Ibu Wati Warga Kecamatan Cisauk Tanggerang, Berbahagia Dapat Rumah Gratis Ke-349 Dari BMI

BMI Corner

Klikbmi, Tangerang – Hari ini Koperasi BMI kembali membagikan rumah gratis melalui Program Hibah Rumah Siap Huni (HRSH). Pada aksi bagi rumah gratis hari ini, Koperasi BMI membagikan 2 rumah gratis, satu bagi anggota dan satu bagi non anggota (masyarakat biasa). Ya, memang BMI tidak hanya membagikan rumah pada anggota saja.

Ibu Wati yang bekerja sebagai buruh sedotan yang saat ini berusia 59 tahun mendapatkan rumah gratis dari BMI. Raodatul Jannah, Mancab Kopsyah BMI Cabang Cisauk mengatakan Ibu Wati adalah anggota Kopsyah BMI yang termasuk aktif. “Ibu Wati ini memang anggota Kopsyah BMI. Beliau bekerja menjadi buruh, tepatnya buruh di usaha sedotan”ujarnya membuka pernyataan.

Baca juga : https://klikbmi.com/koperasi-bmi-menutup-tahun-2021-dengan-aksi-bagi-rumah-gratis-sebanyak-350-unit/

“Ibu Wati memiliki simpanan wajib Rp 3.202.000,- dan simpanan sukarela Rp 153.778,-. Melihat besaran simpanan wajib Ibu Wati, dapat kita nilai Ibu Wati merupakan anggota yang cukup aktif. Ibu Wati beralamat di Kampung Rancamoyan RT 015 RW 003, Desa Cibogo Kecamatan Cisauk, Kabupaten Tangerang” pungkasnya.

Rumah Ibu Wati Sebelum Dibangun Oleh Koperasi BMI

Mohamad Suproni, Manajer Pemberdayaan Anggota Koperasi BMI mengatakan Ibu Wati memenuhi syarat sebagai penerima aksi rumah gratis melalui program HRSH ini. “Ibu Wati usianya 59, tentu memenuhi syarat sebagai penerima program ini. Ibu Wati yang tinggal bersama suami dan tiga orang anaknya ini dari penilaian kita berhak mendapatkan program ini” ujar Roni sapaan akrab manajer pusat yang humble ini.

Rumah Ibu Wati Sesudah Dibangun Oleh Koperasi BMI

“Dari penelusuran kita, Ibu Wati bekerja sebagai buruh sedotan sedangkan suaminya buruh pasir di Cibogo. Beliau merupakan anggota BMI sejak tahun 2013, pembiayaan terakhir Rp 5 juta. Ibu Wati tinggal di rumah yang kondisinya memprihatinkan, genteng bocor di sana – sini dan sebagian besar rumahnya dibangun dari bilik bambu dan berlantai tanah” ujarnya lagi.

Roni menambahkan jika musim hujan tiba keluarga Ibu Wati sangat kerepotan. “Ketika musim hujan datang mereka sekeluarga harus bersiap – siap untuk menaruh wadah air di mana – mana. Selama ini Ibu Wati selalu mengutamakan makan dan pendidikan anaknya sehingga tidak memiliki cukup uang untuk merenovasi rumahnya” ujarnya lagi.

Menutup pernyataannya Roni mengatakan biaya pembangunan rumah ini sebesar Rp 52 juta yang berasal dari Kopsyah BMI. “Pembangunan rumah gratis ini menelan biaya  Rp 52 juta dan semua berasal dari Kopsyah BMI” pungkasnya.

Banyak orang mengira, jika pembagian rumah gratis oleh Koperasi BMI hanya pada anggota saja. Kamaruddin Batubara, Presiden Direktur Koperasi BMI kemarin sore setelah acara penyerahan rumah di Bogor mengatakan koperasi bukan hanya untuk anggota saja. “Merujuk pada hakekat koperasi yang sebenarnya, koperasi itu memang khitahnya harus memberikan kesejahteraan bukan hanya pada anggota saja, tetapi juga masyarakat dan tentu perekonomian negeri ini” ungkapnya membuka pernyataan soal rumah bukan hanya untuk anggota saja.

“Ini jelas-jelas termaktub di UU Koperasi No.25/92. Begini teks UU itu, Koperasi bertujuan memajukan kesejahteraan anggota pada khususnya dan masyarakat pada umumnya serta ikut membangun tatanan perekonomian nasional dalam rangka mewujudkan masyarakat yang maju, adil, dan makmur berlandaskan Pancasila dan Undang-Undang Dasar 1945 jadi jelaskan BMI patuh dan taat azas. Tapi kuncinya bukan hanya sekedar menjalankan fungsi undang-undang” ujarnya lagi.

“BMI ini koperasi syariah, tentu bukan hanya Kopsyah-nya yang syariah. Jiwa seluruh koperasi primer BMI tentu syariah. Dalam syariah kemaslahatan ummat atau masyarakat yang menjadi fokus. Kembali pada aksi bagi rumah, besok (Kamis,30/12) kita akan bagikan 2 rumah gratis di Cisauk. Rumah gratis ini merupakan rumah ke-349 dan rumah ke-350” paparnya lagi.

Menutup pernyataannya Kamaruddin mengatakan BMI akan tetap terus melanjutkan bagi-bagi rumah gratis untuk anggota dan masyarakat tahun depan. “Doakan kita istiqomah, kita tetap akan membagikan rumah gratis melalui program HRSH ini. Bahkan bagi-bagi rumah gratis ini akan terus kita lakukan di Cirebon, Subang dan Indramayu untuk tahun depan. Kita insyallah akan terus membangun rumah gratis bagi yang membutuhkan” pungkasnya. (Sularto/Klikbmi)

Share on:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.