Mengundang Rezeki Dengan Berusaha Dan Bersyukur

Info ZISWAF

Nasehat Dhuha Sabtu, 26 Juli 2021 | 16  Dzulhijjah 1442 H| Oleh :    Sularto

Klikbmi, Tangerang –  BMI Kliker yang dimuliakan Allah SWT, tema nasehat dhuha kita kali ini adalah tentang  mengundang rezeki dengan berusaha dan bersyukur. Pada tema sebelumnya kita telah bahas tentang mengundang rezeki dari sedekah dan istighfar.

Setiap orang memang memiliki rezeki yang berbeda-beda sesuai dengan apa yang sudah digariskan oleh Allah SWT. Namun, kalau membahas rezeki yang terlintas dipikiran hanya uang dan uang. Padahal rezeki Allah SWT itu luas.

Allah SWT pun telah memastikan rezeki setiap manusia tercukup dalam menjalani hidup. Namun, jangan pernah lupa kalau rezeki itu tidak datang secara tiba-tiba ya, harus juga diiringi dengan usaha.

“Sekiranya kalian bertawakal kepada Allah dengan sebenar-benarnya, niscaya Allah akan memberikan rezeki, sebagaimana Dia memberikan rezeki kepada seekor burung yang keluar pada pagi dalam keadaan lapar dan kembali pada sore dalam keadaan kenyang.” (HR Tirmidzi)

Pada nasehat dhuha kali ini istilah yang kita pakai adalah mengundang bukan mencari, mengundang artinya kita memastikan bahwa rezeki kita memang sudah ada, tinggal kita undang dengan tuntunan Allah SWT agar rezeki segera datang kepada kita. Insyallah rezeki kita akan datang dengan cara berusaha dan bersyukur.

Berusaha atau bekerja

Tanpa usaha dan kerja keras, rezeki akan terasa sulit didapat meskipun sudah selalu berdoa kepada Sang Pencipta. Maka dari itu, doa yang diiringi usaha akan mempermudah jalan seseorang untuk mendapatkan rezeki.

Allah SWT berfirman dalam QS. An-Najm ayat 39-41 yang artinya:

“Dan bahwasanya seorang manusia tiada memperoleh selain apa yang telah diusahakannya, Dan bahwasanya usaha itu kelak akan diperlihatkan (kepadanya). Kemudian akan diberi balasan kepadanya dengan balasan yang paling sempurna.”

Bersyukur

Setiap manusia yang selalu bersyukur atas semua hal yang diterima sama saja dengan memberikan energi positif kepada diri sendiri. Bahkan, rasa syukur tersebut akan memunculkan optimisme dalam menjalan kehidupan.

Allah SWT berfirman dalam QS. Ibrahim ayat 7 yang artinya:

“Dan (ingatlah juga), tatkala Tuhanmu memaklumkan; “Sesungguhnya jika kamu bersyukur, pasti Kami akan menambah (nikmat) kepadamu, dan jika kamu mengingkari (nikmat-Ku), maka sesungguhnya azab-Ku sangat pedih”.”

Mari terus menerus kita berusaha dengan sebaik—baiknya, Yang bekerja mari kita bekerja dengan kesungguhan. Yang berdagang mari berdagang dengan kesungguhan. Man jadda wa jadda. Siapa yang bersungguh – sungguh akan berhasil. Lalu kemudian  kita bersyukur atas apa yang kita peroleh. Janji Allah untuk menambah nikmat rezeki, insyallah nyata.

Mari terus ber-ZISWAF (Zakat,Infaq,Sedekah dan Wakaf) melalui rekening ZISWAF Kopsyah BMI 7 2003 2017 1 (BNI Syariah) a/n Benteng Mikro Indonesia atau menggunakan Simpanan Sukarela : 000020112016 atau bisa juga melalui DO IT BMI : 0000000888. (Sularto/Klikbmi).

Share on:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *