Saya Ingin Menjadi Anggota Kopsyah BMI, Apa Saja Yang Harus Saya Ketahui

Konsultasi Koperasi

Saya Reni dari Cibinong, ada beberapa pertanyaan yang ingin saya ajukan karena saya ingin jadi anggota Kopsyah BMI. Maaf pertanyaan saya agak banyak :

  1. Bagaimana cara menjadi anggota Kopsyah BMI ?
  2. Apa saja jenis keanggotaan di Kopsyah BMI ?
  3. Apakah di Kopsyah BMI bisa mengajukan pinjaman/pembiayaan ?
  4. Apa saja persyaratan yang diperlukan untuk mengajukan pembiayaan ?
  5. Apa keuntungan yang dapat diperoleh apabila menjadi anggota Kopsyah BMI ?
  6. Apakah di Kopsyah BMI bisa berinvestasi ?
  7. Apakah SIJAKA bisa diambil sebelum jatuh tempo?
  8. Apa saja syarat yang diperlukan untuk mengambil simpanan ?
  9. Apa aktivitas yang dilakukan dalam rembug pusat ?
  10. Apakah di Kopsyah BMI bisa melakukan penelitian ?

Jawab :

  1. Bagaimana cara menjadi anggota Kopsyah BMI ? Untuk pendaftaran menjadi anggota bisa dilakukan di cabang terdekat ataupun melaui website www.kopsyahbmi.org. Adapun syarat yang diperlukan sebagai berikut : 1) KTP dan menyebutkan nama Ibu Kandung 2) Membayar uang sebesar Rp. 20.000,00 dengan rincian : Simpanan Pokok Rp. 10.000,00, Simpanan Wajib Rp. 5.000,00 dan Biaya Administrasi Rp. 5.000,00, sehingga Total simpanan dan administrasi menjadi anggota Kopsyah BMI Rp 20.000,00.
  2. Apa saja jenis keanggotaan di Kopsyah BMI ? Jenis keanggotaan keanggotaan Kopsyah BMI terdiri dari Anggota umum dan anggota rembug. Anggota umum merupakan anggota yang berasal dari masyarakat dan tidak tergabung dalam rembug pusat. Anggota rembug adalah anggota yang berasal dari masyarakat dan tergabung dalam rembug pusat setiap 1 minggu sekali
  3. Apakah di Kopsyah BMI bisa mengajukan pinjaman/pembiayaan ? Untuk pertanyaan apakah di Kopsyah BMI bisa mengajukan pinjaman/pembiayaan, Bisa, dengan syarat harus menjadi anggota terlebih dahulu, penjelasan sebagai berikut : 1) Pinjaman/pembiayaan untuk anggota umum dapat dilakukan apabila anggota memiliki simpanan di Kopsyah BMI, besaran pinjaman maksimal sebesar simpanan yang dimiliki. 2) Pinjaman/pembiayaan untuk anggota rembug dilakukan setelah staff lapang melakukan survei usaha dan kelayakan pinjaman. Pinjaman yang diberikan secara bertahap disesuaikan dengan kondisi anggota
  4. Apa saja persyaratan yang diperlukan untuk mengajukan pembiayaan ? Pertannyaan tentang apa saja persyaratan yang diperlukan untuk mengajukan pembiayaan, kami jawab sebagai berikut : I) Untuk pembiayaan MMM dengan ketentuan sebagai berikut : I)Sudah menjadi anggota Kopsyah BMI, Mengisi Formulir dan Menyetorkan Sipok 10.000 Minggon perdana 5.000 Adm. 5.000 dan Sukarela Perdana 50.000. 2) Mengisi formulir permohonan pengajuan dengan melengkapi persyaratan administrasi : Menyerahkan FC KTP Suami/istri/orangtua, Menyerahkan FC Kartu Keluarga, Menyerahkan FC Buku Nikah, Menyerahkan FC SPPT PBB, Menyerahkan FC SHM/BPKB Kendaraan (Minimal 5 tahun terakhir). II. Untuk pembiayaan MTG dan KPR, 1) Sudah menjadi anggota Kopsyah dan Kopmen BMI, Mengisi Formulir dan Menyetorkan Sipok 110.000 Minggon perdana 15.000 Adm. 5.000 dan Sukarela Perdana 50.000. 2) Mengisi formulir permohonan pengajuan dengan melengkapi persyaratan administrasi :Menyerahkan FC KTP Suami/istri/orangtua, Menyerahkan FC Kartu Keluarga, Menyerahkan FC Buku Nikah, Menyerahkan FC SPPT PBB dan Menyerahkan FC SHM/BPKB Kendaraan (Minimal 5 tahun terakhir)
  5. Apa keuntungan yang dapat diperoleh apabila menjadi anggota Kopsyah BMI? Keuntungan yang dapat diperoleh setelah menjadi anggota adalah sebagai berikut : 1) Sebagai pemilik koperasi (kepemilikan simpanan pokok dan simpanan wajib). 2) Sebagai pengguna jasa pinjaman/pembiayaan dan simpanan yang disediakan koperasi (makin besar Simpanan Wajib dan pembiayaan makin besar perolehan SHU). 3) Memiliki kesempatan pemasaran produk (melalui komunitas anggota dan website). 4) Menerima keuntungan tiap tahun (alokasinya 40% dari laba bersih tahun berjalan). 5) Peluang beasiswa hingga perguruan tinggi bagi anggota yang me miliki anak yang berprestasi. 6) Dapat mengikuti pelatihan-pelatihan usaha dan pengembangan usaha yang diadakan koperasi 7) Mengikuti pendidikan perkoperasian.
  6. Apakah di Kopsyah BMI bisa berinvestasi ? Bisa , Kopsyah BMI memiliki produk Simpanan Berjangka (SIJAKA), yaitu simpanan anggota koperasi yang lama penyimpanannya memiliki waktu tertentu deganpola bagi hasil. Minimal simpanan sebesar Rp. 5.000.000 dengan waktu penyimpana minimal 6 bulan. Adapun besaran nisbah yang disepakati bersama sebesar (setara) 12.5% per tahun.
  7. Apakah SIJAKA bisa diambil sebelum jatuh tempo? Bisa, namun dikenakan penalty sebesar 10%. Jika ada keperluan mendesak, Kopsyah BMI menawarkan opsi untuk menggunakan qadrul hasan/anjak piutang, dimana anggota bisa mendapatkan pinjaman maksimal sebeasar 80% dari simpanan yang dimiliki tanpa harus mengambil SIJAKA yang dimiliki. Pembayaran pinjaman juga dapat dilakukan dengan cara dicicil.
  8. Apa saja syarat yang diperlukan untuk mengambil simpanan ? Syaratnya adalah Buku tabungan, KTP  dan Sertifikat SIJAKA (bagi anggota yang ingin mengambil simpanan berjangka)
  9. Apa aktivitas yang dilakukan dalam rembug pusat ? Aktivitas rembug pusat terdiri dari : 1) Pengajuan pinjaman. 2) Pencairan pinjaman/pembiayaan. 3) Pembayaran angsuran. 4) Pembayaran angsuran. 5) Penyetoran dan penarikan simpanan. 6) Evaluasi dan motivasi
  10. Apakah di Kopsyah BMI bisa melakukan penelitian ? Bisa, dengan catatan pihak kampus sudah bekerjasama dengan Kopsyah BMI. Adapaun prosedur yang ditetapkan adalah sebagai berikut: 1) Mengajukan diri menjadi anggota Kopsyah BMI. 2) Mahasiswa mengajukan surat permohonan penelitian. 3) Melampirkan proposal penelitian yang akan dilakukan

Jika ada jawaban yang kurang jelas bisa menghubungi Hotline Rena (WA 08111732013). (Sularto/Klikbmi)

Share on:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *