Jalin Sinergi dan Kolaborasi, Kopsyah BMI Jadi Pionir Kampung UMI.

BMI Corner

Tangerang, Klikbmi.com – Koperasi Syariah Benteng Mikro Indonesia (Kopsyah BMI) dalam menjalankan bisnisnya tidak terlepas dari pemberdayaan anggota. Kopsyah BMI percaya, anggota tidak hanya butuh dukungan permodalan usaha tapi memerlukan pendampingan untuk menjalankan usahanya. Selain itu, Kopsyah BMI turut mendukung usaha anggota dengan menjalin Kerjasama dengan pendanaan pihak ketiga. Salah satunya adalah Lembaga Pusat Investasi Pemerintah (PIP).

Sharing session antara pelaku UKM Anggota Kopsyah BMI dengan tim Pusat Investasi Pemerintah dan Oorange Pusat Inkubator Bisnis Universitas Padjajaran

Salah satu bentuk kerjasama antara Kopsyah BMI dan PIP terlaksana melalui program pembiayaan Ultra Mikro (UMi). UMi merupakan pembiayaan yang didesain khusus untuk pelaku usaha ultra mikro yang dalam hal ini tergabung sebagai anggota Kopsyah BMI. Sinergi dan Kolaborasi yang dilakukan menjadikan Kopsyah BMI sebagai Pionir pembentukan Kampung UMI. Kampung UMI merupakan hasil studi Oorange inkubasi Universitas Padjajaran Bandung bersinergi dengan anggota UKM Kopsyah BMI Cabang Sepatan.

Kampung UMI merupakan ekosistem yang dibentuk untuk menciptakan lebih banyak peluang bisnis bagi para pelaku usaha ultra mikro untuk meningkatkan pemasaran dan peningkatan kapasitas produksi. Selain itu juga, kampung umi diharapkan menjadi wadah untuk pengembangan diri, saling memotivasi, memberi inspirasi dan pengalaman antar anggota kampung umi.

Pengecekan dan pendampingan fasilitas produksi UKM untuk pengembangan usaha Anggota di Kampung UMI

Pada Jum’at (16/02), Casmita selaku Direktur Bisnis dan Pemberdayaan Kopsyah BMI bersama Arif dan tim dari Divisi Kerjasasama PIP dan In In Hanidah beserta tim dari Oorange sebagai Pusat Inkubator Bisnis Universitas Padjajaran didampingi oleh Suproni selaku Manajer Pemberdayaan Anggota Kopsyah BMI dan Yusuf selaku Manajer Kopsyah BMI Cabang Sepatan mengunjungi Kampung UMI pertama yang berada di Kampung Garuduk, Desa Mekar Jaya, Kecamatan Sepatan, Kabupaten Tangerang. Kampung UMI tersebut berbentuk sentra oleh-oleh khas Tangerang yang menyediakan berbagai macam makanan khas dan aneka kerajinan tangan. Produk yang dijajakan pada Kampung UMI tersebut telah menerima pendampingan kelayakan produksi dan pemasaran.

Kamaruddin Batubara selaku Direktur Utama Kopsyah BMI turut mendukung sinergitas yang terjalin dengan PIP dan Oorange Inkubasi tersebut. Ketika dihubungi oleh penulis, Ia menyampaikan harapan tinggi terbentuknya Kampung UMI terhadap anggota Kopsyah BMI “Pembentukan Kampung UMI ini diharapkan memberi banyak peluang bagi para anggota BMI sebagai pelaku usaha dalam memperluas networking atau jejaring bisnis sehingga usahanya semakin dikenal dan berkembang” Papar Pria yang akrab disapa Kambara tersebut. (Cahaya/Humas)

Share on:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *