Warga Kresek, Sukamulya dan Gunung Kaler Mengharu Biru Bersama Koperasi BMI di Hari Rabu Yang Menggebu…

BMI Corner

Penyerahan Hibah Rumah Siap Huni 4 Unit dalam Sehari.

Klikbmi.com, Tangerang – Koperasi Syariah Benteng Mikro Indonesia (Kopsyah BMI) membuat suasana hari Rabu begitu menggebu gebu. Bagaimana tidak? Hari ini kembali 4 unit rumah senilai total 200 juta rupiah kembali dihibahkan kepada anggota dan non anggota di wilayah Kecamatan Kresek, Sukamulya dan Gunung Kaler Kabupaten Tangerang. Rumah yang diserahkan pada hari ini, Rabu (05/08) adalah Hibah Rumah Siap Huni yang ke 268, 269, 270 dan 271.

Dalam sambutannya pada acara penyerahan Hibah Rumah Siap Huni ke 268 dan 269, Rabu (05/08), di Kresek, Presiden Direktur Koperasi BMI, Kamaruddin Batubara mengatakan bahwa Koperasi BMI bisa membagikan Hibah Rumah Siap Huni (HRSH) dalam kondisi pandemi ini, karena dalam pengelolaan keuangannya, Koperasi BMI menempatkan setiap hal sesuai porsinya. “ Kegiatan sosial dan pemberdayaan memiliki porsi khusus di Koperasi BMI. Jadi jika yang menerima HRSH ini adalah anggota, maka sumber biayanya dari cadangan dana kebajikan, istilah lainnya provisi, atau biaya administrasi sebesar 1 % dari pembiayaan. Itu tidak boleh tercampur, ini untuk kegiatan sosial, dan jika yang menerima HRSH adalah non anggota maka sumber dana nya adalah dari dana infaq yang dihimpun dari anggota selama ini, “ ujar Kamaruddin Batubara.

Menurut Kamaruddin Batubara, Koperasi mengajari anggota untuk mandiri dan peduli terhadap orang lain. “ Di koperasi kita ajari untuk menabung, diajari sedekah, bukan kasih pinjaman  saja , koperasi ini milik bersama.  Anggota sebagai pemilik,pengguna dan pengendali, semua harus berperan, maka dari itu, kita selalu transparan dalam setiap laporan kegiatan dan keuangan bahkan terpampang jelas di website kita supaya diketahui bersama, “ tegas Kamaruddin Batubara.

Kamaruddin juga menegaskan bahwa hanya dengan wakaf dari anggota 2000 rupiah saja per minggu,  koperasi BMI berhasil menjadi Koperasi pengumpul wakaf terbanyak se Indonesia tahun 2019.” Dengan wakaf kita akan membeli sawah 100 Ha yang pengelolaannya nanti oleh anggota kita, membangun masjid, Rumah Sakit gratis, dan Sarana pendidikan mulai SD hingga Perguruan tinggi, “ ujar Kamaruddin Batubara.

Lebih lanjut Kamaruddin memaparkan bahwa Koperasi pada prinsipnya adalah tolong menolong dan kekeluargaan. “ Jika sudah menjadi keluarga pasti tidak saling menyakiti dan saling membantu. Di Koperasi BMI, selain Hibah Rumah Siap Huni, kita juga memiliki program Gerakan seribu sajadah dan Al Quran (Geser dahan) yang bersumber dari infaq anggota,  santunan duafa dan yatim, ambulan gratis, ada anak asuh yang kita sekolahkan, bantuan bencana alam, bahkan 68 anggota yang terkena bencana di Lebak waktu itu, hutangnya kita putihkan. Ini Perintah Allah dalam Al Quran Surah Al Baqarah ayat 280, Jika orang yang berhutang mengalami kesulitan, maka berikan kemudahan,menyedekahkan sebagian atau seluruhnya itu lebih baik jika kita mengetahuinya. Tidak perlu takut rugi. Kita ini harus berbagi, peduli pada orang lain,” tegas Kamaruddin Batubara,

Kamaruddin Batubara juga mengatakan bahwa pembangunan hibah rumah ini,  materialnya seluruhnya dari toko bangunan milik Kopmen BMI. “ Toko bangunannya milik kita sendiri, milik anggota. Selain itu kini ,anggota juga bisa menjadi reseller berbagai macam produk yang ada di unit usaha Kopmen BMI, tanpa modal, harus kreatif. Kita juga memiliki uang digital doitBMI, untuk memudahkan anggota dalam bertransaksi dengan sesama anggota dan berbelanja di seluruh unit usaha Kopmen BMI, “ ujar Kamaruddin Batubara.

Sementara itu Kepala Bidang Promosi dan Kerjasama, Dinas Koperasi dan UKM Kabupaten Tangerang, Farikin, S.Pt.,MM dalam sambutannya mengatakan bahwa Koperasi BMI telah betul betul berusaha memajukan kesejahteraan masyarakat kabupaten Tangerang dengan Hibah Rumah Siap Huni. “ Saya atas nama Pemerintah Kabupaten Tangerang mengucapkan terima kasih kepada Koperasi BMI, mudah mudahan terus dilakukan hingga lebih banyak masyarakat yang terbantu, “ ujar Farikin.

Farikin mengajak semua masyarakat yang belum jadi anggota, untuk bergabung menjadi anggota Koperasi BMI, karena Koperasi merupakan sokoguru perekonomian Bangsa.

Camat Kresek, Ahmad Zaenudin ,S.Sos.,MM mengatakan dalam sambutannya rasa terima kasih yang kesekian kalinya kepada Koperasi BMI yang telah menyerahkan Hibah Rumah Siap Huni kepada warganya. “ Dengan bukti seperti ini, mari warga masyarakat untuk bergabung menjadi anggota Koperasi BMI yang sudah nyata nyata menujukkan kepeduliannya kepada rakyat, “ ujar Ahmad Zaenudin.

Asisten deputi Keanggotaan Kementerian Koperasi dan UKM, Avanti Dyah Purwandari, SE memaparkan bahwa dirinya mendorong Koperasi BMI agar menjadi percontohan bagi Koperasi lain di Indonesia. “ Saya berharap Koperasi BMI bisa menembus 30 Koperasi besar di dunia. Dengan menjadi anggota Koperasi BMI, Bapak / Ibu mendapat dua benefit, dari sisi ekonomi dan sosial. Selain keuntungan segi ekonomi,  Koperasi BMI juga memberikan manfaat sosial seperti ini, adanya Hibah Rumah Siap Huni , sunatan masal, santunan duafa dan lain lain, “ ujar Avanti. Lebih lanjut Avanti juga menegaskan bahwa Koperasi BMI tumbuh besar selain karena Pengurusnya yang bijaksana, juga  karena militansi anggotanya yang luar biasa.” Ini menjadi inspirasi bagi koperasi lainnya dalam menjalankan usahanya, “ ujar Avanti.

Avanti juga mengajak para anggota Koperasi BMI agar lebih aktif dalam berkoperasi. “ Minimal hadirlah dalam rapat anggota, jangan hanya sekedar menunggu SHU saja, sampaikan ide dan usulan yang baik kepada pengelola dalam rapat anggota, “ Ujar Avanti Dyah Purwandari.

Manager Kopsyah BMI Cabang Gunung Kaler, A.Safikri Batubara mengatakan bahwa penerima Hibah Rumah Siap Huni ke 268 dan 269 dari Kopsyah BMI, adalah Mariam (56) dan  Jasem (73). “ Keduanya adalah anggota Kopsyah BMI. Ibu Mariam ini adalah penjual gorengan, beralamat di Kampung Kandang RT 008 RW 003 Desa Kresek Kecamatan Kresek Kabupaten Tangerang. Beliau memiliki simpanan hanya 615 ribu saja dan telah mengakses pembiayaan sebesar 3 juta rupiah. Rumahnya sangat tidak layak huni lagi, bahkan hampir roboh. Untuk itu maka Kopsyah BMI menyetujui untuk memberikan Hibah Rumah Siap Huni ke 268 kepada beliau senilai 50 juta rupiah, “ Ujar A. Safikri Batubara. Lebih lanjut Fikri, panggilan akrabnya menjelaskan hal serupa tentang penerima Hibah Rumah Siap Huni le 269, Jasem (73). “ Ibu Jasem ini duafa yang sudah lansia. Beliau anggota Kopsyah BMI beralamat di Kampung Ranca Gede RT 012 RW 003 Desa Gunung Kaler Kecamatan Gunung Kaler Kabupaten Tangerang. Beliau bekerja sebagai buruh tani, simpanannya hanya 240 ribuan.  Rumahnya sudah nampak sangat tidak layak, dan hampir roboh juga. Akhirnya usulan kami disetujui oleh Kopsyah BMI untuk memberikan Hibah Rumah Siap Huni ke 269 kepada Ibu Jasem senilai 50 juta rupiah, “ tegas Fikri.

Hibah Rumah Siap Huni ke 270 dan 271 dari Kopsyah BMI

Sementara itu siang harinya , Rabu (05/08) Kopsyah BMI kembali menyerahkan Hibah Rumah Siap Huni ke 270 dan 271 masih di wilayah Kecamatan Kresek Kabupaten Tangerang.  Manager Kopsyah BMI Cabang Sukamulya, Rizka Adania mengatakan bahwa Dua orang penerima Hibah Rumah Siap Huni kali ini merupakan non anggota dan anggota Kopsyah BMI. “ Penerima Hibah Rumah Siap Huni ke 270 dari Kopsyah BMI adalah Ibu Sakmah (60) beralamat di Kampung Bojong Manuk, RT 011 RW 005 Desa Pasir Ampo Kecamatan Kresek Kabupaten Tangerang.  Ibu Sakmah ini seorang janda tua yang tidak memiliki usaha apapun dan tinggal di sebuah gubuk yang sangat lapuk bersama seorang anaknya. Setelah diusulkan dan diverifikasi, Alhamdulillah disetujui dan ditetapkan sebagai penerima Hibah Rumah Siap Huni ke 270 dari Kopsyah BMI senilai 50 juta rupiah. Demikian juga dengan Ibu Encun (60), penerima Hibah Rumah Siap Huni ke 271 dari Kopsyah BMI. Beliau beralamat di Kampung Kebon Tiwu, RT 002 RW 004 Desa Benda Kecamatan Sukamulya Kabupaten Tangerang. Beliau anggota Kopsyah BMI memiliki tabungan 3 jutaan dan dan mengakses pembiayaan senilai 5,5 juta dari Kopsyah BMI. Ibu Encun ini berprofesi sebagai buruh tani dan kondisi rumah yang ditempati sangat tidak layak sehingga kami berupaya mengusulkan agar beliau bisa mendapatkan Hibah Rumah Siap Huni. Alhamdulillah disetujui dan ditetapkan sebagai penerima Hibah Rumah Siap Huni ke 271 dari Kopsyah BMI, “ ujar Rizka Adania.

Direktur Sumber Daya Manusia Kopsyah BMI, Agus Suherman,SH yang memberikan sambutan awal mewakili Presiden Direktur Koperasi BMI, Kamaruddin Batubara mengatakan bahwa Kopsyah BMI ingin menginspirasi Koperasi lain di Indonesia melalui program program sosial. “ Kita memiliki program seperti pengumpulan ZISWAF yaitu zakat, infaq, sedekah dan wakaf. Ini buktinya dengan ibadah Ibu Ibu berinfaq 1000 rupiah per minggu saja, bisa mewujudkan kebahagiaan sesama dengan Hibah Rumah Siap Huni ini, “ ujar Agus Suherman. Lebih lanjut Agus juga mengatakan bahwa dengan kedisiplinan anggota menyalurkan  wakaf hanya 2000 rupiah per minggu, Kopsyah BMI saat ini sudah mampu membeli lahan seluas 20 Hektare di Cisoka. “ Cita cita kita ingin beli sawah produktif 100 Hektare, yang nanti dikelola oleh anggota Koperasi BMI. Kita juga berniat membangun masjid, membangun rumah sakit gratis buat anggota, sarana pendidikan yang lengkap dari SD hingga perguruan tinggi, semoga dimudahkan jalannya nanti, “ ujar Agus disambut teriakan doa amiin oleh seluruh hadirin.

Menurut Agus Suherman,  Koperasi BMI juga setiap perayaan miladnya selalu mengadakan kegiatan sosial lainnya. “ Ada sunatan masal, santunan yatim dan duafa karena kita punya program pemberdayaan. Harapannya untuk meningkatkan kesejahteraan anggota dan masyarakat. Ini semua berkat kepedulian kita seluruh anggota Kopsyah BMI dalam menyalurkan ZISWAF nya dan berkat bimbingan dan arahan Presiden Direktur Koperasi BMI, Bapak Kamaruddin Batubara, “ ujar Agus Suherman.

Camat Kresek, Ahmad Zaenudin, S.Sos.,M.Si yang didaulat kembali memberikan sambutan menyampaikan kembali rasa terima kasihnya kepada Kopsyah BMI. “Sudah tidak tahu lagi harus berkata apa, kemarin, tadi pagi dan sekarang saya menyaksikan kebahagiaan warga kami dari kebaikan Kopsyah BMI. Saya berterima kasih sekali kepada Kopsyah BMI khususnya kepada Bapak Kamaruddin Batubara yang telah banyak membantu warga kami terus menerus, semoga Koperasi BMI semakin sukses terus, “ ujar Ahmad Zaenudin.

Avanti Dyah Purwandari, SE, Asisten Deputi keanggotaan Kementerian Koperasi dan UKM yang kembali memberikan sambutan mengajak seluruh warga yang hadir yang belum menjadi anggota Koperasi BMI agar segera bergabung menjadi anggota. “ Harus menjadi anggota yang baik , yang aktif,  harus memberikan kontribusi nyata, karena kita lihat, Koperasi BMI nya sendiri adalah koperasi yang sangat peduli terhadap anggota bahkan masyarakat luas, “ ujar Avanti.

Avanti juga mengucapkan selamat kepada penerima Hibah Rumah Siap Huni dari Kopsyah BMI. “ Selamat, dan semoga bisa merawat amanah ini dengan baik dan doakan Kopsyah BMI nya lebih sukses dan maju lagi, “ ujar Avanti mengakhiri sambutan singkatnya.

Saat penyerahan Hibah Rumah SIap Huni juga diiringi dengan bantuan sosial lainnya dari Kopsyah BMI berupa Gerakan seribu sajadah dan Al Quran (Geser Dahan) serta penyerahan sertifikat sebagai tanda telah diserahkan secara resmi Hibah Rumah Siap Huni tersebut oleh Kopsyah BMI kepada anggota dan non anggota penerima. (AH/klikbmi)

Share on:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *