Sembilan Petani Cabai di Pagelaran Mendapatkan Pembiayaan dan Pendampingan Usaha dari Kopsyah BMI

BMI Corner

Klikbmi.com,Tangerang – Koperasi Syariah Benteng Mikro Indonesia (Kopsyah BMI) memberikan pembiayaan kepada sembilan orang petani cabai di Kecamatan Pagelaran Kabupaten Pandeglang Provinsi Banten. Pembiayaan yang diberikan sebesar Rp 8.000.000,- per orang, hingga total pembiayaan yang digelontorkan sebesar Rp. 72.000.000,-. Sembilan orang petani tersebut menggarap lahan pertanian seluas 1,8 hektar, dengan rincian masing-masing petani menggarap lahan seluas 2000 m2. Pembiayaan ini menggunakan Akad Musyarokah, sebagai bentuk komitmen dalam kerjasama petani dan koperasi BMI.

Dalam prakteknya, Koperasi BMI juga memberikan pendampingan berupa penyuluhan yang berkesinambungan selama masa budidaya cabai. Penyuluhan dilakukan oleh tim pertanian Kopsyah BMI. Sebagaimana yang dikatakan M.Suproni, Manager Pemberdayaan Anggota bahwa Kopsyah BMI tidak melepas begitu saja setelah pembiayaan diluncurkan. “BMI tidak hanya memberikan modal usaha tani tapi juga melakukan penyuluhan, nantinya akan ada staf pertanian yang mengunjungi lahan seminggu sekali”, Ujar M. Suproni kepada Klikbmi.com.

Kegiatan pertanian ini merupakan kerjasama antara petani dan kopsyah BMI dengan sistem bagi hasil. Bagi hasil yang dimaksud adalah sebesar 65% untuk petani dan 35% untuk kopsyah BMI dari keuntungan yang diperoleh setelah pengembalian modal.

Roni juga menjelaskan bahwa target yang diharapkan dari petani cabai di Pagelaran yaitu 2,4 ton per petani. Jika saja harga cabai bertahan di angka Rp 15.000, diharapkan hasil pertanian cabai ini dapat memberikan keuntungan bagi petani. Adanya target tersebut diharapkan menjadikan motivasi bagi petani agar bekerja dengan amanah, jujur dan lebih bersungguh-sungguh supaya mendapatkan hasil panen yang maksimal.

Kegiatan pembiayaan usaha tani cabai di Pagelaran merupakan yang pertama di Kabupaten Pandeglang. Petani cabai di Pagelaran sangat bersyukur dengan kegiatan ini sebagaimana yang dikatakan oleh Erwin, ketua kelompok tani setempat, “kami sangat senang diberikan modal lalu didampingi oleh tim pertanian BMI, semoga hasilnya sesuai harapan, ” Ujar Erwin sekaligus menutup pembicaraan. (AH/Klikbmi.com)

BalasTeruskan

Share on:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.