Dunia Hanya 3 Hari Saja, Mari Beramal!

Edu Syariah

Nasehat Dhuha Kamis, 2 September 2021 | 24 Muharram 1443 H| Oleh:   Ust M Riza Prima Matondang

Klikbmi, Tangerang –  Sahabat BMI Kliker yang dimuliakan Allah SWT,  tema kali ini adalah tentang 3 hari saja di dunia ini, dan kita ajak mari semua beramal. Al-Hasan Al-Bashri rahimahullahu Ta’ãlã berkata:

Dunia itu ada 3 hari :  Pertama, Kemarin. Adapun kemarin telah pergi bersama dengan apa yang ada padanya; Kedua, Besok. Adapun besok (akan datang), maka barangkali kamu tidak bisa mendapatinya;  Ketiga, Hari ini. Dan hari ini adalah milikmu, maka beramal-lah (dengan amalan yang baik) padanya.

Para ulama salaf-terdahulu berkata, “Termasuk salah satu tanda hamba dibenci Allah adalah dia menyia-nyiakan waktu.” Para ulama salaf sangat bersungguh-sungguh untuk tidak melewatkan satu hari atau sebagian hari tanpa membekali diri mereka dari hari itu dengan ilmu yang bermanfaat atau amalan saleh, supaya tidak berlalu (habis) umur mereka dengan sia-sia dan terbuang dengan percuma.

Ibnul Qayyim Al-Jauziyah rahimahullah berkata, “Keuntungan terbesar di dunia adalah engkau menyibukkan dirimu setiap saat dengan sesuatu yang paling utama dan bermanfaat untuk kehidupan akhirat. Bagaimana dikatakan berakal seseorang yang menjual Surga dan kenikmatan di dalamnya dengan syahwat (kesenangan dunia) yang hanya sesaat.”

Beliau juga pernah berkata, “Menyia-nyiakan waktu lebih lebih berbahaya dari pada kematian, karena menyia-nyiakan waktu memutuskanmu dari Allah dan akhirat, sedangkan kematian memtuskanmu dari dunia dan penghuninya.” Diriwayatkan dari Abdullah bin ‘Abbãs, Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam bersabda, “Ada dua kenikmatan yang banyak manusia tertipu, yaitu nikmat sehat dan waktu senggang.” [H.R. Bukhãrí]

Berbekallah dengan ketakwaan karena engkau tidak tahu, apabila malam telah gelap apakah engkau akan hidup esok hari, betapa banyak orang yang sehat meninggal tanpa didahului sakit, betapa banyak orang yang sakit ternyata hidup lama, betapa banyak seorang pemuda sore dan pagi harinya dalam kondisi aman, setelahnya tiada, tidak ada orang yang tahu akan kematian padahal kain kafannya telah digunting dan dia tidak mengetahuinya.

Wallahu A’lam

Mari terus ber-ZISWAF (Zakat,Infaq,Sedekah dan Wakaf) melalui rekening ZISWAF Kopsyah BMI 7 2003 2017 1 (BSI eks BNI Syariah) a/n Benteng Mikro Indonesia atau menggunakan Simpanan Sukarela : 000020112016 atau bisa juga melalui DO IT BMI : 0000000888. (Sularto/Klikbmi).

Share on:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.