Kopsyah BMI Serahkan Rumah Hibah Ke 247 Di Kosambi, Ke 248 Di Teluk Naga

BMI Corner
Penyerahan Hibah Rumah ke 247 di Kosambi (Foto Klikbmi/Dede)

Klikbmi.com, Tangerang – Hibah Rumah Siap Huni (HRSH) merupakan program Kopsyah BMI yang sangat membantu anggota dan non anggota yang sangat membutuhkan rumah layak huni namun terbatas dalam kemampuan ekonominya. Selasa, 11 Februari 2020, Kopsyah BMI kembali menyerahkan hibah rumah kepada Sumirah (59) yang merupakan rumah ke 247 hibah BMI kepada anggota koperasi. Hibah rumah diserahkan langsung oleh Presiden Direktur Kopsyah BMI, Kamaruddin Batubara. Hadir dalam upacara serah terima hibah hibah siap huni ke- 247  antara lain Tajdudin, mewakili Desa Salembaran Jaya, M Sarif Hidayat mewakili Camat Kecamatan Kosambi, Yeni Yuliawati  mewakli Dinas Koperasi dan UMKM Kabupaten  Tangerang. Hadir juga Eddy Hadiman mewakili Kementrian Koperasi dan UKM RI. Rumah Hibah yang ke 247 diserahkan di Kampung  Pemukiman  RT. 002 RW. 010 Desa Salembaran Jaya Kecamatan  Kosambi Kabupaten Tangerang.

Foto Bersama Penyerahan Rumah Hibah ke 247 Di Kosambi

Setelah penyerahan Hibah Rumah ke 247 yang diserahkan di Kecamatan Kosambi. Selanjutnya penyerahan hibah rumah siap huni yang  ke 248. Rumah hibah yang ke 248 juga diserahkan hari ini kepada Nacih (54). Acara yang dilangsungkan di Kampung Kebon kelapa  RT.02 RW.07 Desa Kampung Melayu Timur Kecamatan Teluknaga Kabupaten Tangerang. Hadir pada kesempatan ini, dari Kementrian Koperasi dan UKM RI pejabat yang sama dengan penyerahan rumah ke 247, demikian juga pejabat dari Dinas Koperasi dan UMKM Kabupaten Tangerang masih diwakili oleh Yeni Yuliawati.

Pada penyerahan rumah ke 247, acara dibuka dengan doa oleh Ustadz Toni yang memanjatkan doa keselamatan bagi semua yang hadir dan juga seluruh anggota koperasi.  Presiden Direktur Kopsyah BMI pada kesempatan ini menyampaikan program hibah rumah siap huni ini berasal dari keuntungan dan bukan dari infaq murni. Oleh karena itu semua anggota harus mendukung dengan meningkatkan simpanan uang dan terus  berdoa. “ Doakan kami ya Ibu-Ibu agar kami istiqomah dengan program ini, pokoknya jangan takut membelanjakan harta di jalan Allah, karena sesuai janji Allah akan diganti berkali lipat” papar Kamaruddin Batubara dalam sambutannya. Tajdudin mewakli Desa Salembaran Jaya, setelah acara menyampaikan infaq sebesar Rp 2 juta. Disampaikan oleh Manajer Ziswaf Kopsyah BMI, Casmita,” Alhamdulillah Pak Tadjudin tadi menyerahkan infaq senilai Rp 2 juta semoga bermanfaat buat kita semua”, ketika ditemui Klikbmi setelah penyerahan hibah rumah ke 247.

Penyerahan Kunci Rumah Secara Simbolis Oleh Eddy Hadiman, Mewakili Kementrian Koperasi Dan UMKM RI

Sekwilcam Kosambi,  M Sarif Hidayat mewakili Camat,  dalam sambutannya menekankan perlunya berdoa untuk memperoleh ridhlo dan rahmat Allah SWT. Sarif juga menekankan manfaat dari Kopsyah BMI bagi warga masyarakat khususnya yang menjadi anggota Kopsyah BMI. “Ayo semua yang sudah jadi anggota  Kopsyah BMI untuk menyimpan jangan hanya meminjam saja, kami juga atas nama pemerintah kecamatan mengapresiasi keberadaan dan kemanfaatan Kopsyah BMI” Sarif menjelaskan dalam sambutannya.

Dari dinas Koperasi dan UMKM Kabupaten Tangerang, Yeni Yuliawati, Kabid Koperasi dan UKM. Dalam sambutannya menekankan pentingnya anggota Kopsyah BMI disamping meminjam juga  harus rajin dalam berzakat, infaq, sedekah dan wakaf. Dia juga memberikan keyakinan bahwa Kopsyah BMI sudah seperti bank, jadi jangan ragu lagi dengan Kopsyah BMI. “Kopsyah BMI maju, Kabupaten Tangerang gemilang dan masyarakat  sejahtera”,  Yeni dalam sambutannya pada penyerahan hibah rumah ke 247 sangat yakin jika masyarakat berkoperasi akan sejahtera.

Pneyerahan Hibah Rumah ke 248 Di Teluk Naga (Foto Klikbmi/Dede)

Eddy Hadiman, Kabid Penguatan dan Pengembangan Usaha Kementrian Koperasi dan UMKM RI menyampaikan bahwa kementrian koperasi sangat memberikan apresiasi terhadap kinerja Kopsyah BMI dan berharap Kopsyah BMI dapat mewakili Indonesia sebagai koperasi besar di dunia.  Eddy juga menekankan BMI manfaatnya dunia akherat. 

Dalam kesempatan ini Sumirah menyapaikan terima kasih karena rumahnya yang awalnya sangat tidak layak huni sekarang sudah bagus. “Saya dan keluarga sangat berterima kasih kepada Kopsyah BMI karena rumah saya dibangun hingga bagus seperti ini” ucap Sumirah dalam kesempatan dia berbicara di depan tamu undangan. Sumirah adalah anggota Kopsyah BMI Cabang Kosambi. Tujuh tahun yang lalu rumah Sumirah pernah roboh karena bangunan yang sudah termakan usia, dari sisa-sisa kayu yang ada dan gotong royong warga sekitar rumah Sumirah dibangun kembali. Karena sudah lama kondisi bangunan sekarang pun sudah tidak layak huni lagi, jika hujan rumah bocor karena atap sudah bolong dan di dalam rumah pun banjir. Saat ini untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari Sumirah berjualan pakaian bekas dan dari suaminya sebagai Hansip yang penghasilannya tidak menentu.

Penyerahan rumah Ke 248 di Teluk Naga

Penerima hibah rumah ke 248 adalah Nacih yang merupakan anggota Kopsyah BMI Cabang Teluk Naga yang sekarang hanya menjadi anggota penabung saja, sebelumnya Nacih pernah mengakses pembiayaan sebesar Rp. 7.000.000 periode ke-10. Dengan penghasilan sebagai tukang cuci dan mengandalkan gaji karyawan dari cucunya mereka berusaha memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari. Sepeninggal suaminya Nacih tinggal bersama satu orang anak beserta cucu-cucunya. Ternyata Nacih saat ini juga sedang sakit.

Presiden Direktur Kopsyah BMI, Kamaruddin Batubara meminta manajer Ziswaf untuk sekalian membantu pengobatan kepada Nacih yang sedang sakit. Dalam sambutan hibah rumah ke 248 Kamaruddin Batubara menyampaikan kepada seluruh anggota untuk giat dalam menyimpan juga berinfaq, sedekah dan wakaf. “ Kalo saja kita semua anggota yang 200 ribuan ini berinfaq Rp 1000,- saja maka akan terkumpul Rp 200 juta, bakal jadi 4 rumah, belum lagi kalo kita semua rajin berwakaf. Ada yang pengin doanya dikabulkan seperti Ibu Sumirah ini gak Ibu-Ibu?”, Kamaruddin Batubara setengah bertanya pada yang hadir . “Ayo Ibu rajin berdoa, sholat Tajahud dan Dhuha agar rejeki kita diperbanyak oleh Allah SWT”. Pada kesempatan penyerahan rumah ke 247 dan ke 248, Kamaruddin Batubara menekankan pentingnya bersyukur dan terus berusaha dengan disertai doa.

Rumah Sumirah Sebelum dan Sesudah Dibangun

Ditemui setelah acara acara Miftah Shuritho, Sekwilcam Kecamatan Teluk Naga menyampaikan ucapan terima kasih kepada Kopsyah BMI karena telah membantu progam pemerintah mewujudkan rumah layak huni bagi masyarakat Teluk Naga. “ Kami berterima kasih Kopsyah BMI telah membantu masyarakat kami dan memang masih banyak dari warga kami yang masih terkendala dengan rumah layak huni, semoga Kopsyah BMI terus dengan program ini” ujar Miftah sesaat setelah acara berlangsung.

Rumah Nacih Sebelum dan sesudah Dibangun

Yeni Yuliawati pada kesempatan penyerahan hibah rumah ke 248 kembali menekankan, jangan sampai ibu-ibu terjebak bangke atau bank emok alias rentenir. Dan menekankan jangan hanya meminjam untuk konsumtif kalo bisa untuk buka usaha. Eddy Hadiman, pada kesempatan yang sama mengajak masyrakat yang hadir pada acara serah terima rumah ke 248 ini untuk menjadi anggota Kopsyah BMI agar meningkat kesejahteraannya. Eddy mengulang sambutan pada acara sebelumnya, “ Menjadi Kopsyah BMI melahirkan kebahagiaan dunia akherat”  seraya meyakinkan pada hadirin.

Penerima hibah rumah ke 248, Nacih merupakan anggota Penyimpan dengan total Simpanan Rp 1.191.739,-.  Pembiayaan terakhir  yang di terima Rp 7 juta  dan sudah lunas, menjadi anggota selama 10 Tahun dan beralamat Alamat : Kampung Kebon Kelapa  RT.02 RW.07 Desa Kampung Melayu Timur Kecamatan  Teluknaga Kabupaten Tangerang.  Ditemui klikbmi, Nacih menceritakan rumahnya sebelum dibangun sangat tidak layak, jika hujan turun air hujan dengan mudah masuk ke dalam rumah lewat atas genteng yang bocor, rumah itu juga kerap banjir jika musim hujan. “Syukur Alhamdulillah saya ucapkan kepada Allah SWT karena harapan saya mempunyai rumah yang nyaman dikabulkan Allah SWT Kopsyah BMI”, ujar Nacih. (Sularto/klikbmi.com)

Share on:

1 thought on “Kopsyah BMI Serahkan Rumah Hibah Ke 247 Di Kosambi, Ke 248 Di Teluk Naga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.