Sikap Peduli & Menolong Orang Lain

Info ZISWAF

Nasehat Dhuha Senin, 1 Februari 2021 | 70 Hari Menuju Ramadhan 1442 H | Oleh : Ust Casmita, SE, ME

Klikbmi, Tangerang – Sikap saling peduli dan tolong-menolong menjadi salah satu ciri khas dalam Islam. Tolong menolong dalam bahasa Arab adalah Ta’awun. Sedangkan menurut istilah, pengertian Ta’awun adalah sifat tolong menolong di antara sesama manusia dalam hal kebaikan dan takwa.

Sifat suka menolong merupakan salah satu sifat Rasulullah Muhammad SAW. Rasulullah bahkan selalu berusaha untuk tidak mempersulit orang lain.

kedermawanan Rasulullah diceritakan dalam buku Akhlak Rasul Menurut Al-Bukhari dan Muslim (Abdul Mun’im al-Hasyimi, 2018). Suatu ketika ada seorang anak kecil mendatangi Rasulullah. Anak kecil itu menyampaikan pesan ibunya kepada Rasul untuk meminta baju gamis. “Sesungguhnya ibuku meminta pakaian darimu,” kata anak kecil itu.Saat itu Rasul tidak langsung memberinya. Beliau meminta anak kecil itu untuk datang lagi pada waktu siang hari. Setelah mendapat jawaban seperti itu, anak kecil itu balik kepada ibunya. Ia menceritakan bahwa Rasul akan memberinya baju siang nanti.

Namun ibu anak kecil itu tetap menginginkan baju gamis dan meminta anaknya untuk kembali menemui Rasul. Kali ini dia bahkan meminta baju yang dikenakan oleh Rasul.

Mendengar permintaan tersebut, Rasul masuk ke dalam rumah, melepaskan baju yang dikenakannya, dan langsung memberikannya kepada anak kecil itu. Padahal saat itu, azan sudah dikumandangkan. Para sahabat menunggu kedatangan Rasul untuk mengimami salat, namun beliau tidak kunjung tiba di masjid karena masih berbenah setelah bajunya diberikan kepada anak kecil tersebut.

Itulah sifat menolong dan kedermawanan Rasulullah shallallahu ‘alahi wasallam. Beliau tetap berusaha untuk menolong dan tidak menyusahkan orang lain, meski kondisinya juga dalam kesulitan. Semoga kita sebagai pengikut beliau bisa mengikuti sifat beliau.

SELAMAT DHUHA DAN PEDULI TERHADAP ORANG LAIN

Rekening ZISWAF KOPSYAH BMI : 7 2003 2017 1 (BNI Syariah) a/n Benteng Mikro Indonesia. (Sularto/Klikbmi)

Share on:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.