Kopsyah BMI Mengajak Berbakti Kepada Orang Tua

Edu Syariah

Nasehat Dhuha Senin, 25 April 2022| 23 Ramadhan 1443 H | Oleh : Ustadz  Fakhry Fadhil, S.Sy, M.H 

Klikbmi, Tangerang – Nasehat dhuha kita kali ini mengetengahkan kisah nenek Omih (75) dan kakek Manan (75). Pasangan  ini bertempat tinggal di pinggir utara bandara Soekarno Hatta.  Tepatnya Beliau berdua tinggal di Kp. Bulak Lenci, Desa Bojong Renget Kecamatan Teluknaga, Kabupaten Tangerang.  Pasangan ini hanya tinggal berdua saja karena tidak mempunyai. Nenek Omih sejak umur 55 tahun mempunyai gangguan pengelihatan.  Mereka hidup pasa-pasan karena kakek Manan hanya berprofesi sebagai pengumpul barang bekas.

Hibah Sanitasi Dhuha Kopsyah BMI Untuk Nenek Omih Dan Kakek Mana Kp. Bulak Lenci, Desa Bojong Renget Kecamatan Teluknaga Kabupaten Tangerang

Mereka hidup dan tinggal di rumah yang sebenarnya sudah  tidak layak huni di tambah kondisi bangunan yang hampir roboh. “Kita hidup dan tinggal di rumah yang sebenarnya sudah  tidak layak huni di tambah kondisi bangunan yang hampir roboh namun harus tetap saya tempati karena hanya ini yang  kita punyai” ujar nenek Omih.

Mereka tinggal berdua dan menggantungkan hidupnya dari menjual barang bekas hasil dari kakek Manan berkeliling.

Masyarakat setempat melihat nenek Omih dan kakek Manan yang tinggal dalam kondisi rumah seperti ini. Hal ini menggugah hati salah satu tetangganya  untuk menginisiasi dengan menggalang dana merenovasi rumah nenek Omih. Seiring perjalanan waktu, lalu dana tersebut terkumpul mulai perlahan merenovasi rumah tersebut sesuai dana yang terkumpul.

Jauh sebelum rumah ini direnovasi memang rumah pasangan ini tidak memiliki WC. Mereka berdua memanfaatkan jamban di atas kali yang berjarak 200 meter dari rumahnya, selain itu renovasi yang dilakukan lebih mendahulukan bangunan tempat tinggal dibanding kamar mandi karena dana yang terkumpul masih sangat terbatas.

Akhirnya Kopsyah BMI mendengar kisah pasangan tua ini melalui Ibu Neneng atau iIbu Enang sapaan akrab baginya. Ibu Enang merupakan Ketua rRembug Pusat Bintang 1, ia lalu menyampaikan kepada staf lapang Kopsyah BMI Cabang Teluknaga  untuk mengajukan bantuan sanitasi dhuafa untuk nenek Omih. Allhamdulilah pengajuan tersebut mendapatkan persetujan dan akhirnya dibangunkan sebuah kamar mandi untuk mereka berdua.

Kegiatan sosial yang dilakukan tim ZISWAF Kopsyah BMI, membangunkan kamar mandi untuk nenek Omih dan kakek Manan memberikan pesan kepada kita semua untuk perduli dan berbakti kepada orang tua, terutama kedua orang tua kita.

Dari sahabat yang bernama Ibnu Mas’ud RA, Rasulullah SAW pernah menyebut berbakti kepada orang tua merupakan amalan yang dicintai oleh Allah SWT.


سَأَلْتُ رَسُولَ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ: أَيُّ الْأَعْمَالِ أَحَبُّ إِلَى اللهِ؟ قَالَ: «الصَّلَاةُ عَلَى وَقْتِهَا» قُلْتُ: ثُمَّ أَيٌّ؟ قَالَ: «ثُمَّ بِرُّ الْوَالِدَيْنِ» قُلْتُ: ثُمَّ أَيٌّ؟ قَالَ: «ثُمَّ الْجِهَادُ فِي سَبِيلِ اللهِ» قَالَ: حَدَّثَنِي بِهِنَّ وَلَوِ اسْتَزَدْتُهُ لَزَادَنِي


Artinya: Aku bertanya kepada Rasulullah SAW, “Amalan apakah yang paling dicintai oleh Allah?” Rasul menjawab, “Shalat pada (awal) waktunya.” “Kemudian apa lagi?” Nabi menjawab lagi, “Berbakti kepada kedua orang tua.” Aku bertanya kembali.” “Kemudian apa lagi?” “Kemudian jihad fi Sabilillah.” Ibnu Mas’ud mengatakan, “Beliau terus menyampaikan kepadaku (amalan yang paling dicintai oleh Allah), andaikan aku meminta tambahan, maka beliau akan menambahkan kepadaku,” (HR Bukhari, Muslim, Ahmad, dan Nasai).

Berbakti kepada orang tua adalah perintah Allah karena dibalik bakti kita ada sebuah keridhaan dari orang tua. Mari kita simak HR Tirmidzi di bawah ini :

رِضَا اَللَّهِ فِي رِضَا اَلْوَالِدَيْنِ, وَسَخَطُ اَللَّهِ فِي سَخَطِ اَلْوَالِدَيْنِ عَنْ عَبْدِ اللَّهِ بْنِ عَمْرٍو عَنْ النَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ

Artinya: “Dari Abdullah bin Amr radliallahu `anhuma dari Nabi shallallaahu `alaihi wa sallam, beliau bersabda: “Ridho Allah terdapat pada ridho orang tua, dan murka Allah juga terdapat pada murkanya orang tua.” (HR. Tirmidzi).

Mari terus ber-ZISWAF (Zakat,Infaq,Sedekah dan Wakaf) melalui rekening ZISWAF Kopsyah BMI 7 2003 2017 1 (BSI eks BNI Syariah) a/n Benteng Mikro Indonesia atau menggunakan Simpanan Sukarela : 000020112016 atau bisa juga melalui DO IT BMI : 0000000888. (Sularto/Klikbmi)


Share on:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.