Fenomena Spirit Doll Atau Boneka Arwah

Edu Syariah

Nasehat Dhuha Senin, 10  Januari 2022| 6 Jumadil Akhir 1443 H | Oleh : Fakhry Fadhil, S.Sy , M.H

Klikbmi, Tangerang – Tema kita hari adalah spirit doll. Di kalangan artis kita, saat ini memiliki spirit doll atau boneka arwah menjadi sedang menjadi tren. Mereka memperlakukan boneka seperti layaknya anak sendiri. Mereka menyakini ada kekutan supranatural yang bisa mendatangkan keberuntungan apabila merawatnya. Jika kita buka google dengan kata kunci spirit doll, inilah yang akan muncul, “Spirit doll adalah boneka yang menyerupai bayi dan diperlakukan layaknya anak dengan diberi makan, berpakaian, dan dirawat setiap hari”

Dari kesehatan mental, fenomena spirit doll ini dikhawatirkan membuat si pemilik merasakan daya khayal yang berlebih. Dampaknya, bisa mengganggu mental orang yang bersangkutan.   Selain itu, dari sudut pandang agama islam pemilik spirit doll  bisa menimbulkan kesyirikan di dalam hatinya.

Dalam firman Allah SWT  An-Nisa’ Ayat 48

اِنَّ اللّٰهَ لَا يَغْفِرُ اَنْ يُّشْرَكَ بِهٖ وَيَغْفِرُ مَا دُوْنَ ذٰلِكَ لِمَنْ يَّشَاۤءُ ۚ وَمَنْ يُّشْرِكْ بِاللّٰهِ فَقَدِ افْتَرٰٓى اِثْمًا عَظِيْمًا

Artinya: Sesungguhnya Allah tidak akan mengampuni (dosa) karena mempersekutukan-Nya (syirik), dan Dia mengampuni apa (dosa) yang selain (syirik) itu bagi siapa yang Dia kehendaki. Barangsiapa mempersekutukan Allah, maka sungguh, dia telah berbuat dosa yang besar.

Mempercayai spirit doll dapat memberikan rezeki, keberuntungan dan dimudahkan segala urusanya dapat merusak tauhid rububiyah seseorang, sedangkan di dalam Tauhid rububiyah terdapat keyakinan bahwa tidak ada pencipta kecuali Allah, dan Allah lah satu-satunya yang mencipta, mengatur, menghidupkan, mematikan, memberikan rezeki kepada makhluk ciptaanya.

Dalam firman Allah SWT  Ar-Rum Ayat 40


اَللّٰهُ الَّذِيْ خَلَقَكُمْ ثُمَّ رَزَقَكُمْ ثُمَّ يُمِيْتُكُمْ ثُمَّ يُحْيِيْكُمْۗ هَلْ مِنْ شُرَكَاۤىِٕكُمْ مَّنْ يَّفْعَلُ مِنْ ذٰلِكُمْ مِّنْ شَيْءٍۗ سُبْحٰنَهٗ وَتَعٰلٰى عَمَّا يُشْرِكُوْنَ

Artinya: Allah yang menciptakan kamu, kemudian memberimu rezeki, lalu mematikanmu, kemudian menghidupkanmu (kembali). Adakah di antara mereka yang kamu sekutukan dengan Allah itu yang dapat berbuat sesuatu yang demikian itu? Mahasuci dia dan maha tinggi dari apa yang mereka persekutukan.

Marilah kita teguhkan dalam hati kita kalimat Laa ilaha Illa Allah agar dapat menghindari dari segala perbuatan yang dapat merusak ketauhidan, dan yakinlah hanya Allah SWT yang patut kita imani dan disembah. Kita sarankan melalui medsos, agar daripada memelihara spirit doll, siapapun dia lebih baik uangnya untuk memberikan santunan anak yatim dan mereka yang tidak mampu.

Mari terus ber-ZISWAF (Zakat,Infaq,Sedekah dan Wakaf) melalui rekening ZISWAF Kopsyah BMI 7 2003 2017 1 (BSI eks BNI Syariah) a/n Benteng Mikro Indonesia atau menggunakan Simpanan Sukarela : 000020112016 atau bisa juga melalui DO IT BMI : 0000000888. (Sularto/klikbmi.com)

Share on:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.