Silaturahmi Tingkat Tinggi

Edu Syariah

Nasehat Dhuha Minggu, 23 Januari 2022| 15 Jumadil Akhir 1443 H | Oleh : Sularto

Klikbmi, Tangerang – Makna silaturahmi dalam masyarakat kita dimaknai berjenjang. Ada yang mulai dari sekedar berkunjung. Bahkan saling sapa serta sekedar bersalaman tangan disebut silaturahmi. Namun ada yang memaknai silaturahmi sebagai kunjungan antar teman dan saudara. Secara bahasa, silaturahmi berasal dari kata shilah yang memiliki arti hubungan dan rahim artinya kerabat. Rahim sendiri juga berasal dari kata Ar Rahmah yang berarti kasih sayang atau menjalin kekerabatan.

Hal ini sebagaimana dalam salah satu hadits riwayat Bukhori, yang artinya: “Bukanlah bersilaturrahim orang membalas kunjungan atau pemberian, tetapi yang bersilaturrahim adalah yang menyambung apa yang putus.”

Silaturahmi juga dimaknai sebagai kunjungan untuk membuka kerjasama dalam berbagai bidang. Kunjungan ke lembaga pendidikan tinggi juga disebut sebagai silaturahmi. Misalnya ada kunjungan dari instansi A ke B maka bisa disebut sebagai ajang silaturahmi A ke B. Demikian juga pertemuan yang saling mengakrabkan juga disebut silaturahmi.

Mari kita lihat QS. Ar-Ra’d Ayat 21 :

(21) dan orang-orang yang menghubungkan apa yang diperintahkan Allah agar dihubungkan, dan mereka takut kepada Tuhannya dan takut kepada hisab yang buruk.

Lalu apa itu silaturahmi tingkat tinggi? Silaturahmi tingkat tinggi adalah bentuk menyambung persaudaraan dan kerjasama yang atas kerjasama ini kebermanfaatannya untuk masyarakat luas. Senin besok, 24 Januari 2022, Koperasi BMI menyelenggarakan acara BMI COOP FESTIVAL 2022. Kegiatan ini memiliki tujuan mulai untuk menyambungkan kerjasama berbagai pihak yang bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan bersama.

Karena pentingnya silaturahmi melalui ajang ini Bapak Teten Masduki (Menteri Koperasi dan UKM), Bapak Ahmed Zaki Iskandar (Bupati Tangerang) dan Bapak Kamaruddin Batubara (Presiden Direktur Koperasi BMI) berkenan untuk mengajak ikut serta pada event silaturahmi ini.

Simak ajakan Menkopukm : https://www.youtube.com/watch?v=bHITuBeKIqQ

Simak ajakan Bupati Tangerang :https://www.youtube.com/watch?v=bHITuBeKIqQ

Simak ajakan Presiden Direktur Koperasi BMI : https://www.youtube.com/watch?v=voJ7hemu8gg

Semoga Allah SWT memberikan kelancaran atas kegiatan mulia ini. Kegiatan ini bukan hanya berdimensi silaturahmi tetapi juga berdimensi sedekah. Karena di dalamnya akan diadakan donasi untuk pengadaan ambulans BMI. Kegiatan ini terbuka bagi siapa saja, dan bisa dilakukan baik luring atau datang langsung maupun daring (online). Untuk kelancaran acara panitia tentu akan memberikan ketentuan agar semua berlangsung dengan baik.

Sahabat pembaca nasehat dhuha yang dirahmati Allah SWT, setelah membaca nasehat ini lalu membagikan kepada teman-teman dekat dan mitra bisnis kita, insyallah  juga termasuk bagian dari menyambung silaturahmi.

Keutamaan menjaga silaturahmi dalam Islam adalah dapat memperpanjang umur dan melapangkan rezeki. Mengunjungi anggota keluarga dan sanak saudara merupakan salah satu cara untuk menciptakan kerukunan dan keharmonisan. Selain itu silaturahmi merupakan amalan yang memiliki nilai pahala besar. Seseorang yang senantiasa menjaga tali silaturahmi maka Allah akan melapangkan rezeki dan memperpanjang umurnya. Keutamaan menjaga silaturahmi dalam Islam ini sebagaimana yang tercantum dalam sebuah hadis berikut, Rasulullah SAW bersabda:

“Barangsiapa yang ingin diluaskan rezekinya dan dipanjangkan umurnya, maka sambunglah tali silaturahmi.” (HR. Bukhari – Muslim).

Menjaga dan memperkuat silaturahmi sangat penting dilakukan oleh setiap muslim. Hal ini bukan hanya bermanfaat di dunia saja, akan tetapi keutamaan menjaga silaturahmi dalam Islam ini sekaligus untuk kebaikan di akhirat nanti.

Mari bersama menjadi bagian dari kegiatan silaturahmi besar bertajuk BMI COOP FESTIVAL 2022 ini. Jika kita bisa datang langsung dan tempat masih terbuka  kita bisa ikutan acara ini secara langsung. Jika karena jarak yang jauh maka kita bisa ikutan melalui zoom meeting atau melalui live streaming youtube BMI NEWS. Namun jika kita sedang ada ada agenda lain, ikutan mengajak ikut serta pada acara ini insyallah sudah merupakan bentuk dari menyambungkan silaturahmi. Semoga kita semua diluaskan rezeki kita dan dipanjangkan umur kita. Mari menjadi bagian dari silaturahmi tingkat tinggi ini. Informasi melalui Sularto 081285127765 (Wa dan telepon).

Sahabat BMI Kliker juga bisa mendaftar melalui formulir pendaftaran :https://docs.google.com/forms/d/e/1FAIpQLScWe7m_u4FtffAkZSUYUaARyUCYi2BoRy3eP7alcLD5OhN3Xw/viewform

Mari terus ber-ZISWAF (Zakat,Infaq,Sedekah dan Wakaf) melalui rekening ZISWAF Kopsyah BMI 7 2003 2017 1 (BSI eks BNI Syariah) a/n Benteng Mikro Indonesia atau menggunakan Simpanan Sukarela : 000020112016 atau bisa juga melalui DO IT BMI : 0000000888. (Sularto/Klikbmi)

Share on:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.