Nasehat Dhuha : Mengapa Kata Sholat & Zakat Berdampingan Dalam Al Quran

Info ZISWAF

Nasehat Dhuha, Selasa 26 Januari 2021 | 76 Hari Menuju Ramadhan 1442 H | Oleh Ustadz : Casmita, SE, ME

Di dalam Al-Quran, perintah shalat sering kali disandingkan dengan perintah zakat. Ada 30 kali penyebutan kata zakat di dalam Al-Quran dan 27 kalinya disandingkan dengan kata shalat. Banyaknya pengulangan ini menunjukkan bahwa shalat dan zakat memiliki kedudukan yang sangat penting dalam bangunan Islam. Belum lagi istilah  lain dari zakat yang ada dalam Al-Qur’an  seperti  sedekah, infaq dan lainnya yang mengandung  makna zakat sangat banyak sekali.

Perintah shalat dan zakat adalah perintah yang sering kali disebut dan berulang-ulang dibahas dalam Al-Quran. Secara umum, shalat adalah ibadah yang hubungannya langsung antara hamba dengan Allah SWT. Ibadah ini disebut juga dengan Habluminaullah. Sedangkan zakat, adalah bentuk ibadah yang berupa pengamalan harta untuk diberikan kepada yang berhak sesuai 8 golongan penerima zakat. Ibadah ini disebut dengan Habluminannas.

Dalam Islam, memang Allah SWT selalu memerintahkan manusia untuk mengamalkan ibadah yang bukan saja berdampak kepada diri sendiri melainkan selalu ada dampak sosialnya. Ketaatan manusia kepada Allah SWT tidak saja diukur dengan shalat dan doanya, tapi juga bagaimana akhlak dan amalannya dalam kehidupan bersosial. Terlebih, manusia diciptakan di muka bumi sebagai Khalifah fil Ard. Jadi, antara Habluminaullah dan Habluminannas harus selalu berjalan beriringan tidak hanya salah satunya saja.

SELAMAT MENJALANKAN SHALAT DHUHA DAN PEDULI  TERHADAP ORANG LAIN

Rekening ZISWAF KOPSYAH BMI : 7 2003 2017 1 (BNI Syariah) a/n Benteng Mikro Indonesia. (Sularto/Klikbmi)

Share on:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.