Ajaran Ekonomi Islam: Menjaga Amanah

Info ZISWAF

Nasehat Dhuha Senin, 14 Juni 2021 |4  Dzulka’dah 1442 H| Oleh :   Sularto

Klikbmi, Tangerang –  Pembaca Klikbmi yang dirahmati Allah SWT,  nasehat dhuha kita hari ini disarikan dari nasehat guru kita, Ust H Hendri Tanjung, Ph.D, Ketua Pengawas Syariah Kopsyah BMI tentang  amanah yang merupakan salah satu ajaran ekonomi Islam (keempat dari tujuh ajaran ekonomi islam). Ajaran tentang  amanah ini disampaikan oleh Beliau didasarkan kepada Al Quran Surat  An Nisa ayat 58  seperti di bawah ini :

  • ·         ۞ اِنَّ اللّٰهَ يَأْمُرُكُمْ اَنْ تُؤَدُّوا الْاَمٰنٰتِ اِلٰٓى اَهْلِهَاۙ وَاِذَا حَكَمْتُمْ بَيْنَ النَّاسِ اَنْ تَحْكُمُوْا بِالْعَدْلِ ۗ اِنَّ اللّٰهَ نِعِمَّا يَعِظُكُمْ بِهٖ ۗ اِنَّ اللّٰهَ كَانَ سَمِيْعًاۢ بَصِيْرًا

58. Sungguh, Allah menyuruhmu menyampaikan amanat kepada yang berhak menerimanya, dan apabila kamu menetapkan hukum di antara manusia hendaknya kamu menetapkannya dengan adil. Sungguh, Allah sebaik-baik yang memberi pengajaran kepadamu. Sungguh, Allah Maha Mendengar, Maha Melihat.

Simak juga : Ajaran Ekonomi Islam : #Amanah https://www.youtube.com/watch?v=_pqTAYPlavQ&t=8s

Ust H Hendri Tanjung, Ph.D menyampaikan bahwa kita kiat haruslah menjaga amanah atau kepercayaan yang diberikan kepada kita, kita haruslah menjaga titipan untuk disampaikan kepada orang lain. Jangan sampai kita terjerumus pada sifat orang munafik yang jika diberikan amanah kiat khianat.

Selanjut Ust H Hendri Tanjung, Ph.D  memberikan penjelasan ciri-ciri orang munafik berikutnya yaitu suka berkhianat. Seseorang yang tidak miliki komitmen dengan apa yang akan dijalankannya, maka disebut sebagai orang munafik. Umumnya, orang seperti ini jika diberi amanah maka akan berkhianat. Hal ini sebagaimana hadits tentang ciri-ciri orang munafik berikut, yang artinya:

“Tanda-tanda orang munafik ada tiga, jika berbicara berdusta, jika berjanji mengingkari, dan jika diberi amanah mengkhianati.” (HR Bukhori dan Muslim)

Amaanah dalam ajaran ekonomi Islam bisa kaitkan dalam bermuamalah misalnya dalam menerima titipan uang. Kita harus menyampakan kepada yang berhak menerimanya. Amanah juga berarti dalam hal kita meminjam uang atau mendapatkan pembiayaan dari koperasi. Semua harus kita jaga betul, sehingga kemanfaatan akan kita peroleh dari menjaga amanah ini.

Semoga kita semua termasuk hamba-hamba yang  amanah. Mari terus ber-ZISWAF (Zakat,Infaq,Sedekah dan Wakaf) melalui rekening ZISWAF Kopsyah BMI 7 2003 2017 1 (BNI Syariah) a/n Benteng Mikro Indonesia atau menggunakan Simpanan Sukarela : 000020112016 atau bisa juga melalui DO IT BMI : 0000000888. (Sularto/Klikbmi).

Share on:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.