BMI Tebar Cinta Lewat Ramadhan Berbagi

BMI Corner Info ZISWAF

عَنْ حَكِيْمِ بْنِ حِزَامٍ رَضِيَ اللهُ عَنْهُ عَنِ النَّبِيِّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ : اَلْيَدُ الْعُلْيَا خَيْرٌ مِنَ الْيَدِ السُّفْلَى، وَابْدَأْ بِمَنْ تَعُوْلُ، وَخَيْرُ الصَّدَقَةِ عَنْ ظَهْرِ غِنًى، وَمَنْ يَسْتَعْفِفْ يُعِفَّهُ اللهُ، وَمَنْ يَسْتَغْنِ يُغْنِهِ اللهُ

Tangan yang di atas lebih baik daripada tangan yang di bawah. Dan mulailah dari orang yang menjadi tanggunganmu. Dan sebaik-sebaik sedekah adalah yang dikeluarkan dari orang yang tidak membutuhkannya. Barangsiapa menjaga kehormatan dirinya maka Allâh akan menjaganya dan barangsiapa yang merasa cukup maka Allâh akan memberikan kecukupan kepadanya.” (HR. Bukhari no.1429, Muslim no.1033)

TANGERANG – Empat hari berturut-turut, Divisi Zakat, Infaq, Sedekah dan Wakaf (ZISWAF) Kopsyah BMI menyalurkan takjil dan wakaf mushaf Al Quran di pekan kedua Bulan Ramadhan. Dua rumah anak yatim, tiga pondok pesantren dan satu Rumah Tahfidz di Kabupaten Tangerang menjadi tempat disalurkannya santunan yang dikemas dengan nama Ramadhan Berbagi sejak Selasa (20/4) lalu. Penyerahan tidak berpusat pada takjil dan Al Quran, BMI juga menyerahkan bantuan Gerakan Seribu Sajadah dan Al Quran (Geser Dahan)

Selain santunan, BMI juga ikut buka puasa bersama para santri dan yatim saat acara berlangsung. Diketahui, santunan takjil dan Mushaf Al Quran ini berasal dari karyawan dan anggota BMI yang mulai digalang sejak dua pekan sebelum masuk bulan puasa.

INSYA ALLAH BERKAH : Santunan Takjil BMI dan geserdahan sekaligus berbuka puasa bersama 30 anak yatim piatu di Yayasan Simpul Kelurahan Binong, Kecamatan Curug, Tangerang, Selasa (20/4).

Santunan pertama di berikan kepada 30 anak yatim piatu di Yayasan Simpul Kelurahan Binong, Kecamatan Curug, Tangerang, Selasa (20/4). Selain diisi acara buka bersama, BMI juga menyerahkan bantuan Geserdahan.

Keesokan harinya, Manajer ZISWAF Kopsyah BMI Casmita bersama dua stafnya, H Puryadi dan Sarwo Edi kembali menyalurkan 90 paket takjil dan 20 Al Quran tikrar kepada 67 santri Pondok Pesantren Al Falah, Kampung Salimah, Desa Sukamanah, Jambe, Tangerang. Selain santunan, BMI juga menyerahkan geserdahan berupa 73 Al Quran dan 20 sajadah.

Ayo ikut berbagi bersama program BMI di Bulan Ramadhan, selengkapnya baca di : BMI Sambut Ramadhan Dengan Paket Wakaf Al Quran Dan Takjil

Selang sehari, tim ZISWAF bersama Direktur Operasional Koperasi BMI Yayat Hidayatullah menyerahkan santunan kepada 90 santri Ponpes Al Badar, di Jayanti, Tangerang, Kamis (22/4). Di hari yang sama, santunan juga diberikan kepada 45 santri Sirojul Atfal di Desa Cibugel, Cisoka, Tangerang.

Manajer ZISWAF Kopsyah BMI Casmita mengatakan, meski akhir pekan pun, agenda penyaluran santunan tetap diberikan. Pada Jumat (23/4), giliran Rumah Quran di Desa Gintung, Sukadiri Tangerang disambangi tim Ziswaf Kopsyah BMI. Di sini, BMI menyalurkan 40 paket takjil, 10 Al Quran Tikrar, 5 sajadah dan 5 Al Quran.

Hadiah lebaran untuk Kusnah dari BMI, selengkapnya baca di : HRSH BMI Jadi Kado Lebaran Termanis Untuk Kusnah

”Acara ini berbarengan dengan penyerahan paket takjil kepada 30 anak yatim piatu yang diasuh oleh Yayasan Kreasi Anak, Sepatan Timur, Tangerang. Selain Takjil, BMI juga menyerahkan 10 Al Quran Takrir dan program geserdahan,” paparnya.         

RAMADHAN BERBAGI : Direktur Operasional Koperasi BMI Yayat Hidayatullah, staf Ziswaf BMI H Puryadi dan Manajer Kopsyah BMI Cabang Jayanti Sandi Sumantri berfoto bersama dalam santunan sekaligus berbuka puasa di Ponpes Al Badar, Jayanti, Tangerang, Kamis (22/4).

Jika diakumulasikan, sambung  Casmita, santunan takjil dan Al Quran telah diberikan kepada 60 anak yatim piatu, 202 santri dan 30 calon tahfidz (penghafal Al Quran) mulai Selasa hingga Jumat (20-23/4).

”Direncanakan masih ada 10 tempat lagi yang belum disalurkan. Satu di Pandeglang, Satu di Bogor, Satu di Kabupaten Serang, sementara tujuh lagi ada di Kabupaten Tangerang. Kami memohon doa dari anggota BMI agar kegiatan ini mendapatkan kelancaran,” jelasnya.  

Terpisah, pengasuh sekaligus pendiri Pondok Pesantren Al Falah KH Madsuri Ahan mengaku bersyukur dan mengapresiasi bantuan dari BMI. Dikatakanya, bantuan dari BMI akan meningkatkan kompetensi hafalan bagi 30 lebih santrinya.

”Kami atas nama Pondok Pesantren Al Falah mengucapkan banyak terima kasih kepada Kopsyah BMI. Semoga BMI mendapatkan keberkahan selama Bulan Ramadhan 1442 Hijriah,” ujarnya.

Santunan Dhuafa BMI Terus Bertambah, selengkapnya baca di : Terus Bertambah, BMI Salurkan 115 Santunan Dhuafa Setiap Bulan

Sementara Presiden Direktur Koperasi BMI Kamaruddin Batubara mengatakan, wakaf Al Quran dan takjil memberikan kesempatan pahala dan kebaikan yang jariyah bagi siapapun yang melakukannya. Al Quran wakaf akan dibaca oleh ustad mau pun santri yang akan mengalirkan pahala kepada para wakif. Sementara, takjil memberikan kemudahan saudara-saudara kita yang tak mampu untuk berbuka.

Agenda Ramadhan Berbagi kepada 45 santri Sirojul Atfal di Desa Cibugel, Cisoka, Tangerang, Kamis (22/4).

”Pandemi belum selesai. Saat ini banyak orang yang mengalami kesulitan. Ini merupakan waktu yang tepat untuk bergerak membantu saudara kita yang membutuhkan. Tentunya, BMI akan berupaya secara maksimal dalam menyalurkan bantuan kepada para penerima manfaat, dan berharap kebaikan yang diamanahkan memberikan kemaslahatan luas bagi saudara-saudara kita yang membutuhkan,” ujarnya.

Dijelaskannya, sedekah adalah bukti benarnya keimanan seseorang. Seseorang yang mengeluarkan sedekah berarti dia merasa yakin akan kebenaran janji Allah SWT bahwa terdapat pahala untuk orang yang bersedekah. Hal ini juga menunjukkan iman seseorang bahwa dia pasrah atas rizki yang digariskan oleh Allah SWT.”Alhamdulillah, pada bulan yang penuh rahmat dan ampunan ini, BMI terus meningkatkan program sosialnya kepada anggota dan masyarakat,” sambungnya.

Selain program takjil dan wakaf Al Quran, ujar Kamaruddin , sejumlah program sosial BMI makin ditingkatkan. Seperti Geser Dahan, Sanitasi Dhuafa, Sanitasi Mesjid Musholla dan Pesantren (SANIMESRA), Santunan Pendidikan, Santunan Yatim dan Dhuafa, ambulan gratis dan masih banyak lagi.

”Ini merupakan semangat koperasi BMI yang terus menerus mengajak anggota untuk saling bergotong royong membantu sesama perintah Allah SWT di Surah Al Maidah ayat 2 ; Dan tolong-menolonglah kamu dalam (mengerjakan) kebajikan dan takwa, dan jangan tolong-menolong dalam berbuat dosa dan permusuhan,” tandasnya.

(gar/KLIKBMI)

Share on:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *