Vandalisme Dalam Islam

Edu Syariah

Nasehat Dhuha Sabtu, 4 September 2021 | 26 Muharram 1443 H| Oleh:   Ust Fakhry Fadhil

Klikbmi, Tangerang- Hampir di setiap sudut kota-kota negeri tercinta ini terdapat curat coret di tembok-tembok yang tidak jelas maksud dan tujuannya, yang sangat mengganggu pemandangan dan keindahan. Padahal Allah  SWT dalam hadist nabi menyukai keindahan.

انَّ اللَّهَ جَمِيلٌ يُحِبُّ الْجَمَالَ

“Sesungguhnya Allah itu indah mencintai keindahan. ( HR. IIbnu „Adi dan Ibnu Umar )

Menurut kamus besar Bahasa Indonesia, vandalisme adalah suatu perbuatan yang merusak dan menghancurkan hasil karya seni dan barang berharga lainnya termasuk keindahan alam, atau pengrusakan dan penghancuran secara kasar dan ganas.

Sejarah vandalisme adalah kebiasaan yang dialamatkan kepada bangsa vandal pada zaman Romawi kuno, yang budayanya antara lain : pengrusakan yang kejam dan penistaan segala yang indah dan terpuji. Termasuk tindakan vandalis adalah pengrusakan criminal.

Dampak vandalisme adalah : 1. Merusak dan mencemari lingkungan, 2. Merusak keindahan, 3. Mengganggu ketertiban dan pandangan mata, 4. Mengganggu kenyamanan, 5. Dapat menimbulkan penyakit,dan lain-lain yang terlalu banyak untuk dirinci.

Apakah vandalisme itu Islami ? sama sekali tidak. Bahkan vandalisme termasuk perbuatan yang terkutuk yang jelas haramnya. Karena Allah SWT sangat tidak menyukai perusakan. Dan Allah sangat mencintai keindahan.

Allah SWT berfirman :

وَابْتَغِ فِيْمَآ اٰتٰىكَ اللّٰهُ الدَّارَ الْاٰخِرَةَ وَلَا تَنْسَ نَصِيْبَكَ مِنَ الدُّنْيَا وَاَحْسِنْ كَمَآ اَحْسَنَ اللّٰهُ اِلَيْكَ وَلَا تَبْغِ الْفَسَادَ فِى الْاَرْضِ ۗاِنَّ اللّٰهَ لَا يُحِبُّ الْمُفْسِدِيْنَ

“Dan carilah ( pahala ) negeri akhirat dengan apa yang dianugerahkan Allah kepadamu, tetapi janganlah kamu lupakan bagianmu di dunia. Dan berbuat baiklah sebagaiman Allah telah berbuat baik kepadamu dan janganlah kamu berbuat kerusakan di muka bumi. Sungguh Allah tidak menyukai orang- orang yang berbuat kerusakan”. ( QS. Al Qashash ayat 77 )

Para vandalis adalah termasuk orang-orang yang zholim. Mereka menzholimi kemanusiaan, menzholimi sunnatullah, menzholimi lingkungan,dan lain sebagainya. Karena para vandalis membuat orang menjadi tidak nyaman dan merasa terganggu. Nabi Luth pernah berdoa karena sangat merasa resah dengan tingkah laku kaumnya yang senang berbuat kerusakan kepada lingkungan, dan merusak akhlakul karimah.

Semoga kita selalu dijadikan sebagai orang yang selalu bebuat baik dan cinta kepada kebaikan, dan semoga kita senantiasa mendapatkan rahmat dan ridho-Nya aamiin yaa Robbal ‘aalamiin.

Mari terus ber-ZISWAF (Zakat,Infaq,Sedekah dan Wakaf) melalui rekening ZISWAF Kopsyah BMI 7 2003 2017 1 (BSI eks BNI Syariah) a/n Benteng Mikro Indonesia atau menggunakan Simpanan Sukarela : 000020112016 atau bisa juga melalui DO IT BMI : 0000000888. (Sularto/Klikbmi)

Share on:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.