Kegembiraan Di Sudut Bogor

Edu Syariah

Nasehat Dhuha Senin, 23 Mei 2022 | 22 Syawal 1443 H | Oleh : Ustadz M Reza Prima, ME

Klikbmi, Tangerang – Di suatu pagi bertepatan pada hari kamis 21 April, di bulan Ramadhan yang diberkahi penulis memacu kendaraan ke sudut kabupaten bogor, ke Kecamatan Nanggung. Setelah melewati perjalanan panjang akhirnya tiba di Kecamatan Nanggung dan langsung menuju ke peresmian Hibah Rumah Siap Huni ke 359. Penerima hibah rumah tersebut adalah seorang ibu yang sudah berusia 67 tahun. Menuju acara, perjalanan sekitar sungguh mengagumkan karena masih asri dan lokasi acara menanjak ke bukit dan di bahu bukit tersebutlah rumah baru untuk Bu Emut diresmikan.

Dari pembicaraan penulis dengan kepala cabang BMI nanggung bapak Senoaji, ditambah pembicaraan dengan warga yang hadir, semuanya terkaget kagum dengan rumah baru Bu Emut. Menurut mereka bagaimana tidak kaget kagum, karena sebelumnya rumah Bu Emut adalah bangun lapuk dan rentan alias tidak kokoh serta mengkhawatirkan karena terancam roboh oleh hembasan angin kencang yang memang sering menghembus di bukit tersebut.

Masih tergambar wajah kebahagiaan Bu Emut ketika diserahkan kunci simbolis serah terima rumah, hingga beliau tak dapat berbicara lancar saking bahagianya. Hanya wajah senyum yang diiringi tawa bahagia dan sekali-kali tetap terlihat tak mampu menahan tangis harunya. Sekali-kali masih terlihat beliau mencoba menghapus air mata yang seolah tak dapat dibendung untuk tetap jatuh dari kedua-matanya. Sungguh suasana yang haru sekaligus membahagiakan.

Menurut seorang warga, seorang Ibu yang mengaku sebagai salah satu anggota Kopsyah BMI; yang juga tetangga Bu Emut, bahwa Bu Emut orang yang pantas mendapatkan bantuan Hibah Rumah Siap Huni dari Kopsyah BMI, karena Bu Emut itu, katanya, adalah anggota yang loyal, sudah menjada lama, kerja serabutan, benar-benar layak untuk mendapatkan hibah rumah tersebut. Benar-benar tepat sasaran menurutnya. Apalagi rumah Bu Emut itu sangat memperihatinkan, di  bukit, pinggirnya curam karena memang posisi rumah di bukit, sudah ‘reot’, ditakutkan roboh karena bangunan berupa kayu yang sudah melapuk sedangkan dindingnya adalah anyaman bambu yang tak kalah lapuknya dengan tiang-tiangnya. Hal ini mengingatkan kita kepada hadis Rasulullah SAW yang diriwayatkan dari sahabat Abu Hurairah:

عَنْ أَبِى هُرَيْرَةَ – رضى الله عنه – قَالَ قَالَ رَسُولُ اللَّهِ – صلى الله عليه وسلم – السَّاعِى عَلَى الأَرْمَلَةِ وَالْمِسْكِينِ كَالْمُجَاهِدِ فِى سَبِيلِ اللَّهِ – وَأَحْسِبُهُ قَالَ ، يَشُكُّ الْقَعْنَبِىُّ – كَالْقَائِمِ لاَ يَفْتُرُ ، وَكَالصَّائِمِ لاَ يُفْطِرُ

Diriwayatkan dari Abu Hurairah -semoga Allah meridhainya-, ia berkata bahwa Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam bersabda, “Orang yang berupaya membahagiakan para janda dan orang-orang miskin maka ia mendapatkan pahala orang yang berjuang di jalan Allah. Al-Qa’nabi berkata ragu-ketika meriwayatkan hadis ini-, “Pahalanya seperti orang yang shalat malam yang tidak pernah merasakan lelah, dan yang berpuasa yang tidak pernah berhenti berpuasa.” [H.R. Bukhari no. 5353 dan Muslim no. 2982]

***

Di suasana ramadhan yang berkah tersebut, penulis menyepatkan untuk mendekat ke rumah hibah tersebut, dan mencoba untuk melihat secara dekat wajah Bu Emut, yang ketika itu memakai kerudung hitam dan jubah (baju kurung) merah, terlihat kegembiraan yang tak terhitung. Berulang-ulang ia memeluk anaknya dan saudarinya sebagai wujud dari kebahagian yang tak terkira tersebut. Inilah yang disebut Rasulullah SAW sebagai upaya (sa’yun) membahagiakan seorang janda yang juga miskin; maka pahalanya adalah seperti pahala orang yang berjihad dan shalat malam yang tak lelah-lelah dan puasa yang tak buka-buka.

Dalam kesempatan itu pula, Bapak Yayat Hidayatullah, Direktur Operasional Kopsyah BMI, menceritakan nostalgianya ketika kisaran tahun 2004, ia beserta Bapak Presdir Kopsyah BMI, Kamaruddin Batubara, pernah datang ke Kecamatan Nanggung untuk belajar penerapan sistem Gremeen Bank. Dan sekarang, kata beliau mengingatkan, Kopsyah BMI datang untuk melayani warga Kecamatan Nanggung agar dapat mengangkat kesejahteraan warganya.

Sungguh suasana bahagia yang mengharukan di bulan Ramadhan. Mudah-mudahan Bu Emut sehat selalu dan selalu diliputi kebahagian selalu. Dan semoga seluruh pengurus Kopsyah BMI mendapatkan pahala yang dilipatgadakan, keberkahan hidup dan harta karena sudah dan telah memperjuangkan kebahagian untuk para janda dan orang miskin. [ ]

Mari terus ber-ZISWAF (Zakat,Infaq,Sedekah dan Wakaf) melalui rekening ZISWAF Kopsyah BMI 7 2003 2017 1 (BSI eks BNI Syariah) a/n Benteng Mikro Indonesia atau menggunakan Simpanan Sukarela : 000020112016 atau bisa juga melalui DO IT BMI : 0000000888. (Sularto/Klikbmi)

Share on:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.