Nasehat Dhuha : Manfaat Sedekah Terang-Terangan

Info ZISWAF

Nasehat Dhuha 13 Januari 2021 | 89 Hari Menuju Ramadhan 1442 H | Oleh : Ustadz Casmita, SE, ME

“Jika kamu menampakkan sedekah(mu), maka itu adalah baik sekali. Dan jika kamu menyembunyikannya dan kamu berikan kepada orang-orang fakir, maka menyembunyikan itu lebih baik bagimu. Dan Allah akan menghapuskan dari kamu sebagian kesalahan-kesalahanmu; dan Allah mengetahui apa yang kamu kerjakan.” (QS. Al Baqarah: 271)

Benar bahwa menyembunyikan sedekah lebih utama, namun Allah tak pernah melarang hambaNya yang bersedekah secara terang-terangan.

Begitu banyak ayat yang menyebutkan kebaikan dari sedekah sembunyi-sembunyi maupun terang-terangan, karena pada keduanya tersimpan pahala luar biasa. Sehingga tak layak bagi kita bersu’udzon pada muslim yang memperlihatkan sedekahnya bahwa mereka melakukan demikian karena ingin pamer.

Bagaimanapun ikhlas dan pamer (riya’) adalah pekerjaan hati yang amat halus, bukan hak manusia untuk menilainya. Terlebih lagi, Allah tidak mengharamkan sedekah dengan terang-terangan:

”Orang-orang yang menginfakkan hartanya malam dan siang hari (secara) sembunyi-sembunyi maupun terang-terangan, mereka mendapat pahala di sisi Tuhannya.

Berikut ini beberapa manfaat bersedekah secara terang-terangan yang perlu diketahui:

1.Mencontohkan sekaligus mengajak orang lain untuk turut bersedekah. Mencontohkan merupakan cara terbaik untuk mengajak. Misal, mau mengajak orang menyumbang banyak untuk wakaf masjid, maka sebisa mungkin diri kita terlebih dahulu yang melakukannya. Sederhana bukan?

2. Sedekah terang-terangan dapat mencegah perkataan buruk orang-orang yang suka menghina dan mencela. “Iih, orang kaya tapi kok tak pernah sedekah! Sungguh memalukan!”

Bukannya bersedekah karena tak ingin dihina atau digunjing orang, akan tetapi kita juga punya kewajiban untuk menolong orang yang berbuat zalim, bukankah mencegah orang yang suka mencela dari perbuatan mencela adalah termasuk kebaikan?

“Tolonglah saudaramu yang berbuat zalim atau yang dizalimi, maka seorang laki-laki berkata: wahai Rasulullah aku menolongnya jika dia dizalimi, apa pendapat anda jika ia berbuat zalim, bagaimana aku menolongnya? Rasulullah menjawab: menghalangi atau mencegahnya dari kezaliman, begitulah menolongnya.” (HR. Tirmidzi)

Sedekah terang-terangan in syaa Allah bisa mencegah diri dari celaan orang yang suka mencela.

3. Wujud syukur atas karunia Allah.

Sedekah terang-terangan yang dilakukan dengan ikhlas bisa menjadi wujud syukur atas karunia yang Allah berikan pada diri kita.

Lalu, apalagi yang membuat kita ragu atau takut dalam bersedekah? Baik sembunyi-sembunyi maupun terang-terangan?

SELAMAT BERSEDEKAH DAN DHUHA

Anggota koperasi atau masyarakat yang ingin berzakat, infaq, sedekah dan wakaf melalui Kopsyah BMI bisa melalui rekening Kopsyah BMI No Rek 7200320171 BNI Syariah dan bisa menghubungi Hotline ZISWAF Kopsyah BMI ke 08118802013 . (Sularto/Klikbmi)

Share on:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.