Januari 2022, Sebelum RAT Koperasi BMI Gelar BMI Coop Festival 2022

Nasional

Business Pitching Koperasi BMI, Anggota & Mitra Strategis Dan Gelar Lelang Ambulans BMI

Klikbmi, Tangerang – Koperasi Sekunder Benteng Madani Indonesia (Koperasi BMI) akan menggelar BMI Coop Festival 2022 yang diselenggarakan secara hybrid melalui channel YouTube BMI NEWS. Acara akan diselenggarakan langsung di Royal Ballroom The Springs Club Summarecon Serpong.

Ajang ini merupakan solusi pengembangan bisnis bagi usaha di Koperasi BMI, usaha anggota terpilih dan usaha mitra strategis Koperasi BMI. Ajang ini mempertemukan supply dan demand terhadap kebutuhan pendanaan bagi usaha Koperasi BMI, usaha anggota dan mitra strategis Koperasi BMI. BMI Coop Festival 2022 hadir sebagai solusi pendanaan, ajang menghadirkan business pitching yang dikemas menarik dan profitable.

Pitching adalah strategi mengkomunikasikan ide-ide baru dan berusaha mendapatkan dukungan audiens terhadap ide-ide yang disampaikan. Kegiatan pitching ini dilakukan untu mendapatkan pelanggan, partner bisnis, calon investor atau calon anggota koperasi.

Yayat Hidayatullah, Direktur Utama Koperasi Jasa Benteng Mandiri Indonesia (Kopjas BMI) mengatakan akan ada 2 agenda utama pada kegiatan BMI Coop Festival 2022, yakni : pertama Business pitching Koperasi BMI, anggota BMI & Mitra Strategis, Kedua Gelar Lelang Ambulans BMI.

Yayat Hidayatullah, Direktur Utama Kopjas BMI Saat Memberikan Paparan Program Kerja Di Garut (30/11)

Lebih lanjut Yayat mengatakan bahwa kegiatan ini mempertemukan audiens berbagai ekosistem bisnis koperasi antara lain : sesama koperasi besar, pengusaha atau pebisnis, lembaga keuangan bank dan non bank, unsur organisasi bisnis seperti Kadin dan HIMPI, bisnis logistik dan delivery, pelaku bisnis ekspor dan impor, pelaku bisnis properti dan perumahan, berbagai jenis bisnis jasa, bisnis kuliner, dan semua pelaku bisnis yang bersiap melebarkan sayap bisnis di tahun 2022.


Pria yang juga Direktur Operasional Koperasi Sekunder Benteng Madani Indonesia ini juga menjelaskan akan hadir sebagai peninjau antara lain Kementerian Koperasi dan UKM RI, Kementerian Investasi/Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM), Kementerian PUPR, Kementerian Kesehatan RI, Kementerian Pertanian RI, Kementerian Perdagangan RI dan LPDB-KUMKM.


“Kegiatan Business pitching akan dilakukan oleh divisi bisnis Koperasi BMI, anggota BMI terpilih dan Mitra Strategis BMI. Bagi mitra strategis yang melakukan pitching bisnis jika terjadi kolaborasi dengan mitra strategis lain, wajib tergabung dalam keanggotaan Koperasi BMI” ujarnya memberikan penjelasan.

“Kegiatan BMI Coop Festival 2022 juga dimeriahkan dengan Gelar Lelang Ambulans BMI. Saat ini Koperasi BMI memiliki 8 unit ambulans dan pada kegiatan kali ini akan dilelang pembelian 1 unit ambulans yang akan dikolaborasikan dengan para mitra strategis yang hadir. Setiap mitra strategis yang memberikan donasi untuk pembelian ambulans logo lembaga akan dicantumkan pada ambulans ke-9 Koperasi BMI ini” jelas Yayat selanjutnya.
Ditanya tentang apa saja ketentuan Business Pitching pada acara BMI Coop Festival 2022, Yayat memberikan penjelasan 7 penting :

  1. Semua calon peserta Business Pitching atau Mitra strategis harus mendaftar melalui panitia untuk dikurasi oleh panitia.
  2. Peserta Business Pitching menggunakan data informasi yang akurat. Data dapat memberitahu audiens untuk melihat berapa persentase sebenarnya dari bisnis kita.
  3. Informasi yang actual memberi dampak trustworthiness yang lebih tinggi terhadap keyakinan audiens.
  4. Presentasi/ pitching dilakukan 5 menit dengan menggunakan visualisasi yang jelas dan menarik. Menampilkan data dengan grafik atau infografis akan memberi kepercayaan yang semakin tinggi terhadap audiens.
  5. Tonjolkan poin menarik di awal presentasi. Penyampaian gagasan harus menarik bagi audiens. Adanya “first impression” akan menjadi perhatian penuh para audiens. Peserta pitching memastikan audiens sudah mendapatkan 2-3 info paling penting mengenai gagasan Anda di 30 detik pertama presentasi. Berikan “peta” mengenai alur presentasi dan berikan juga “rambu-rambu” selama presentasi untuk menandakan aspek-aspek paling menarik dari pitch Anda.
  6. Akhiri dengan Call to Action (CTA). Beritahu dengan jelas bagaimana langkah bermitra dengan bisnis yang dipresentasikan sehingga audiens tahu yang mereka lakukan selanjutnya. Peserta pitching bisa menyisipkan CTA di tengah atau akhir presentasi. Pastikan ajakan begitu lantang dan jelas, jangan membuat berbagai macam pilihan
  7. Panitia menyediakan meja konsultasi bagi para peserta untuk menindaklanjuti audiens yang tertarik untuk berkolaborasi dan memfasilitasi pertemuan lanjutan jika belum tercapai kesepakatan saat pitching dilaksanakan.

Peserta Business pitching Koperasi BMI antara lain :

  1. Divisi Konstruksi Kopjas BMI
  2. Divisi Tour & Travel Kopjas BMI
  3. Divisi Diklat Kopjas BMI
  4. Divisi Percetakan Kopjas BMI
  5. Divisi Mekanikal & Elektrikal Kopjas BMI
  6. Divisi EO Kopjas BMI
  7. Divisi IT Kopjas BMI
  8. Divisi Toko Bangunan Kopmen BMI
  9. Divisi Café Kopi Rindoe Benteng Kopmen BMI
  10. Divisi Elektronik Kopmen BMI
  11. Divisi Migros Kopmen BMI
  12. Divisi Simpan Pinjam dan Pembiayaan Syariah Kopsyah BMI)

“Kami memberikan kesempatan kepada anggota BMI yang memiliki usaha cerdas dengan potensi masa depan yang cerah untuk menjadi bagian dari acara ini, nanti akan kita kurasi. Jadi silakan pada anggota BMI untuk mendaftar. Kita akan sertakan 3 anggota BMI atau bisa juga bertambah jumlahnya, kita lihat dulu potensi-potensi yang ada” tambahnya memberikan penjelasan.


Menutup penjelasannya Yayat mengatakan bahwa peserta dari mitra strategis terpilih 4 akan dikurasi. “Kita berharap mitra yang strategis bersama kita akan menjadi bagian dari acara ini. Dan untuk acara Gelar Lelang Ambulans sendiri, nanti akan dipresentasikan oleh divisi ZISWAF Kopsyah BMI. Semoga acara ini berlangsung lancar dan membawa angina baru bagi pengembangan bisnis koperasi yang kita sebut sebagai peradaban baru koperasi Indonesia” pungkas Yayat.

Kamaruddin Batubara, Presiden Direktur Koperasi BMI Bersama Teten Masduki, Menkopukm Saat Acara FundFest Di iNews Tower (14/12)

Kamaruddin Batubara, Presiden Direktur Koperasi BMI melalui saluran telp memberikan keterangan di sela-sela penyerahan rumah gratis melalui Program Hibah Rumah Siap Huni (HRSH) ke- 339 dan ke-340 di Kronjo, Tangerang mengatakan kegiatan BMI Coop Festival 2022 ini merupakan implementasi dari menciptakan konsepsi peradaban baru koperasi Indonesia.

“Koperasi harus menjadi besar dan dikelola professional. Karena hanya dengan cara ini koperasi akan menjadi mandiri, berkarakter dan bermartabat. Mengapa kita adakan gelar lelang ambulans, karena koperasi juga memiliki sendi pemberdayaan dan sosial” ujarnya membuka pernyataan.

Kamaruddin Batubara, Presiden Direktur Koperasi BMI Bersama Ahmad Zabadi, Deputi Perkoperasian Saat Acara FundFest Di iNews Tower (14/12)


Dalam pernyataan singkatnya ia menambahkan acara ini sudah disampaikan jajaran Kemenkopukm dan mendapat sambutan sangat positif. “Acara ini secara informal kami sudah sampaikan Pak Menteri Teten, juga ke Pak Deputi Perkoperasian (Red: Ahmad Zabadi) dan juga kita sampaikan Pak Bagus (Asdep Pengembangan dan Pembaruan Perkoperasian). Alhamdulilah Beliau-Beliau sangat menyambut baik kegiatan ini sebagai sarana membangun bisnis koperasi, anggota dan eksosistem bisnis koperasi yang semakin baik”pungkas Kamaruddin sambil menutup pembicaraan karena harus kembali fokus pada kegiatan penyerahan rumah gratis di Kronjo.

Kegiatan ini direncanakan akan dilaksanakan 24 Januari 2022, satu hari sebelum RAT Koperasi BMI yang digelar 25 Januari 2022. Informasi Humas dan Promosi Koperasi BMI : Admin (085211950755) & Sularto (081285127765). (Sularto/Klikbmi)

Share on:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.