Koperasi BMI Berani Melawan Mainstream Demi Kesejahteraan Bersama

Ekonomi

Ahmad Zabadi : Pengembangan usahanya didasarkan pada keyakinan bahwa usaha harus ada ikatan spiritual

Klikbmi.com, Tangerang – Koperasi BMI bisa menjadi role model pengembangan usaha koperasi lain di Indonesia, Konsep dan ide seperti ini sebenarnya yang direplikasi oleh Muhammad Yunus ( Grameen Bank) dari Bangladesh setelah terinspirasi oleh gerakan koperasi di Indonesia. Demikian diungkapkan oleh Sekretaris Deputi Kelembagaan Kementerian Koperasi dan UKM RI, Ahmad Zabadi, SH.,MM dalam sesi wawancara usai acara penyerahan hibah Rumah Siap Huni dari Kopsyah BMI kepada anggota dan masyarakat umum di Tangerang, Banten, Kamis (6/2).

Sekretaris Deputi Kelembagaan Kemenkop dan UKM RI, Ahmad Zabadi,SH.,MM (tengah) Bersama Presiden Direktur Koperasi BMI, Kamaruddin Batubara (berpeci), menggunting pita penyerahan hibah Rumah Siap Huni di Sepatan, Tangerang Kamis (6/2)

Ahmad Zabadi mengatakan bahwa saat ini Koperasi BMI telah mengaktualisasikan kembali konsep Muhammad Yunus ( Grameen Bank ) tersebut dalam pola pengembangan usahanya. ” Koperasi BMI ini dalam kegiatan usahanya sebenarnya melawan mainstream, Karena bisnis usahanya didasarkan pada keyakinan bahwa pengembangan usaha itu harus ada ikatan spiritual, ikatan yang sifatnya vertikal, yaitu bahwa koperasi bukan saja hanya berorientasi terhadap aspek usahanya saja, tetapi juga kepada peningkatan kesejahteraan seutuhnya, termasuk bagaimana mengembangkan potensi potensi yang dimiliki anggota melalui pengembangan zakat, infaq dan sodaqoh serta wakaf, yang langsung didonasikan kembali kepada anggota dan luar biasanya, non anggota juga dapat menikmati ini , ” Ujar Ahmad Zabadi.

Sekretaris Deputi Kelembagaan Kemenkop dan UKM RI, Ahmad Zabadi, SH.,MM (kiri) berbincang dengan Presiden Direktur Koperasi BMI, Kamaruddin Batubara (kanan) di depan Minimarket dan Grosir Pakuhaji Milik Kopmen BMI, Kamis (6/2)

Lebih lanjut Ahmad Zabadi mengatakan bahwa saat ini sudah ada koperasi lain yang mengadopsi model Koperasi BMI Syariah ini. ” Kemarin saya hadir pada acara Koperasi Ikatan Alumni Mahasiswa Tapanuli Bagian Selatan. Mereka dalam ide dasarnya jelas jelas mengadopsi model BMI Syariah ini. Jadi Koperasi BMI ini sudah menginspirasi koperasi lain untuk mengikuti jejaknya, ini sangat bagus, saya berharap Koperasi BMI bisa mendokumentasikan seluruh proses bisnis yang telah berjalan ini termasuk berbagai skema skema dalam upaya mewujudkan kesejahteraan anggota dan masyarakat seperti hibah rumah dan sebagainya. Termasuk bagaimana langkah visioner Koperasi BMI dalam upaya membangun masjid, rumah sakit gratis, rumah tahfidz dan lain lain. Ini harus didokumentasikan dan divisualisasikan dalam buku dan video visual lainnya, untuk menginspirasi semua koperasi di Indonesia, ” Ujar Ahmad Zabadi. Terkait dengan buku Model BMI Syariah yang launching pada saat RAT Tahun Buku 2019 lalu di Serpong, Ahmad Zabadi mengatakan bahwa buku Model BMI Syariah yang ditulis oleh Kamaruddin Batubara, Presiden Direktur Koperasi BMI ini merupakan salah satu buku terbaik dalam upaya pengembangan koperasi di Indonesia. ” Buku Model BMI Syariah dapat dikatakan sebagai best practice dalam upaya pengembangan koperasi di Indonesia,” Kata Ahmad Zabadi menutup pembicaraannya.(AH/Klikbmi)

Share on:

1 thought on “Koperasi BMI Berani Melawan Mainstream Demi Kesejahteraan Bersama

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.