Pokona mah iri we ka Kopsyah BMI…

BMI Corner

Klikbmi.com, Lebak – Koperasi adalah warisan dari leluhur kita, founding father bangsa kita, Drs.Mohammad Hatta. Seharusnya, menurut Bung Hatta,  koperasilah yang menjadi badan hukum bisnis kita, karena koperasi menganut azas kekeluargaan dan gorong royong yang sesuai dengan karakteristik bangsa ini.  Dalam pidatonya sebagai Wakil Presiden dalam Kongres Ekonomi di Yogyakarta tahun 1946, Mohammad Hatta menegaskan bahwa pengelolaan ekonomi setelah zaman perang harusnya adalah pengelolaan ekonomi yang tolong menolong untuk mewujudkan kesejahteraan bersama. Demikian disampaikan oleh Presiden Direktur Koperasi BMI, Kamaruddin Batubara pada Rabu (14/10) dalam acara Pertemuan Umum yang diselenggarakan oleh Kopsyah BMI Cabang Bayah di Aula Desa Darmasari, Kecamatan Bayah Kabupaten Lebak Provinsi Banten.

Kopsyah BMI dalam usianya menginjak 18 tahun operasional, konsisten terus berbuat nyata dalam upaya mewujudkan kesejahteraan bersama. Menurut Kamaruddin Batubara, Kopsyah BMI selama ini hadir dengan tujuan mewujudkan kesejahteraan bersama, anggota pada khususnya dan masyarakat pada umumnya. “ Kopsyah BMI bisnis utamanya adalah simpan pinjam dan pembiayaan syariah. Tetapi Bapak/Ibu tidak mesti pinjam, bisa hanya menyimpan saja , dengan begitu uang kita bisa bermanfaat bagi saudara kita yang membutuhkan, karena  sangat membantu dalam pemberdayaan anggota. Dalam operasionalnya, Kopsyah BMI berlandaskan prinsip koperasi dan ekonomi syariah, yang ajarannya adalah mencari keuntungan dunia akhirat, tidak zalim, jujur, amanah, peduli terhadap orang lain, bersyukur dan qanaah (merasa cukup). Bapak/ Ibu yang hendak menjadi anggota Kopsyah BMI, mulailah bismillah, berdagang yang jujur, tidak mengurangi timbangan dan kecurangan lainnya supaya hidup kita berkah dan mendapat ridha Allah “ ujar Kamaruddin Batubara.

Presiden Direktur Koperasi BMI, Kamaruddin Batubara (kedua kanan) memberikan sambutan dalam acara Pertemuan Umum di Desa Darmasari Kec. Bayah , Foto : Dede/klikbmi

Hingga saat ini Kopsyah BMI berkomitmen untuk terus menjalankan fungsi sosialnya dengan baik. Bahkan sampai saat ini sudah 275 unit rumah, dihibahkan kepada anggota dan masyarakat yang sangat membutuhkan. “ Kita menjalankan fungsi sosial kita dengan sebaik baiknya. Hibah rumah untuk anggota dan masyarakat yang tidak mampu konsisten kita lakukan hingga saat ini mencapai 275 unit rumah, full gratis dari Kopsyah BMI. Ada juga gerakan sajadah dan Al Quran (Geser Dahan), 1000 unit kita hibahkan sajadah dan Al Quran  tiap tahun kepada masyarakat, Santunan anak yatim dan duafa, Beasiswa program Paket C untuk anak anak anggota bahkan lima unit ambulan gratis beserta supir dan operasionalnya untuk anggota dan masyarakat yang membutuhkan, “ ujar Kamaruddin Batubara.

Presdir Koperasi BMI, Kamaruddin Batubara memberikan santunan kepada anak yatim dalam acara Pertemuan Umum di Desa Darmasari Kec. Bayah, Foto : Dede/klikbmi

Selain simpan pinjam dan  pembiayaan syariah, Kopsyah BMI juga menghimpun zakat, infaq, sedekah dan wakaf dalam operasionalnya. “ Tahun 2019 Kopsyah BMI dinobatkan sebagai Nazhir Wakaf Terbaik tingkat Nasional, hingga wakaf nya mencapai 8,4 milliar rupiah saat itu. Anggota kita ajak untuk mendisiplinkan diri untuk ber infaq minimal 1000 rupiah per minggu dan ber wakaf 2000 rupiah per minggu. Infaq digunakan untuk menyelenggarakan kegiatan kegiatan sosial seperti tadi di atas dan wakaf kita bertujuan untuk membeli sawah produktif 100 Ha, membangun rumah sakit gratis untuk anggota, membangun tempat pendidikan terpadu mulai SD hingga Perguruan tinggi dan membangun masjid yang refresentatif. Jadi mari masyarakat Desa Darmasari, semua menjadi anggota Kopsyah BMI dan saling tolong menolong untuk mewujudkan kesejahteraan bersama“ ujar Kamaruddin Batubara menutup sambutannya.

Sementara itu Manager Area 12 Kopsyah BMI, Nashadi,S.Pd dalam paparannya menjelaskan bahwa Kopsyah BMI adalah Koperasi yang sudah dikenal luas sebagai koperasi yang modern dan berbasis pemberdayaan anggota. Nashadi menjelaskan bahwa Kopsyah BMI sudah memiliki legalitas formal yang sah dan berhak menjalankan usahanya di seluruh wilayah Indonesia. Nashadi juga mengatakan bahwa Kopsyah BMI saat ini memiliki 65 Cabang di wilayah Banten dan kabupaten Bogor. “ Kopsyah BMI adalah koperasi yang resmi memiliki NIB (Nomor Izin Berusaha) dari Pemerintah dan NIK (Nomor Induk Koperasi) dari kemenkop dan UKM. Jadi legalitasnya tidak perlu diragukan lagi. Kami bukan koperasi abal abal ataupun kaleng kaleng, tapi koperasi yang betul betul menjalankan fungsi ekonomi dan sosialnya dengan baik, banyak sekali program pemberdayaan anggota dan kegiatan sosial yang sudah kami lakukan selama ini, seperti hibah rumah siap huni, sanitasi masjid musholla dan pesantren, santuanan duafa, pemberdayaan anggota dalam bidang pertanian dan peternakan, keterampilan menjahit dan sablon, program paket C anak anggota dan lain lain, “ ujar Nashadi menjelaskan.

Manager Area 12 Nashadi memberikan penjelasan mengenai Kopsyah BMI kepada masyarakat di aula Desa Darmasari , Foto : Dede/klikbmi

Pertemuan Umum yang dilakukan di Desa Darmasari Kecamatan Bayah ini merupakan salah satu tahapan awal dari proses rekrutmen anggota model BMI Syariah. “ Pertemuan ini penting sekali sebagai pintu masuk atau tahapan awal rekrutmen anggota Kopsyah BMI yang berkualitas dan mengerti akan hak dan kewajibannya sebagai anggota koperasi nantinya. Dalam pertemuan umum ini kita jelaskan mengenai koperasi, manfaat dan tujuannya serta pengenalan profile Kopsyah BMI kepada masyarakat setempat hingga nantinya dengan kesadaran sendiri mereka bersedia menjadi anggota Kopsyah BMI, “ ujar Nashadi.

Sekretaris Camat Kecamatan Bayah, Dra. Sri Mustika yang hadir mewakili Camat Bayah, mengatakan dalam sambutannya bahwa dirinya atas nama Pemerintah Kecamatan Bayah merasa senang dengan kehadiran Kopsyah BMI di desa Darmasari tersebut. Sri Mustika menegaskan bahwa Kopsyah BMI selama ini dikenal sebagai koperasi yang memiliki program sosial yang nyata. “ Saya merasa gembira Kopsyah BMI sudah hadir di sini, semoga dengan adanya Kopsyah BMI, masyarakat di sini kesejahteraannya semakin meningkat, “ urai Sri Mustika.

Sekcam Bayah, Sri Mustika memberikan santunan dari Kopsyah BMI untuk anak yatim, Foto : Dede/klikbmi

Sri Mustika juga menitipkan masyarakat Desa Darmasari kepada Kopsyah BMI. “ Saya titipkan warga Desa Darmasari ini Pak, untuk dibimbing terus dan dibantu oleh Kopsyah BMI. Saya lihat antusiasme nya juga tinggi, penuh semangat. Dulu belum pernah kejadian di desa ini setiap pertemuan warga atau rapat Desa Darmasari dilakukan pagi hari. Mereka selalu menolak karena sibuk bekerja. Biasanya kita yang ngalah, pertemuan di undur sore atau malam. Tapi ketika Kopsyah BMI mengundang,kok bisa ya masyarakat Darmasari datang dengan kompak dan penuh semangat. Pokona mah iri we ka Kopsyah BMI, kita saja sering mengalah jika mereka gak bisa, eh Kopsyah BMI malah bisa pagi menyelenggarakan acara ini, artinya sudah ditunggu tunggu , ” ujar Sri Mustika.

Sementara itu, Sekretaris Desa Darmasari, Ruyani mengatakan bahwa dirinya berterima kasih atas kehadiran para petinggi Kopsyah BMI di Desa Darmasari. “ Suatu kehormatan buat kami, Bapak Ketua Pengurus Kopsyah BMI, berkenan hadir di sini. Luar biasa. Saya mengajak seluruh warga Desa Darmasari untuk menjadi anggota Kopsyah BMI, “ ujar Ruyani.

Sekdes Darmasari, Ruyani, (baju putih) memberikan santunan kepada anak yatim dalam acara Pertemuan Umum di Desa Darmasari, Foto : Dede/klikbmi

Hadir dalam acara Pertemuan Umum tersebut yakni Presiden Direktur Koperasi BMI, Kamaruddin Batubara, Pengawas Kopsyah BMI, Drs.H.Machdiar, MSi, Manager Area 12 Nashadi, Manager Ziswaf, Casmita dan Manager Cabang  Bayah, Khoerul Umam. Dari pihak eksternal hadir Sekretaris Camat Kecamatan Bayah, Dra. Sri Mustika dan Sekretaris Desa Darmasari Ruyani beserta segenap tokoh masyarakat dan sejumlah tamu undangan lainnya. (AH/klikbmi

Share on:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.