# Catatan Kamaruddin Batubara#

Pojok Bara

Sukses. Satu kata yang sering diimpikan, dikejar dan diburu orang dengan segala cara. Sukses memang identik dengan kemewahan. Banyak yang tersesat mendefinisikan sukses adalah bergelimang harta dan kemewahan dunia. Memang tidak salah jika dengan kesuksesan orang punya uang banyak, rumah mewah, dan pengaruh yang luas. Tetapi yang harus diingat adalah cara memperolehnya dan setelah sukses apa yang harus dilakukan.

Konsep sukses bukan hanya dari hasil yang diperoleh. Tapi lebih dalam lagi adalah bagaimana cara sukses. Sukses harus diraih dengan cara-cara yang baik dan atas ridhlo Allah SWT. Tidak boleh sukses di atas penderitaan  orang lain. Sukses yang membuat orang lain menderita, hanyalah sukses dunia yang fatamorgana sifatnya. Begitu meninggalkan dunia maka tidak akan ada bekasnya.

Sukses juga berkait dengan, apa yang dilakukan setelah sukses. Bukan setelah sukses menjadi semakin jumawa. Justru setelah sukses, harus semakin mendekat pada Allah SWT dan mampu terus berbuat baik pada sesama yang membutuhkan. Sukses hakiki tidak lain membuat orang lain bahagia.

Share on:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.