Webinar Nasional Koperasi BMI : Hadirkan Bhima Yudhistira, Ajak Milenial Berbisnis Dengan Flatform Digital

Nasional

Webinar Nasional Digitalisasi Koperasi, Mampukah Menjadi Solusi Bisnis Koperasi & Milenial (Jumat, 20/11)

Klikbmi.com, Tangerang –  Millennial generation atau generasi Y juga akrab disebut generation me atau echo boomers. Para pakar menggolongkannya berdasarkan tahun awal dan akhir. Penggolongan generasi Y terbentuk bagi mereka yang lahir pada 1980 – 1990, atau pada awal 2000, dan seterusnya. Awal 2016 Ericsson mengeluarkan 10 Tren Consumer Lab untuk memprediksi beragam keinginan konsumen. Laporan Ericsson lahir berdasarkan wawancara kepada 4.000 responden yang tersebar di 24 negara dunia. Dari 10 tren tersebut beberapa di antaranya, adalah adanya perhatian khusus terhadap  perilaku generasi millennial.  Dalam laporan tersebut Ericsson mencatat, produk teknologi akan mengikuti gaya hidup masyarakat millennial. Sebab, pergeseran perilaku turut berubah beriringan dengan teknologi. Pemuda milenial memang tidak bisa dipisahkan dari teknologi. Beberapa prediksi yang disampaikan Ericsson berhasil terbukti. (Kominfo.co,id)

Koperasi BMI menyadari bahwa teknologi dan pemuda milenial adalah sahabat karib yang tidak bisa dipisahkan. Bisnis milenial perlu dikemas dengan perangkat digital. Teknologi juga membuat generasi internet tersebut mengandalkan media sosial sebagai tempat mendapatkan informasi. Saat ini, media sosial telah menjadi platform pelaporan dan sumber berita utama bagi masyarakat. Tren tersebut sudah terbukti disepanjang 2016-2020 melalui beberapa peristiwa penting, media sosial bahkan lebih cepat daripada media mainstream. Masyarakat benar-benar mengandalkan media sosial untuk mendapatkan informasi terkini dari sebuah peristiwa. The Nielsen Global Survey of E-commerce juga melakukan penelitian terhadap pergeseran perilaku belanja para generasi internet. Penelitian dilakukan berdasar penetrasi internet di beberapa negara. Nielsen melakukan riset terhadap 30 ribu responden yang memiliki akses internet memadai. Responden tersebut berasal dari 60 negara di Asia Pasifik, Eropa, Amerika Latin dan Utara, serta Timur Tengah. Studi tersebut menggambarkan perilaku generasi akrab internet ini memilih jalur daring untuk meneliti dan membeli beragam produk atau jasa dalam memenuhi kebutuhan sehari-hari. Nielsen mencatat, pertumbuhan penetrasi perangkat mobile di kota-kota besar Indonesia mencapai 88 persen. Kesadaran Koperasi BMI atas perkembangan dunia digital dilakukan dengan mengembangkan Doit BMI sebagai dompet elektronik koperasi dan BMI Mobile.

Doit BMI yang pada Rabu (28/10) diumumkan sebagai 20 besar Pahlawan Digital UMKM oleh Kementerian Koperasi & UKM RI (KemenkopUKM) menjadi sarana bertransaksi yang semakin masif untuk menumbuhkembangkan transaksi di koperasi. Koperasi BMI yang juga memiliki bisnis Café Kopi Rindoe Benteng  (KRB) mengajak anak muda milenial di Banten untuk bersama terlibat aktif menjadi lebih produktif dengan memberikan kesempatan menjadi mitra KRB. Kamaruddin Batubara, Presiden Direktur Koperasi BMI mengatakan dalam rangka mengajak para milenial memanfaatkan bisnis digital dan bisnis milenial. “Kita akan mengadakan acara Webinar Nasional bertema Digitalisasi Koperasi, Mampukah Menjadi Solusi Bisnis Koperasi & Milenial. Dalam acara ini kita akan menghadirkan ekonom  milenial INDEF, Bhima Yudisthira. Kita juga mengajak Dr Hamdani yang merupakan dosen, pengusaha dan penulis Buku  Sejarah Kopi Rindoe Benteng yang menulis buku bersama saya dan akhirnya menjadi bisnis café KRB untuk memberikan pencerahan” ujar Kamaruddin menjelaskan.

Sondari, General Manajer Kopmen BMI yang salah satunya mengelola Café KRB mengatakan bahwa acara Webinar hari Jumat, 20 Nopember 2020 nanti bukan sekedar webinar. BMI akan mengajak pemuda milenial yang berjiwa entrepreneur menjadi mitra bisnis KRB.” Kita akan mengajak anak muda yang senang bisnis, kita akan bina dan akan kita  fasilitas booth untuk jualan kopi kekinian. Kita akan latih mereka agar menjadi pengusaha tangguh. Pengusaha yang berjiwa koperasi. Kita punya anggota koperasi 250 ribu lebih, dan potensi non anggota juga besar sekali. Kita punya media digital dan punya training agar mereka mampu menggunakan media sosial untuk berbisnis. Webinar Nasional akan digelar melalui Live Streaming kanal youtube KLIK BMI NEWS. Digelar pukul 14.00- 16.00 WIB. Info pendaftaran ke Mia (Humas Koperasi BMI) no 081317108232 atau melalui link pendaftaran http://bit.ly/dkmmsbkmkoperasiBMI” ujar Sondari menutup pembicaraan. (Sularto/Klikbmi)

Share on:

3 thoughts on “Webinar Nasional Koperasi BMI : Hadirkan Bhima Yudhistira, Ajak Milenial Berbisnis Dengan Flatform Digital

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.