Kadis Koperasi UKM Pandeglang : Kontribusi Kopsyah BMI Sudah Begitu Besar Untuk Warga Pandeglang

BMI Corner
Dalam Peresmian HRSH Kopsyah BMI Ke 369 Dan 370

وَفِىٓ أَمْوَٰلِهِمْ حَقٌّ لِّلسَّآئِلِ وَٱلْمَحْرُومِ

Dan pada harta-harta mereka ada hak untuk orang miskin yang meminta dan orang miskin yang tidak mendapat bagian. (QS Az-Zariyat : 19)

Pandeglang, Klikbmi.com – Kepala Dinas Koperasi UKM dan Indag Kabupaten Pandeglang Suaedi Kurdiatna menegaskan, Koperasi BMI tetap konsisten memberikan kontribusi positif dalam membangun kemandirian anggotanya lewat berkoperasi.  Kendati demikian, BMI tetap memegang teguh karakter serta jati dirinya yang bukan saja sebagai koperasi yang besar dan professional, namun juga memiliki kepedulian sosial yang tinggi

Hal itu diungkapkan Suaedi dalam penyerahan dua unit hibah rumah siap huni (HRSH) Koperasi Syariah Benteng Mikro Indonesia (Kopsyah BMI) di Kampung Cinusa, Kecamatan Munjul, Pandeglang, Kamis 30 Juni 2022.

Rumah gratis HRSH adalah unit ke 369 dan 370 diserahkan kepada Ibu Enah (non anggota BMI) dan Ibu Ecih (Anggota Kopsyah BMI). Dalam sambutannya, Suaedi mengajak tamu undangan yang hadir menjadi anggota Koperasi BMI. Spesialnya, Suaedi juga mengenalkan sejumlah program  pemberdayaan dan sosial kepada tamu undangan.

Penyerahan HRSH Kopsyah BMI ke 369 untuk Ibu Enah (non anggota) dan ke 370 untuk Ibu Ecih (anggota BMI) di Kampung Cinusa, Desa Munjul, Kecamatan Munjul, Pandeglang, Kamis 30 Juni 2022.

“Ibu-ibu dan bapak-bapak yang belum menjadi anggota Kopsyah BMI, segera bergabung. Karena di BMI kita bukan hanya mendapat permodalan, tapi juga jiwa sosial kita ikut terpanggil. Di BMI ada namanya zakat, infaq, sadaqah dan waqaf (ZISWAF) dari sanalah BMI bisa membuat banyak acara sosial termasuk rumah HRSH, sunatan massal, membangun sanitasi untuk masjid, sanitasi untuk warga yang tidak punya WC dan kamar dan masih banyak lagi,” terang Suaedi membuka sambutannya.

Bagi Suaedi, kontribusi sosial Kopsyah BMI begitu nyata. Dikatakanya, selama lima bulan menjabat Kadis Koperasi Pandeglang sudah dua kali menyaksikan BMI menyerahkan HRSH. Untuk itulah, ia tetap memenuhi semua undangan BMI.

Kepala Dinas Koperasi UKM dan Indag Kabupaten Pandeglang Suaedi Kurdiatna dalam peresmian HRSH Kopsyah BMI Unit ke 369 dan 370.

Saat menuju lokasi peresmian HRSH di Munjul, Mantan Camat Panimbang ini sempat tersesat. Lebatnya hutan karet dan sawit warga dan ketiadaan sinyal data, membuatnya mengambil jalur lain. Beruntung, panitia BMI menjemputnya dan langsung memberikan sambutannya di depan para warga.

“Kepedulian dan kontribusi Kopsyah BMI bagi warga Pandeglang sudah begitu besar. Rumah HRSH yang sudah dibangun di Pandeglang sudah 35 unit.Saya sudah tiga kali diundang BMI saat memberikan bantuan sosial. Satu kali pas saya jadi Camat Panimbang, dan sekarang jadi Kadis. Inilah buktinya (HRSH), bahwa Koperasi BMI bukan hanya memberikan modal, tapi juga kepedulian yang tinggi kepada Warga Pandeglang,” jelas Suaedi.

Lamun teu BMI nu ngundang, teu bakal urang kadieu (Kalau bukan BMI yang mengundang, saya nggak bakal ke sini),” tegasnya.

Suaedi pun mengapresiasi kerapihan pakaian para pengelola Kopsyah BMI yang kesemuanya memakai batik. Pakaian ini menjadi cerminan penghargaan koperasi terhadap anggotanya. ”Pakaian ini cerminan BMI kalau mereka benar-benar ingin mensejahterakan anggota bapak-ibu. Rapi dan cakep-cakep. Beda sama bank keliling, sudah seram, pakai motor hitam masuk gang-gang ngebut setengah mati,” terangnya.

Pemotongan pita penyerahan HRSH Kopsyah BMI unit ke 369 dan 370 di Kampung Cinusa, Desa Munjul, Kecamatan Munjul, Pandeglang, Kamis 30 Juni 2022.

Rumah gratis HRSH adalah unit ke 369 dan 370 diserahkan kepada Ibu Enah dan Ibu Ecih. Enah (51 tahun) merupakan penerima HRSH ke 369 berstatus non anggota asal Kampung Cinusa, RT 011, RW 006, Desa Munjul, Kecamatan Munjul.

Sementara Ibu Ecih (50 tahun) sudah empat tahun menjadi anggota Kopsyah BMI Pelayanan Cabang Menes. Penerima HRSH ke 370 itu berasal dari Kampung Kadubadak, RT 05, RW 02, Desa Babakanlor, Kecamatan Cikedal.

Selain Suaedi, Peresmian dihadiri Kades Munjul Iip Suramiharja, Perwakilan Desa Babakanlor dan Kecamatan Munjul serta puluhan tamu undangan lainnya. Kemudian dari Kopsyah BMI hadir Wakil Presdir Koperasi BMI Group Radius Usman dan Ketua Pengawas Operasional Kopsyah BMI Didi Budiharta.

Kemudian, Manajer ZISWAF Kopsyah BMI Casmita, Manajer Area 06 Hendrawan, Manajer Area 07 Sudrajat, Manajer Personalia Kopsyah BMI Abdul Hadi Saputera, Manajer Cabang Menes Prima Laksanawibowo dan Manajer Cabang Picung Syarif Hidayat.

Sebelum memberi sambutan, Wakil Presdir Koperasi BMI Group Radius Usman tak lupa membangkitkan semangat tamu undangan yang hadir dengan Pagi, pagi, joss!. mengatakan, bahwa koperasi hadir di Desa Munjul adalah untuk membangun kemandirian ekonomi warganya. Kepada desa, Koperasi BMI siap berkolaborasi mendongkrak potensi desa.

Wapresdir Koperasi BMI Group Radius Usman menyampaikan bahwa BMI hadir untuk membangun ekonomi gotong royong warga desa.

”Koperasi BMI tetap dan akan terus melaksanakan kewajibannya sebagai koperasi untuk memberikan kesejahteraan kepada anggota maupun non anggota. Seperti yang diperintahkan Allah SWT dalam QS Al Maidah Ayat 2 untuk saling tolong dalam kebaikan,” tegas Radius.

Radius mengatakan, Koperasi BMI akan terus melaksanakan ekonomi ta’awun, ini adalah tugas besar kita untuk membangun ekonomi gotong-royong.  BMI mengajak kepada warga Desa Munjul semua untuk terus meningkatkan optimisme sekalipun sedang sulit. Tidak ada yang tidak bisa kita lakukan jika kita lakukan bersama-sama.

Wapresdir Koperasi BMI Group Radius Usman menyematkan prasasti HRSH Kopsyah BMI.

Selain kepedulian yang tinggi, lanjut Radius, Koperasi BMI terus mendorong model sirkuit ekonomi melalui captive market-nya dan masyarakat. Dimana segala kebutuhan anggota dan masyarakat lainnya bisa dipenuhi koperasi. Salah satunya BMI Point dan jaringan warung anggota yang membangun konektivitas usaha antar anggota.

Radius mengatakan, banyak sektor usaha dijalankan Koperasi BMI bermuara untuk kesejahteraan anggota, atau dari anggota untuk anggota. “Perputaran uang tidak akan keluar, tapi berkutat diantara kita sendiri,” tukasnya.

Semantara Kades Munjul Iip Suramiharja, mengucapkan banyak terima kasih sekaligus memberikan apresiasi pada BMI yang terus memberikan hibah rumah. Menurutnya, BMI hadir untuk menambah semangat warga desa membangun tanah kelahirannya lebih baik lagi.

“Saya atas nama Desa Munjul mengucapkan terima kasih pada BMI. Dibangunnya HRSH BMI untuk warga kami begitu meredakan kekhawatiran kami. Dengan hadirnya BMI, usaha warga kami berangsur membaik dan saya ucapkan banyak terima kasih,” tandasnya.

Foto bersama di depan HRSH Kopsyah BMI ke 369 di Kampung Cinusa, Desa Munjul, Kecamatan Munjul, Pandeglang, Kamis 30 Juni 2022.

(Togar Harahap/Klikbmi)

Share on:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.