Hasil Audit Internal Reguler Berkategori Sangat Baik, SPI Apresiasi Manajer Area Dan Manajer Cabang

BMI Corner

Klikbmi, Tangerang – Pengawasan atau pengendalian kinerja pada bisnis keuangan mutlak dilakukan. Hal ini tentu berlaku pula pada usaha simpan pinjam dan pembiayaan syariah. Koperasi Syariah Benteng Mikro Indonesia (Kopsyah BMI) memiliki Satuan Pengendalian Internal (SPI) yang berfungsi melakukan pengendalian internal sebelum masuk pada fungsi  pengawas.  SPI bertanggung jawab kepada pengurus dan melaporkan hasil pengawasannya kepada pengurus.

SPI merupakan bentuk kepengawasan yang dilaksanakan pengurus dalam operasionalisasi manajemen keseharian Kopsyah BMI. Tugas SPI antara lain melakukan pengawasan pada aspek organisasi, ketatalaksanaan, usaha dan akuntansi keuangan. Kopsyah BMI yang saat ini memiliki 77 cabang semakin harus meningkatkan pengendalian kinerjanya.

Sondari, Koordinator SPI Saat Proses Audit Internal Regular

Dalam rangka menjaga kinerja tetap berjalan baik, baru-baru ini SPI melakukan audit reguler tentang laporan keuangan semester 1. Audit regular ini berlangsung dari 6 – 30 September 2021 dan dilaporkan kepada pengurus 7 Oktober 2021. Redaksi hari ini mendapat kesempatan untuk menggali informasi lebih dalam melalui Sondari, Koordinator SPI Kopsyah BMI. Dalam keterangannya Sondari menyampaikan bahwa ruang lingkup pengawasan menyangkut aspek organisasi, ketatalaksanaan, usaha dan akuntansi keuangan.

Baca juga : https://klikbmi.com/jaga-soliditas-manajemen-spi-dan-sdm-gelar-rakor-antar-divisi-di-kantor-pusat/

“Kami memeriksa detail tentang laporan bulanan yang disajikan, bagaiman neraca sesuai dengan PHU atau Laba Rugi , kesesuaian transaksi-transaksi, bagaimana menyusun dan memisahkan kwitansi dengagn BKK (Bukti Kas Keluar) pada BOK (Biaya Operasional Kantor), bagaimana pelaksanaan, penyusunan dan sistematika laporan BAP (Berita Acara Pemeriksaan) Buku anggota (BAP Buku). Secara administrasi apakah manajer area sudah melakukan validasi dan menandatangani laporan bulanan, bagaimana bentuk pemeriksaan laporan bulanan oleh manajer area pada cabang-cabangnya. ” terang Sondari membuka keterangannya.

Sonny G. Hakim (Anggota SPI) Berfoto Setelah Acara Pemeriksaaan Dokumen

Lebih lanjut pria kalem ini menjelaskan tentang sangat perlunya penyajian informasi dokumen audit. “Kita juga sangat konsen pada BAP misalnya terkait tentang alasan buku tak terbawa dan atau hilang misalnya, dan satu lagi terkait dengan penyajian dokumen audit, harusnya sudah tersedia dan mudah dibaca. Alhamdulilah semua berjalan baik dan hasilnya baik” lanjut Sondari.

Baca juga : https://klikbmi.com/koperasi-bmi-kembali-gelar-rakor-pengurus-spi-dan-manajer-pusat-untuk-kawal-target-capaian-2021/

“Alhamdulillah kami bekerja didukung oleh teman-teman SPI yang luar biasa. Saya ucapkan terima kasih kepada Pak Jejen (Wakil Koodinator  SPI), Sonny G. Hakim (Anggota SPI), Encep T. H. Saputera (Anggota SPI) dan Samuroh Hadi Saputera (Anggota SPI) atas dedikasinya.  Audit internal ini tidak akan berjalan dengan baik jika tidak didukung oleh tim SPI yang solid” ujar Koordinator SPI ini.

Menutup keterangannya Sondari mengucapkan terima kasih kepada pada manajer cabang dan manajer area. “Kepada para mancab dan manajer area, kami tim SPI mengucapkan terima kasih atas kerjasama dalam persiapan dokumen dan kelengkapan audit reguler ini, sehingga proses audit ini berjalan dengan lancar. Kami juga menyampaikan terima kasih kepada pengurus dan pengawas baik pengawas operasional maupun syariah yang telah menerima laporan kami. Insyallah hasil audit internal ini sangat baik dan kita kembali fokus ada kinerja sampai akhir tahun ini. Jadi mari kita fokus pada kinerja” pungkas Sondari. (Sularto/Klikbi)

Share on:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.