Menjaga Semangat Hidup Dalam Islam

Info ZISWAF

#Nasehat Dhuha# Sabtu, 27 Februari 2021 | 44 Hari Menuju Ramadhan 1442 H | Oleh : Ust Sularto

Klikbmi, Tangerang – Sahabat Koperasi BMI yang dimuliakan Allah SWT, Allah SWT memberikan setiap umat manusia akal dan pikiran. Akal merupakan kelebihan yang diberikan oleh Allah SWT sebagai faktor pembeda antara manusia dengan makhluk ciptaan lainnya.

Dalam QS. Al-Isra ayat 70 disebutkan :

“Dan sesungguhnya telah Kami muliakan anak-anak Adam, Kami angkat mereka di daratan dan di lautan, Kami beri mereka rezeki dari yang baik-baik dan Kami lebihkan dengan kelebihan yang sempurna atas kebanyakan makhluk yang telah Kami ciptakan.”

Dalam hidup, ada saja hal yang membuat kita down dan membutuhkan motivasi untuk bangkit. Selain kita bisa mendapatkan dari keluarga, teman terdekat, atau bahkan psikolog, Allah SWT telah senantiasa dekat dengan para hamba-Nya untuk yakin dalam menjalani hidup dengan cara memberikan motivasi-motivasi yang rupanya terdapat dalam Alquran.

Tiga ayat Alquran yang bisa kita jadikan motivasi, antara lain :

1. Surat Yusuf ayat 87

“… dan jangan kamu berputus asa dari rahmat Allah. Sesungguhnya tiada berputus asa dari rahmat Allah, melainkan kaum yang kafir.”

Setiap kita masih diberikan napas, berarti di situ akan selalu ada harapan. Jika kita merasa sangat sulit menghadapi tantangan dalam hidup, maka harapan itu akan datang kepada mereka yang percaya. Tetap berusaha yang terbaik disertai doa, itulah cara terbaik dalam menghadapi tantangan.

2. Surat At-Taubah ayat 40

“… Janganlah kamu berduka cita, sesungguhnya Allah selalu bersama kita….”

Kita tentu pernah mengalami situasi sulit, seperti mengalami kegagalan dalam bisnis yang sudah diimpikan, padahal sudah kerja keras, belajar dengan tekun, dan berdoa. Lalu, kita hanya bisa menangis sembari meratapi kerja keras dan keringat yang berujung sia-sia.

Kita tidak boleh larut dalam kesedihan. Cobalah untuk terus bangkit dan berusaha, ambil sisi positif dari kegagalan yang didapat. Kembalikan segalanya pada Sang Pencipta bahwa segala sesuatu yang terjadi adalah ketetapan yang terbaik dari-Nya.

3. Surat Ali Imran ayat 139

“Janganlah kamu bersikap lemah dan janganlah pula kamu bersedih hati, padahal kamulah orang orang yang paling tinggi derajatnya jika kamu beriman.”

Sebagai manusia, kita tidak diperkenankan untuk selalu memandang diri sebagai orang yang penuh kekurangan. Allah SWT tentu memberikan setiap umat-Nya kelebihan dan kekurangan dalam diri.

Jika kita selalu berpikiran negatif terhadap diri kita, itu tandanya kita kurang bersyukur. Mari jadikan kekurangan yang ada sebagai motivasi untuk meningkatkan kualitas diri.

Mari Terus Menjaga Semangat Hidup Dengan Selalu Bersedekah (Berinfaq) setiap hari.

BMI juga mengajak anggota dan masyarakat umum untuk terus berzakat, berinfaq, bersedekah dan berwakaf melalui Kopsyah BMI. Baik melalui rekening Kopsyah BMI No Rek 7200320171 BNI Syariah dan bisa menghubungi Hotline ZISWAF  di nomor Whatsapp 08118802013. Pembayaran Ziswaf kini bisa melalui aplikasi digital yakni Doit BMI dan BMI Mobile. (Sularto/KLIKBMI)

Share on:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.