rekening ZISWAF Kopsyah BMI 7 2003 2017 1 (BSI eks BNI Syariah) a/n Benteng Mikro Indonesia atau menggunakan Simpanan Sukarela : 000020112016 atau bisa juga melalui DO IT BMI : 0000000888. (Sularto/Klikbmi)

Share on:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.