Sebaik-Baik Nasehat

Edu Syariah

Nasehat Dhuha Jumat, 31 Desember 2021| 26 Jumadil Awal 1443 H | Oleh : Fakhry Fadhil, S.Sy , M.H

Klikbmi, Tangerang – Tema kita hari sebaik-baiknya nasehat. Sering kali kita dilanda kebingungan dalam menyelesaikan  masalah. Kadang kita butuh nasehat atau saran dari orang di sekitar kita. Jika kita diminta memberikan nasehat kita berkewajiban untuk menasehati, seperti sabda Rasulullah bahwa ada enam hak atas muslim kepada muslim lainya dan salah satunya adalah saling menasehati.

فَإِذَا اسْتَنْصَحَكَ أَخُوكَ فَانْصَحْ لَهُ

“Jika saudaramu meminta nasehatmu, berilah nasehat untuknya.” (HR. Muslim dari Abu Hurairah radhiallahu ‘anhu)

Saling menasehati dalam kebaikan merupakan upaya menyelamatkan seseorang terjerumus dari kerugian di dunia dan akhirat. Selain itu memberikan nasehat juga merupakan urusan pokok di dalam agama Islam, sebagimana Allah subhanahu wa ta’ala berfirman,

  وَٱلۡعَصۡر ١   إِنَّ ٱلۡإِنسَٰنَ لَفِي خُسۡرٍ ٢   إِلَّا ٱلَّذِينَ ءَامَنُواْ وَعَمِلُواْ ٱلصَّٰلِحَٰتِ وَتَوَاصَوۡاْ بِٱلۡحَقِّ وَتَوَاصَوۡاْ بِٱلصَّبۡرِ ٣

“Demi masa. Sesungguhnya manusia itu benar-benar berada dalam kerugian, kecuali orang-orang yang beriman, mengerjakan amal saleh, dan nasehat-menasehati supaya menaati kebenaran, serta nasehat-menasehati supaya menetapi kesabaran.” (Al-‘Ashr: 1—3)

Ayat tersebut menjelaskan betapa pentingnya untuk saling menasehati  agar senantiasa tetap berada di jalan kebenaran sesuai dengan ajaran Allah SWT, dan supaya selau bersabar apabila menghadapi sebuah masalah.

Sebaik-baiknya nasehat adalah nasehat yang berlandasakan Al-quran, As-sunnah dan para ulama terdahulu, selain itu nasehat tersebut sangatlah berharga untuk kita, karena apabila seorang yang menerima nasehat berarti dia telah berusaha untuk menyelamatkan dirinya dari kesalahan dan kerugian.

Mari kita simak QS An Nisa Ayat 58 berikut ini :

58. Sungguh, Allah menyuruhmu menyampaikan amanat kepada yang berhak menerimanya, dan apabila kamu menetapkan hukum di antara manusia hendaknya kamu menetapkannya dengan adil. Sungguh, Allah sebaik-baik yang memberi pengajaran kepadamu. Sungguh, Allah Maha Mendengar, Maha Melihat.

Ayat di atas menyatakan bahwa Allah adalah sebaik-baiknya pemberi nasehat. Sesungguhnya Allah memberi pengajaran yang sebaik-baiknya kepadamu. Sesungguhnya Allah Maha Mendengar lagi Maha Melihat,” ini merupakan pujian dari Allah bagi perintah-perintah-Nya dan larangan-larangan-Nya, karena mencakup kemaslahatan dunia dan akhirat dan menolak kemudharatan pada keduanya, karena sesungguhnya Dzat yang mensyariatkannya adalah Maha Mendengar lagi Maha Melihat, yang tidak ada sesuatu pun yang tersembunyi bagiNya dan Dia mengetahui kemaslahatan hamba, yang mereka sendiri tidak mengetahuinya.

Orang yang menolak nasehat berarti dia telah menghadapkan dirinya ke dalam kerugian, sebagaimana yang dialami oleh umat terdahulu yang dibinasakan oleh Allah SWT ketika menolak nasehat dari para nabi.

Jadi marilah kita saling nasehat – menasehati dalam kebenaran, serta nasehat-menasehati supaya menetapi kesabaran. Itulah sebaik-baiknya nasehat.

Mari terus ber-ZISWAF (Zakat,Infaq,Sedekah dan Wakaf) melalui rekening ZISWAF Kopsyah BMI 7 2003 2017 1 (BSI eks BNI Syariah) a/n Benteng Mikro Indonesia atau menggunakan Simpanan Sukarela : 000020112016 atau bisa juga melalui DO IT BMI : 0000000888. (Sularto/Klikbmi)

Share on:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.