Bagi Yang Suka Menolong Sesama, Yakin Ada Bonus Pertolongan Allah

Edu Syariah

Nasehat Dhuha  Sabtu, 25 Desember 2021| 20 Jumadil Awal 1443 H | Oleh : Ustadz Fakhry Fadhil, S.Sy , M.H

Klikbmi, Tangerang – Tema kita hari adalah mengajak untuk saling tolong – menolong. Kita harus yakin ada bonus pertolongan Allah, jika kita menolong sesama. Sikap saling tolong-menolong dengan sesama manusia adalah perintah Allah SWT. Tolong – menolong tidak membedakan apakah yang kita tolomg muslim atau non muslim.  Yang penting adalah slaing tolong-menolong di jalan kebaikan agar Allah SWT senantiasa memberikahan keberkahan dan kemudahan kepada kita dalam menjalani kehidupan.

Mari kita simak  firman allah SWT dalam surat Al-Maidah ayat 2 berikut ini :

وَتَعَاوَنُوْا عَلَى الْبِرِّ وَالتَّقْوٰىۖ وَلَا تَعَاوَنُوْا عَلَى الْاِثْمِ وَالْعُدْوَانوَاتَّقُوا اللّٰهَ ۗاِنَّ اللّٰهَ شَدِيْدُ الْعِقَابِِ

Artinya : Dan tolong-menolonglah kamu dalam (mengerjakan) kebajikan dan takwa, dan jangan tolong-menolong dalam berbuat dosa dan permusuhan. Bertakwalah kepada Allah, sungguh, Allah sangat berat siksaan-Nya.

Pada ayat tersebut ditegaskan bukan hanya tolong menolong dalam kebaikan saja, melainkan harus menolong dalam meningkatkan ketakwaan sesama muslim kepada Allah. Termasuk dalam upaya saling mengingatkan  agar senantiasa selalu menjalankan perintahnya dan menjauhi laranga-Nya.

Tak hanya itu hadist Nabi Muhammad SAW menjelaskan perintah tolong-menolong  :

   مَنْ نَفَّسَ عَنْ مُؤْمِنٍ كُرْبَةً مِنْ كُرَبِ الدُّنْيَا نَفَّسَ اللهُ عَنْهُ كُرْبَةً مِنْ كُرَبِ يَوْمِ الْقِيَامَةِ، وَمَنْ يَسَّرَ عَلَى مُعْسِرٍ يَسَّرَ اللهُ عَلَيْهِ فِي الدُّنْيَا وَالْآخِرَةِ (رواه مسلم)  

Artinya : “Barang siapa meringankan suatu kesulitan dunia dari seorang mukmin, maka Allah ringankan darinya kesulitan di antara kesulitan-kesulitan di hari kiamat. Barang siapa memudahkan bagi orang yang kesulitan, maka Allah mudahkan baginya di dunia dan akhirat.” (HR. Muslim)

Hadist tersebut menjelaskan adanya asas kausalitas (sebab akibat). Hadist ini mengajarkan kita jika kita membantu meringankan kesulitan orang lain  maka  Allah SWT senantiasa memberikan kemudahan dunia akhirat bagi. Dan kausalitas berikutnya adalah Allah bisa saja mempersulit hamba yang mempersulit hamba lainnya.

إنَّ اللهَ يُعَذِّبُ الَّذِيْنَ يُعَذِّبُوْنَ النَّاسَ فِي الدُّنْيَا

 Artinya : “Sesungguhnya Allah akan menyiksa orang-orang yang menyiksa orang lain di dunia”(HR.Muslim)

Mari kita kuatkan niat dan gerakan tolong-menolong, dan kita harus yakin dengan hikmah tolong – menolong ini, segala kesulitan yang kita harusnya dapatkan dengan ijin Allah akan segera dihapuskan dari ruang kehidupan kita. Seperti halnya hari-hari ini, adanya musibah di sekitar kita, jangan ragu untuk memberikan uluran tangan memudahkan saudara kita yang sedang kesulitan. Mari ikutan ambil bagian menjadi donatur bagi setiap kesusahan orang lain, apalagi yang mendapatkan kesulitan ini saudara sesame muslim.

Mari terus ber-ZISWAF (Zakat,Infaq,Sedekah dan Wakaf) melalui rekening ZISWAF Kopsyah BMI 7 2003 2017 1 (BSI eks BNI Syariah) a/n Benteng Mikro Indonesia atau menggunakan Simpanan Sukarela : 000020112016 atau bisa juga melalui DO IT BMI : 0000000888. (Sularto/Klikbmi)

Share on:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.