Koperasi BMI dan PT Indaco Kerjasama Bisnis, Pemberdayaan Plus Sosial

Ekonomi
Presiden Direktur Koperasi BMI, Kamaruddin Batubara Foto Bersama Dengan Presiden Direktur PT Indaco, Iwan Adranacus didampingi Krisanto dan Dwi Yulianto

Klikbmi.com, Tangerang – Antara Tangerang dan Solo memang terlihat jauh jika melihat letak geografisnya. Namun bagi Kamaruddin Batubara, Presiden Direktur Koperasi BMI dan Iwan Adranacus, Presiden Direktur PT Indaco jarak tak jadi soal dalam kerjasama.

Sejak Jumat, 21 Februari 2020 sampai dengan hari ini, Sabtu, 22 Februari 2020, kedua tokoh penting masing – masing perusahaan ini bersama untuk bekerjasama untuk kemajuan masing-masing sekaligus bermanfaat bagi masyarakat luas.

Saat ini produk PT Indaco terutama cat, kuas dan mortar semen dipasarkan oleh toko bangunan Koperasi Konsumen Benteng Muamalah Indonesia (Kopmen BMI). Kerjasama manis ini telah memberikan manfaat bagi pengembangan bisnis masing-masing.

Untuk menjajagi kerjasama berikutnya yang lebih tajam lagi dan lebih dalam. Keduanya bertemu di Solo dan disepakati beberapa bentuk kerjasama.

Kamarudin Batubara, Iwan Adranacus, Krisyanto dan Dwi Yulianto Berkeliling Melihat Produksi PT Indaco Yang Ramah Lingkungan

Dalam keterangannya pada awak klikbmi.com, Kamaruddin Batubara menjelaskan terkait kerjasama sebagai reseller produk PT Indaco saat ini toko bangunan sudah menjual aneka cat produk Indaco.

Ternyata PT Indaco juga memiliki produk kuas dengan sertifikasi halal MUI, dan Toko Bangunan Kopmen BMI akan menjual kuas halal dan semen perekat produksi PT Indaco.

“Kita mau kerjasama dengan PT Indaco karena perusahaan ini ramah lingkungan dan peduli pada pemberdayaan, kerjasama pemberdayaan ini terkait ada pelatihan untuk tukang-tukang Kopmen BMI” papar Kamaruddin Batubara

Kamaruddin Batubara Mendapat Penjelasan Produk Dari Manajemen PT Indaco

“Adapun kerjasama sosial antara kita adalah adanya komitmen untuk berpartisipasi setiap tahun dalam program hibah rumah siap huni dan kegiatan sosial lain yang nanti kita adakan” urai Kamaruddin Batubara dalam penjelasannya.

Kamaruddin juga menambahkan selain sebagai reseller produk PT Indaco, kerjasama Koperasi BMI dan PT Indaco juga terkait dengan kerjasama traveling manajemen dan karyawan PT Indaco yang akan bepergian ke luar negeri atau juga dalam negeri.

Dihubungi terpisah Iwan Adranacus, menjelaskan awalnya tidak menyangka bahwa Koperasi BMI dari sisi bisnis tidak kalah dengan toko – toko bangunan modern yang ada di kawasan Banten.

Iwan merasa satu chemistry atau satu jiwa karena ternyata Koperasi BMI sangat fokus pada pemberdayaan dan sosial selain pada bisnis tentunya. Ini juga yang mendorong keduanya bisa bekerjasama.

Ditanya tentang program pemberdayaan tukang implementasinya seperti apa.” Kita punya program “Seniman Cat”, jadi kita melatih mengecat bukan asal jadi, program kita komprehensip sekali untuk hal ini, dengan pelatihan seniman cat ini diharapkan hasil yang akan didapat lebih maksimal, karena tujuanya adalah menciptakan keindahan” papar Iwan Adranacus dalam wawancara dengan awak redaksi klikbmi.com siang ini.

PT Indaco juga memiliki kuas halal bersertifikasi MUI. ” Saat ini banyak sekali di pasaran kuas masih menggunakan bulu binatang untuk ujung pengecatan. Di tempat kami bulu yang kami gunakan adalah bulu sintetis dan bukan bulu binatang, kami juga sudah mendapatkan sertifikasi halal dari MUI untuk produk kuas kami” Iwan Adranacus menjelaskan lebih lanjut.

Memang di pasaran masih banyak kuas yang menggunakan bulu binatang termasuk bulu babi untuk pembuatan kuas. PT Indaco mengklaim merupakan satu-satunya penghasil kuas dengan sertifikasi halal di Indonesia atau bahkan di dunia.

Iwan Adranacus juga menjelaskan siap membantu program Hibah Rumah Siap Huni (HRSH) Kopsyah BMI dengan mengecat rumah yang akan dihibahkan pada penerima. “Kami akan support program rumah hibah dengan membantu dari aspek pengecatan rumahnya” jelas Iwan Adranacus melanjutkan.

Sertifikat Halal Produk Kuas Produksi PT Indaco

Iwan Adranacus berharap kerjasama ini terus berlanjut dan berkembang sehingga memberikan keuntungan pada kedua belah pihak.

Dwi Yulianto, Marketing Manajer PT Indaco menerangkan PT Indaco memiliki beberapa brand antara lain untuk cat ada Envi, Belazo untuk mortar semen ada Hot Seal ada Top Seal. “Top Seal memiliki keunggulan Anti Jamur, Anti Retak dan Kental juga elastis” Dwi menjelaskan

Krisyanto, Manager Divisi Konstruksi dan Toko Bangunan Kopmen BMI yang dalam kerjasama ini mendampingin Kamaruddin Batubara sangat berharap pemberdayaan pada tukang – tukang Kopmen BMI segera terealisasi.

“Kita nanti akan menjadwal tukang-tukang untuk ikut dalam pelatihan “Seniman Cat” ini, sehingga hasil yang diperoleh dari pengecatan akan maksimal seperti yang diharapkan akan indah dilihat” jelas Anto panggilan Krisyanto di lingkungan Koperasi BMI.

Beberapa produk cat produksi PT Indaco memang sudah lama dipasarkan oleh Toko Bangunan Kopmen BMI dan Anto berharap kerjasama ini mampu mengembangkan bisnis toko bangunan menjadi lebih baik lagi.

” Kita berharap kerjasama ini mampu menumbuhkan bisnis kita dan juga mampu memberikan dampak pemberdayaan pada masyarakat” tutup Anto mengakhiri pernyataannya. (Sularto/Klikbmi.com)

Share on:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.