Di Pandeglang, Kopsyah BMI Selalu di Hati

BMI Corner

“Sesungguhnya zakat itu hanyalah untuk orang-orang fakir, orang miskin, amil zakat, yang dilunakkan hatinya (mualaf), untuk (memerdekakan) hamba sahaya, untuk (membebaskan) orang yang berutang, untuk jalan Allah dan untuk orang yang sedang dalam perjalanan, sebagai kewajiban dari Allah” (QS At Taubah:60)

PANDEGLANG-Hujan yang membasahi lereng Gunung Pulosari tak menyurutkan semangat warga menyaksikan penyerahan Hibah Rumah Siap Huni (HRSH) Koperasi Syariah Benteng Mikro Indonesia (BMI), Selasa (29/12). Hari tersebut menjadi momen yang tak terlupakan bagi Sutiah dan keluarga. Warga Kampung Tenjolahang Timur, Desa Tenjolahang, Kecamatan Jiput, Pandeglang mendapatkan bantuan HRSH ke 282 dari Kopsyah BMI.

Doa Arnisah Mendapat Rumah Baru Terkabul. Selengkapnya baca di : Terima Kasih BMI Dan Donatur, Tidur Keluarga Arnisah Kini Tak Berhimpitan Lagi

Suasana semakin syahdu, saat putri Sutiah, Arnisah menyampaikan rasa terima kasihnya kepada Kopsyah BMI dan sang donatur, Aziz Dalimunthe yang bersama-sama membangun kembali rumah keluarganya menjadi lebih baik. Diketahui, pada penyerahan HRSH ke-282 kepada non anggota, Pemilik Apotek Cahaya Farma Aziz Dalimunthe ikut berbagi kepeduliannya dalam pembangunan rumah tersebut.

KEHEBATAN SEDEKAH: Presiden Direkur Koperasi BMI Kamaruddin Batubara (paling kiri) berfoto bersama penerima HRSH ke 282 Sumiyati (tengah), Pemilik Apotek Cahaya Farma Aziz Dalimunthe (kedua dari kanan) dan Kadis Koperasi dan UMKM Pandeglang Dadan Tafief Daniel (paling kanan) usai peletakan prasasti, Selasa (29/12).

”Terima Kasih BMI, terima kasih Pak Kamaruddin (Batubara), terima kasih Pak Azis (Dalimunthe), kami belum bisa membalas apa-apa, hanya bisa memberikan doa semoga BMI tambah jaya, maju dan besar, dan juga semoga pak Aziz selalu diberi kesehatan dan terus sukses acaranya,” ujar Arnisah dibarengi isak tangis kebahagiaan Sutiah dan ke enam cucunya tersebut.

Pembangunan ini mengurangi beban Keluarga Sutiah, usai ditinggalkan sang suami dan menantunya pada tahun 2017. Sebelumnya, rumah yang ditempati Sutiah adalah bekas gudang kayu bakar milik adiknya. Ia harus menempati bangunan berukuran 2,5 x 3 meter itu usai rumahnya yang pertama lapuk dimakan usia, empat tahun silam. Di dalam ruangan yang mungil, Arnisah, Sutiah dan enam cucunya harus tidur berimpitan.

Sehari, BMI Serahkan Tiga HRSH Sekaligus. Selengkapnya baca di: Rabu Berkah, Koperasi BMI Bagi 3 Rumah Gratis

Sepeninggal itu, Arnisah menjadi tulang punggung bagi tujuh anak dan ibunya. Usai azan subuh, ia telah berkeliling se-Kecamatan Jiput, untuk menjajakan lontong sayur dan nasi uduk. Hasilnya pun tak banyak, karena uang penjualan itu harus dibagi dengan sang pemilik lapak. Hingga kabar tersebut didengar Kopsyah BMI dan donatur Aziz Dalimunthe dan membangun kembali rumahnya yang lebih layak.

Selain dihadiri Presdir Koperasi BMI, penyerahan HRSH non anggota juga disaksikan langsung Kadis Koperasi dan UMKM Pandeglang Dadan Tafief Daniel, Camat Jiput Suntana, Manajer Ziswaf Kopsyah BMI Casmita dan Kades Tenjolahang Abdul Muis. Termasuk pemilik Apotek Cahaya Farma Aziz Dalimunthe berserta keluarga.

BMI BERBAGI: Presiden Direktur Koperasi BMI Kamaruddin Batubara memaparkan kiprah BMI melakukan kegiatan sosial selama pandemi berlangsung di sela acara penyerahan HRSH ke 282 di Desa Tenjolahang, Jiput, Pandeglang, Selasa (29/12).

Acara juga didukung oleh persiapan dan kesigapan Manajer Area 08 Kopsyah BMI Sonny Gusti Hakim dan Manajer Cabang Menes Trisna. Selama acara berlangsung, panitia juga melakukan  protokol kesehatan yang ketat seperti mengukur suhu tubuh para tamu dan pemberian masker.  

Tidak Hanya di Banten, Ziswaf BMI Menjalar hingga Jawa Barat. Selengkapnya baca di: Bogor Pancakarsa, Koperasi BMI Luar Biasa!

Dalam sambutannya, Presiden Direktur Koperasi BMI Kamaruddin Batubara mengatakan, HRSH  tidak hanya berangkat dari semangat berkoperasi yang bergotong royong menolong mereka yang tidak mampu, namun juga didasari oleh pengamalan QS Al Maidah ayat 2 yang berbunyi:  “Tolong menolonglah kamu dalam kebajikan dan taqwa dan jangan tolong menolong dalam berbuat dosa dan pelanggaran,”.

Dikatakannya, jati diri Koperasi adalah mengajari anggota untuk mandiri dan peduli terhadap orang lain. Salah satunya dengan pemberian HRSH kepada non anggota.

”Di koperasi kita tidak hanya diajari bagaimana cara menabung, tapi juga bagaimana diajari bersedekah, bukan kasih pinjaman  saja , koperasi ini milik bersama.  Anggota sebagai pemilik,pengguna dan pengendali, semua harus berperan, maka dari itu, kita selalu transparan dalam setiap laporan kegiatan dan keuangan bahkan terpampang jelas di website kita supaya diketahui bersama, “ tegas Kamaruddin Batubara.

Selama 2020, BMI Bagikan 43 Rumah Gratis. Selengkapnya baca di: Tahun 2020, Koperasi BMI Bagikan 43 Rumah Gratis

Kamaruddin juga menambahkan bahwa, lewat Model BMI Syariah, BMI terus mempraktekkan cara bagaimana koperasi fokus memberikan manfaat sebanyak banyaknya terhadap anggota dan masyarakat.

GUNTING PITA: Penguntingan Pita HRSH ke 282 oleh Presiden Direktur Koperasi BMI Kamaruddin Batubara, donatur, Keluarga Sutiah dan para tamu undangan.

Model BMI Syariah merupakan sebuah skema pelayanan dengan lima instrumen pemberdayaan berupa sedekah, pinjaman, pembiayaan, simpanan dan investasi lewat pengembangan budaya menabung dan pemberdayaan Zakat Infaq Sadaqah dan Wakaf (Ziswaf).

 ” Hibah Rumah Siap Huni ini sebagai bukti pembeda BMI dengan lembaga keuangan lainnya. Kita tunjukkan bahwa koperasi, memberikan manfaat tidak hanya bagi anggota tapi juga masyarakat luas,” terangnya.

”Apalagi di tengah pandem ini,pembangunan HRSH oleh BMI terus dilakukan (red: Tahun 2020, BMI membangun 43 HRSH). Mudah mudahan anggota koperasi BMI usai pandemi ini makin kuat komitmennya untuk saling tolong menolong demi kesejahteraan bersama, ” sambung pria yang akrab disapa KamaBara tersebut.

Buah Manis Kesabaran Atih, Perajin Tikar Pandan asal Ciseeng, Selengkapnya baca di: Lewat HRSH, Ziswaf BMI Kembali Menggebrak Bogor

Kamaruddin juga mengajak para tamu dan warga yang hadir ikut menggiatkan kegiatan bersedekah. ”Mari selalu bersedekah, berinfaq, karena dalam rejeki kita, ada bagian dari rejeki orang lain yang harus kita bantu. Semakin sulit kondisi kita seharusnya semakin gencar kita bersedekah, agar Allah mudahkan urusan kita nantinya. Dalam QS Al Baqarah ayat 133 – 136 Allah berfirman, yang intinya bersedekahlah dalam keadaan lapang ataupun sempit, ” ujarnya.

SELALU DI HATI: Teriakan BMI Joss menggema usai acara gunting pita penyerahan HRSH ke 282 di Kampung Tenjolahang Timur, Desa Tenjolahang, Kecamatan Jiput, Pandeglang.

Di akhir sambutannya, Kamaruddin mengucapkan banyak terima kasih kepada Pemilik Apotek Cahaya Farma Aziz Dalimunthe yang ikut berbagi dalam pembangunan HRSH ke 282 tersebut. ”Kopsyah BMI mengucapkan banyak terima kasih atas dukungan dari Pak Aziz, semoga usaha beliau semakin besar dan  terus berbagi bagi mereka yang membutuhkan,” tandasnya.

Sementara, Kadis Koperasi dan UMKM Pandeglang Dadan Tafief Daniel  menuturkan, bahwa Koperasi BMI tetap istiqamah berusaha memajukan kesejahteraan masyarakat Pandeglang dengan Hibah Rumah Siap Huni. “ Saya atas nama Pemerintah Kabupaten Pandeglang mengucapkan terima kasih kepada Koperasi BMI, mudah mudahan terus dilakukan hingga lebih banyak masyarakat yang terbantu,” tuturnya.

Hal senada diungkapkan Kades Tenjolahang Abdul Muis. Ia memaparkan, bahwa lewat HRSH, warganya semakin terdorong untuk mengenal Koperasi BMI lebih jauh. Menurutnya, warganya kini lebih memahami kehebatan ekonomi syariah lewat BMI. ”Saya mewakili Warga Tenjolahang mengucapkan banyak terima kasih atas bantuan dari Kopsyah BMI dan donatur kepada warga kami. Koperasi BMI bukan hanya sekedar simpan pinjam saja, tetapi kental dengan kegiatan sosialnya, dengan budaya sedekah dan infaq nya, itu luar biasa,” tandasnya. (gar/KLIKBMI)

Share on:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.