Koperasi BMI Yakin Ahmad Zabadi Mampu Memperbaiki Citra Koperasi

BMI Corner

Klikbmi.com, Tangerang – Sosok yang satu ini sangat dekat dengan Koperasi BMI. Selain sering hadir dalam berbagai kegiatan sosial Kopsyah BMI seperti penyerahan Hibah Rumah Siap Huni (HRSH) dari Kopsyah BMI kepada anggota dan masyarakat yang tidak mampu, beliau juga memiliki pandangan yang khusus mengenai eksistensi Kopsyah BMI di tengah masyarakat.

Ya, beliau adalah Ahmad Zabadi,SH, MM, Deputi Pengawasan Kementerian Koperasi yang baru dilantik oleh Menteri Koperasi dan UKM, Teten Masduki, menggantikan Deputi Pengawasan sebelumnya, Soeparno, yang memasuki masa pensiun. Ketekunan Ahmad Zabadi dalam mengabdi di lingkungan perkoperasian sudah teruji. Perjalanan karirnya tergolong mulus dan spektakuler. Sejak menjabat Direktur Utama LLP KUKM tahun 2013, karirnya terus menanjak, beliau pernah menjabat Kepala Biro Perencanaan Kemenkop dan UKM, Sekretaris Deputi Kelembagaan, dan terakhir kini menjabat eselon 1 sebagai Deputi Bidang Pengawasan Kemenkop dan UKM.

Ayah tiga anak ini merupakan profil pejabat yang sangat rendah hati dan dekat dengan semua kalangan. Sarjana Hukum jebolan Universitas Negeri Sebelas Maret (UNS) Solo ini, lahir di Jakarta, 12 Februari 1968, sejak kecil memang terbina di lingkungan yang kental dengan pendidikan keagamaan yang kuat. Sejak muda Ahmad Zabadi aktif di berbagai kegiatan dan organisasi, termasuk pernah menjabat sebagai Ketua Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Cabang Solo. Teladan dari Sang Ayah, yang merupakan Tokoh Nahdlatul Ulama di Betawi, membuat Ahmad Zabadi memiliki sikap dan kepribadian yang agamis namun memiliki jaringan dan netwoking yang luas dengan semua kalangan.

Keberpihakannya kepada pengembangan usaha mikro dan koperasi patut diacungi jempol. Ahmad Zabadi rela turun gunung, keluar masuk menemui penggiat koperasi di Indonesia untuk memastikan kelembagaan koperasi berjalan semestinya dan mendapatkan perhatian serius dari Pemerintah. Salah satu koperasi besar di Indonesia yang menyita perhatiannya adalah Koperasi BMI di Gading Serpong Tangerang. Bagi Ahmad Zabadi, Koperasi BMI di bawah pimpinan Kamaruddin Batubara merupakan koperasi yang luar biasa dan berani melawan mainstream. Koperasi BMI dinilai Ahmad Zabadi, aktifitas usahanya tidak hanya bertujuan mencapai keuntungan dunia saja, tapi juga memiliki landasan vertikal yang kuat sebagai sarana beribadah kepada Sang Pencipta. Hal itu dibuktikan dengan banyaknya kegiatan sosial yang dilakukan oleh Kamaruddin Batubara dan pasukannya selama ini seperti Hibah Rumah Siap Huni (HRSH) yang begitu fenomenal. Bagi Ahmad Zabadi, Koperasi BMI layak menjadi role model bagi koperasi lainnya di Indonesia, dan memang menurutnya sudah banyak yang meniru dan mereplikasi model BMI Syariah yang digagas oleh Kamaruddin Batubara dan dikembangkan oleh Koperasi BMI.

Ditemui terpisah, Presiden Direktur Koperasi BMI Kamaruddin Batubara, menyampaikan ucapan selamat kepada Ahmad Zabadi atas dilantiknya menjadi Deputi Pengawasan Kementerian Koperasi dan UKM. ” Semoga di tempat yang baru ini beliau bisa menuntaskan berbagai persoalan yang selama ini menjadikan koperasi sebagai kambing hitam, dengan adanya berbagai kasus koperasi yang gagal bayar dan merusak citra koperasi di Indonesia. Saya yakin beliau akan lebih tegas dan cerdas dalam melakukan screening terhadap koperasi yang ada saat ini termasuk mengevaluasi dalam segi pengawasannya, ” Ujar Kamaruddin Batubara. (AH/Klikbmi)

Share on:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.