Hikmah Di Balik Istiqomah Mengajarkan Ilmu

Edu Syariah

Nasehat Dhuha  Rabu, 16 Maret 2022| 13 Syaban 1443 H | Oleh : Ustadz  Fakhry Fadhil, S.Sy, M.H 

Klikbmi, Tangerang – Nasehat dhuha kita kali ini diambil dari kisah Ustad Ardani yang istiqomah mengajarkan ilmu agama.  Ustadz merupakan pimpinan Pondok Pesantren Salafi Al-Ardaniyah. Pesantren ini ia bangun tahun 2005. Pondok pesantren yang beralamat  di jalan Buyut Jasura Kp. Jambu, Desa Tegal Kecamatan Rajeg Kabupaten Tangerang. Ia membangun pondok pesantren  bermodal hibah sisa bangunan rumah tetangganya yang sudah  hampir roboh. Ia juga memanfaatkan kayu dan genting bekas yang menurutnya masih layak pakai.  Hal yang membuatnya bahagia tak lain adalah kuatnya dukungan masyarakat di lingkungannya.

Bangunan Pondok Pesantren Salafi Al-Ardaniyah Setelah Direhab Kopsyah BMI

Seiring berjalannya waktu, bangunan tempat mengaji para santri  rusak di makan usia, genting bocor, tembok retak dan miring.  Dalam kondisi  seperti ini Pak Ustad terus istiqomah mengajar para santrinya. “Tak dapat dipungkiri perasaan was-was, takut bangunannya roboh ketika santri sedang  mengaji” ujarnya.

“Kondisi yang memprihatinkan ini membuat saya terus berdoa kepada Allah SWT agar niat baik saya berjihad mengajarkan ilmu agama dimudahkan Allah SWT. Silih berganti orang yang tidak  saya kenal mendatangi pondok pesantren ini  menawarkan bantuan berupa bangunan tetapi tidak satupun yang terealisasi”ujar  Pak Ustadz.

Bangunan Pondok Pesantren Salafi Al-Ardaniyah Sebelum Direhab Kopsyah BMI

“Singkat cerita sampailah kabar  ini pada tim Ziswaf Kopsyah BMI yang di sampaikan oleh Pak Ahyadi.  Pak Ahyadi pengurus Kopmen BMI. Dengan semangat gotong-royong masyarakat setempat dan Kospyah BMI dengan konsep sharing dana akhirnya terbangunlah tempat untuk santri mengaji” terang Ustadz yang humble ini.  

Dari  kisah  Pak Ustadz Ardani kita bisa mengambil hikmah, karena ia mengajarkan ilmu agama dengan niat yang ikhlas dan semata-mata hanya  berharap ridha Allah SWT serta istiqomah istiqomah jalan Ustadz dimudahkan.

Menurut Syekh Abdurrahman Al-Sa’diy Rahimahullah mengatakan: “Istiqomah itu adalah melazimi ketaatan pada Allah SWT dan ketaatan pada Rasul-Nya secara berkelanjutan.

Mari kita lihat firman Allah SWT dalam QS. Fushshilat  (6) :

فَٱسۡتَقِيمُوٓاْ إِلَيۡهِ وَٱسۡتَغۡفِرُوهُۗ وَوَيۡلٞ لِّلۡمُشۡرِكِينَ  ٦

Maka istiqomahlah (dengan mengikhlaskan ibadah) kepada-Nya dan mohonlah ampun kepada-Nya. Dan kecelakaan besarlah bagi orang-orang yang mempersekutukan-Nya.

Sahabat klikbmi yang dimuliakan Allah SWT mari terus istiqomah dalam kebaikan, maka kebaikan pula yang akan terus bertambah. Mari terus ber-ZISWAF (Zakat,Infaq,Sedekah dan Wakaf) melalui rekening ZISWAF Kopsyah BMI 7 2003 2017 1 (BSI eks BNI Syariah) a/n Benteng Mikro Indonesia atau menggunakan Simpanan Sukarela : 000020112016 atau bisa juga melalui DO IT BMI : 0000000888. (Sularto/Klikbmi)

Share on:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.