Menghadirkan Pertolongan Allah Dengan Sholat

Edu Syariah

Nasehat Dhuha Kamis, 9 Desember 2021| 4 Jumadil Awal 1443 H | Oleh : Sularto

Klikbmi, Tangerang – Tema nasehat dhuha hari ini adalah tentang sholat dan hadirnya pertolongan Allah SWT. Manusia senantiasa memerlukan pertolongan dari Allah SWT. Sehingga Allah memerintahkan manusia untuk mencari pertolongan kepada-Nya. Allah juga memerintahkan kita untuk berharap pertolongan dengan sabar dan sholat.

يٰٓاَيُّهَا الَّذِيْنَ اٰمَنُوا اسْتَعِيْنُوْا بِالصَّبْرِ وَالصَّلٰوةِ ۗ اِنَّ اللّٰهَ مَعَ الصّٰبِرِيْنَ

Wahai orang-orang yang beriman! Mohonlah pertolongan (kepada Allah) dengan sabar dan salat. Sungguh, Allah beserta orang-orang yang sabar. (QS Al-Baqarah [2]: 153).

Siapa yang tidak menginginkan mendapatkan pertolongan dari Allah SWT. Manusia hidup di dunia ini hanya untuk beribadah kepadanya, baik dalam menunaikan ibadah sholat lima waktu maupun dengan kewajiban-kewajiban lainnya. Seorang hamba jika bersabar dan menunggu keberhasilan yang Allah berikan maka niscaya masalah yang dihadapinya akan menjadi ringan. Jika engkau mendapat suatu musibah maka engkau butuh bersabar dalam menghadapinya. Bersabarlah dan peganglah janji Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam dalam sabda beliau.

“Dan ketahuilah, sesungguhnya kemenangan itu beriringan dengan kesabaran. Jalan keluar beriringan dengan kesukaran. Dan sesudah kesulitan itu akan datang kemudahan” (HR: Ahmad, sahih, Syarh Riyadhus Shalihin).

Semua nabi dan rasul diperintahkan oleh Allah untuk melaksanakan sholat. Sebagaimana Allah memerintahkan Nabi Ismail untuk sholat yang terkadung dalam QS Surat Maryam ayat 55.

وَكَانَ يَأْمُرُ اَهْلَهٗ بِالصَّلٰوةِ وَالزَّكٰوةِۖ وَكَانَ عِنْدَ رَبِّهٖ مَرْضِيًّا

Dan dia menyuruh keluarganya untuk (melaksanakan) salat dan (menunaikan) zakat, dan dia seorang yang diridai di sisi Tuhannya. (QS Surat Maryam ayat 55)

Setiap hari manusia diperintahkan oleh Allah untuk mengerjakan Sholat lima waktu sehari semalam sebagai bentuk ujian Allah SWT kepada manusia apakah orang tersebut masih memiliki iman atau tidak. Karena itu setiap hari lima kali diperdengarkan nama Allah untuk menguji dijiwa kita masih ada iman tidak, bahkan dari bangun tidur bayangkan. Sholat satu-satunya wasilah ibadah yang disebutkan dalam alquran untuk langsung memohonkan kebutuhan yang langsung dirasakan oleh manusia.

Dalam penjelasan ayat Al-Baqarah ayat 45-46, Allah langsung menayakan masalah yang dihadapi oleh manusia. Dalam ayat itu Allah menempatkan Sholat dalam urutan ke dua. Kata Allah hai hamba-Ku jika kalian punya persoalan dalam hidup maka mintakan solusinya kepada ku (Allah SWT).

Banyak orang yang memiliki masalah baiknya tidak mengurainya melalui sosial media yang hanya akan mendapatkan tanggapan yang negative dari netizen. Tapi mintalah pertolongan itu dalam sholat. Wastainuh mintalah kepada Allah, caranya, bagaimana? Satu bi shobri, terima dulu masalah itu, problema apapun itu sebesar apapun kata Allah karena memang hanya anda yang sanggup. Mustahil Allah menurunkan ujian dan cobaan jika Allah tidak menurunkan solusi dan hikmah dari masalah itu.

Ada dua hal penting tentang sholat, yang pertama mengapa sholat ini sangat penting untuk ditunaikan. Menurut Ustadz Adi Hidayat mengapa sholat ini sangat penting untuk ditunaikan, karena ini bagian penting pembeda antara sang khalik (pencipta) dengan makhluk (yang dicipta). Jika kita ingin bedakan antara hamba dan khalik, maka kata Allah SWT yaitu terletak pada aspek ibadah, khususnya sholat.

Menurutnya lagi sebagaimana hal ini pernah disampaikan langsung oleh Allah SWT kepada nabi Musa dengan tetap mempertuhankan Allah dengan cara menerima perintah untuk sholat. “Alqur’an surah ke 20 ayat 14, kata Allah, ya Musa tidak ada Tuhan selain Allah maka jika engkau tahu bahwa saya adalah Tuhan maka kewajiban engkau adalah menyembah saya (sholat).

Allah SWT sebagai Tuhan nabi Musa yang harus disembah tentu menginginkan nabi Musa untuk mengikuti seluruh perintah-perintah dari Allah SWT. Sebab dengan perintah itu, maka segalah hajat, permintaan nabi Musa, akan selalu ditunaikan langsung oleh Allah SWT. Dengan menunaikan dan mendirikan sholat, bukan hanya nabi Musa saja yang mendapatkan pertolongan langsung dari Allah SWT, akan tetapi seluruh makhluk yang bernama manusia, jin dan makhluk lainnya, termasuk kita semua.

Mari kita selalu mengingat Allah dengan cara mendirikan sholat. Jangan mengabaikan sholat, karena mengabaikan sholat termasuk orang-orang yang merugi. Untuk menghadirkan pertolongan Allah kita harus menjaga sholat dan berusaha untuk sholat dengan khusuk.

Mari terus ber-ZISWAF (Zakat,Infaq,Sedekah dan Wakaf) melalui rekening ZISWAF Kopsyah BMI 7 2003 2017 1 (BSI eks BNI Syariah) a/n Benteng Mikro Indonesia atau menggunakan Simpanan Sukarela : 000020112016 atau bisa juga melalui DO IT BMI : 0000000888. (Sularto/Klikbmi)

Share on:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.