Kopsyah BMI Membantu Membangun Rumah Warga Yang Ambruk Terkena Banjir di Pakuhaji dan Mauk

BMI Corner

Lurah Pakuhaji, Suyatno : Terima kasih Kopsyah BMI telah membantu warga kami


Klikbmi.com, Tangerang – Pada awal tahun 2020 cuaca memang terkesan ekstrem dengan curah hujan yang tinggi mengakibatkan bencana banjir di berbagai pelosok, termasuk di wilayah Kabupaten Tangerang sebelah utara tepatnya di daerah Pakuhaji dan Mauk. Koperasi Syariah Benteng Mikro Indonesia dari awal terus melakukan bakti sosial dalam penanganan bencana tersebut, termasuk terjun langsung bersama Bupati dan masyarakat Tangerang dalam agenda Gerebek Mauk untuk melakukan rekonstruksi dan pemulihan dampak pasca bencana banjir beberapa waktu lalu.

Beberapa hari kemarin , Kopsyah BMI Cabang Pakuhaji mendapatkan informasi kembali bahwa masih ada rumah warga yang roboh di dua desa di kecamatan Pakuhaji. Lurah Pakuhaji, Suyatno, menginformasikan dan langsung memberikan data rumah roboh atas nama Unah (59) yang beralamat di Kampug Pakuhaji Kelapa Lima Rt. 01/05 Kelurahan Pakuhaji Kabupaten Tangerang. Rumah yang ditempati oleh 7 orang itu, ambruk akibat sudah dimakan usia dan ketika hujan lebat langsung roboh. Beruntung tidak ada korban jiwa dalam kejadian itu. “ Atas gotong royong keluarga, tetangga, unsur pemerintah dan Koperasi Syariah Benteng Mikro Indonesia, rumah Unah mulai dibangun. Kopsyah BMI memberikan semua keperluan bahan material untuk pembangunan itu, “terima kasih saya sampaikan atas nama warga “ Ujar Lurah Pakuhaji, Suyatno pada Selasa (18/2). Selain rumah Unah, terdapat juga rumah yang roboh yakni milik seorang warga bernama Icad bin Anter (56) yang berlamat Kampung Pakuhaji Rt. 01/03 Desa Pakualam Kecamatan Pakuhaji Kabupaten Tangerang. Rumah yang ditempati oleh dua kepala keluarga itu langsung roboh karena hujan terus menerus mengguyur sepanjang hari dan memang kondisi rumah sudah tua dan lapuk. Adalah Pardin, Ketua BPD Desa Pakulam, yang berinisiatif menginformasikan hal ini dan datang langsung ke kantor Kopsyah BMI Cabang Pakuhaji untuk mengusulkan bantuan pembangunan rumah siap huni. Tak disangka oleh Pardin, tim Kopsyah BMI begitu cepat merespon informasi itu dengan memberikan bantuan bahan material berupa asbes dan baja ringan untuk pembangunan rumah yang roboh dan diterima langsung oleh Pardin, sebagai Koordinator pembangunan rumah tersebut. “ Saya atas nama keluarga Bapak Icad mengucapkan terimakasih atas bantuan dari Kopsyah BMI yang terus mensupport kami untuk membangun rumah warga yang roboh ini dan mohon doanya agar pembangunan ini dapat berjalan lancar dan selesai dengan cepat”. Ungkap Pardin.

Manager Kopsyah BMI Cabang Pakuhaji, Suta Atmaja H, berbincang dengan warga Pakuhaji mengenai bantuan Kopsyah BMI kepada warga Pakuhaji yang rumahnya ambruk karena banjir (Foto : CASMITA/Klikbmi)

Selain di Pakuhaji, Rumah roboh yang ketiga adalah di wilayah Kecamatan Mauk tepatnya di Kampung Margahayu Rt. 21/05 Desa Gunungsari Kecamatan Mauk Kabupaten Tangerang. Rumah tersebut milik Emilah (37) dan suaminya Sayudin (40). Bantuan yang diberikan Kopsyah BMI berupa Hebel dan triplek yang langsung diterima oleh Emilah dan Sayudin. “Kami mengucapkan terimakasih atas kepedulian Kopsyah BMI untuk membantu kami yang saat ini tidak memiliki rumah karena rumah kami roboh akibat banjir kemarin” Ucap Emilah terharu.

Sementara itu Kepala Desa Gunungsari Kalabi, saat dikonfirmasi mengatakan banjir terjadi, Kepala Desa dan Camat begitu juga tim dari Kopsyah BMI ikut diajak keliling memantau kondisi banjir di wilayah Mauk. Dan apa yang di khawatirkan ternyata terbukti dan ada rumah warganya yang roboh. “Pekan depan kami akan gotong-royong untuk proses pembangunan rumah ibu Emilah dan Pak Sayudin. Kami secara khusus mengucapkan banyak terima kasih kepada Kopsyah BMI atas bantuan materialnya.” Ucap Kepala Desa Gunungsari, Kalabi.

Manager Kopsyah BMI Cabang Mauk, Endang Samdawi berfoto bersama dengan Ibu Emilah dan Sayudin (Foto :CASMITA/klikbmi)


Dihubungi secara terpisah, Presiden Direktur Kopsyah BMI, Kamaruddin Batubara mengatakan bahwa Kopsyah BMI selalu peduli terhadap beban dan musibah yang menimpa anggota dan masyarakat termasuk membantu rumah-rumah warga yang roboh akibat hujan lebat dan Banjir di wilayah Tangerang tersebut. ” Kita selalu berusaha untuk membantu warga yang kesulitan karena terkena dampak bencana, baik itu banjir atau musibah lainnya. Tolong menolong itu di tegaskan dalam Al Quran Surah Al Maidah ayat 2, Allah memerintahkan kepada kita untuk saling tolong menolong dalam kebaikan dan takwa, jangan tolong menolong dalam kesesatan. Dan saya sudah minta semua karyawan Koperasi BMI untuk membantu semaksimal mungkin apa yang bisa kita bantu untuk meringankan beban saudara kita yang tertimpa bencana. Kita harus cepat tanggap dalam berbagai situasi darurat bencana sebagai bentuk ibadah muamalah kita ” Ujar Kamaruddin Batubara. (AH/Klikbmi.com)

Share on:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *