Lima Kadis Koperasi Di Banten Dan Jabar Terima Penghargaan Kadis Penggerak Koperasi

BMI Corner

وَالَّذِينَ جَاهَدُوا فِينَا لَنَهْدِيَنَّهُمْ سُبُلَنَا ۚ وَإِنَّ اللَّهَ لَمَعَ الْمُحْسِنِينَ

“Dan orang-orang yang bersungguh-sungguh untuk (mencari keridhaan) Kami, benar-benar akan Kami tunjukkan kepada mereka jalan-jalan Kami. Dan sesungguhnya Allah benar-benar beserta orang-orang yang berbuat baik.” (QS. Al-‘Ankabut : 69)

Klikbmi, Tangerang –  Lima Kepala Dinas (Kadis) Koperasi di Provinsi Banten dan Jawa Barat menerima penghargaan Kadis penggerak koperasi pada gelaran Rapat Anggota Tahunan (RAT) Koperasi BMI Tahun Buku 2021 di The Spring Ballroom, Tangerang. Penghargaan ini merupakan apresiasi dari Koperasi BMI kepada Dinas Koperasi yang terus memberikan dukungan tidak hanya pada operasional, melainkan kerja-kerja Koperasi BMI di sektor sosial dan pemberdayaan anggota.

Penghargaan diberikan langsung oleh Deputi Perkoperasian Kementerian Koperasi dan UKM RI Ahmad Zabadi. Kelima Kadis Koperasi yang mendapatkan penghargaan yakni :

  1. Kepala Dinas Koperasi dan UKM Provinsi Banten Agus Mintono
  2. Kepala Dinas Koperasi dan Usaha Kecil Provinsi Jawa Barat Kusmana Hartadji
  3. Kepala Dinas Koperasi dan Usaha Mikro Kabupaten Tangerang Nurul Hayati
  4. Kepala Dinas Koperasi, Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Serang Adang Rachmat
  5. Kepala Dinas Koperasi dan UKM Kabupaten Bogor Asep Mulyana Sudrajat,

Dalam sambutannya, Kepala Dinas Koperasi dan Usaha Mikro Kabupaten Tangerang Nurul Hayati menegaskan bahwa Kopsyah BMI merupakan koperasi yang konsisten menelurkan gagasan dan ide-ide baru membangun kemandirian anggotanya.

BMI juga menunjukkan kiprahnya sebagai koperasi sosial dan pemberdayaan bagi warga Kabupaten Tangerang. Melalui program inovatif yang memberikan solusi, Kopsyah BMI layak menjadi referensi pengelolaan dana kebajikan serta ZISWAF.Dari 350 unit rumah HRSH yang dibangun BMI, 215 unit berada di Bumi Cisadane ini.

”Kiprah BMI bagi masyarakat Kabupaten Tangerang begitu besar.Untuk itulah saya berharap, ke depannya baik Pemkab Tangerang dan Koperasi BMI bisa sama-sama saling menguatkan, saling menumbuhkan untuk ke arah yang lebih baik lagi,” ujarnya dalam RAT kemarin.

Hal senada diungkapkan  Kepala Dinas Koperasi dan UKM Kabupaten Bogor Asep Mulyana Sudrajat. Dijelaskannya, Kendati pandemi tengah mencapai puncaknya di tahun lalu, koperasi BMI terus melakukan ekspansinya ke daerah-daerah pelosok sekalipun, salah satunya di Kawasan Bogor Barat dan Bogor Timur. BMI juga tidak mengurangi laju penyaluran pinjaman kepada anggota kendati pandemi belum reda. Prinsipnya, anggota harus diberdayakan melalui dukungan permodalan.

Para kadis koperasi di Banten dan Jabar berfoto bersama Presdir Koperasi BMI Kamruddin Batubara, Deputi Perkoperasian Kemenkop dan UKM RI Ahmad Zabadi bersama pengawas dan pengurus Koperasi Sekunder BMI, Kopsyah BMI, Kopmen BMI dan Kopjas BMI di RAT Koperasi BMI Tahun Buku 2021, Selasa 25 Januari 2022.

”BMI hadir di Bogor membawa banyak manfaat bagi warga kami. Tidak hanya membawa anggotanya bangkit lewat pembiayaan, melainkan juga dengan kegiatan sosial. Di Kabupaten Bogor saja, sudah ada 10 rumah gratis yang dibangun oleh BMI dan terus gencar dengan program sosial lainnya,” paparnya.

Yang lebih membuat Asep bangga terhadap BMI, adalah dua kades di Kabupaten Bogor mendapat penghargaan Kades penggerak koperasi di RAT Koperasi BMI, kemarin. Kedua kades tersebut adalah Badrudin di Kecamatan Jasinga dan Mad Darmawan, Kades Putat Nutug, Kecamatan Ciseeng.

 ”Luar biasa, Koperasi BMI mampu mengkolaborasikan program-program desa dalam memberdayakan warganya. Koperasi BMI juga menjadi partner desa agar warganya tidak terjerat rentenir, tentunya program ini harus didukung penuh,” jelasnya.

Sementara Presdir Koperasi BMI Kamaruddin Batubara mengucapkan apresiasi setinggi-tingginya kepada lima kepala dinas koperasi yang militan menggerakan koperasi. Dikatakannya, penghargaan ini menjadi apresiasi BMI sebagai mitra pemerintah dalam memberdayakan masyarakat lewat pembiayaan mikro, agar daerahnya lebih cepat bertumbuh, berkembang dan maju.

“Saya mengucapkan terima kasih kepada lima kepala dinas koperasi yang militan untuk menggerakkan warga unKoperasi BMI tak pernah kendor menjalankan misi pemberdayaan dan sosial, meski digempur pandemi Covid-19. Ini tak lepas dari dukungan dan militansi anggota melakukan zakat, infak, sedekah, dan wakaf. Dan hal-hal tersebut kita sampaikan kepada pemerintah setempat, mulai dari RT, RW, Kades hingga Bupati. Dan Alhamdulillah, saat ini Bupati Tangerang Ahmed Zaki Iskandar dan Bupati Serang Ratu Tatu Chasanah menjadi anggota Koperasi BMI,” jelasnya.  

(Togar Harahap/Klikbmi)

Share on:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.