Kopsyah BMI Bangun Sanitasi Gratis Untuk Masjid Al Hikmah Subang

BMI Corner

وَحَنَانًا مِّن لَّدُنَّا وَزَكَوٰةً ۖ وَكَانَ تَقِيًّا

Dan rasa belas kasihan yang mendalam dari sisi Kami dan kesucian (dan dosa). Dan ia adalah seorang yang bertakwa, (QS Maryam : 13)

Subang, Klikbmi.com – Presiden Direktur Koperasi BMI Grup Kamaruddin Batubara menegaskan sangat menjunjung tinggi filosofi koperasi sesuai ajaran Bung Hatta. Koperasi harus punya misi sosial yang tinggi, oleh karena itu kita selalu tunjukkan kepada anggota dan masyarakat bahwa koperasi harus hadir di tengah kesulitan masyarakat.

Salah satu bentuk implementasinya adalah program Sanitasi Mesjid, Mushola dan Pesantren (Sanimesra). Sanimesra merupakan program sosial Kopsyah BMI untuk masyarakat luas khususnya untuk pemenuhan kelengkapan sarana MCK dan tempat wudhu bagi masjid, pesantren dan musholla.

BACA JUGA : BMI Berbagi Tanpa Batas

”Kita ini sebetulnya adalah dai – dai muamalah. Kita ini pejuang syariah. BMI sangat konsen dalam upaya ini, makanya kita punya program Sanimesra. BMI juga memiliki program sanitasi untuk kaum dhuafa yang kita sebut dengan Sanitasi Dhuafa,” jelas pria yang karib disapa Kambara itu.

Kasie Sosial Kelurahan Sukamelang Subang Cucu Sunarsih meletakkan batu pertama pembangunan Sanimesra di Masjid Al Hikmah, Subang, Jawa Barat, Senin 23 Mei 2022.

Kopsyah BMI terus fokus pada tujuannya, sebagai koperasi pemberdayaan dan sosial. Dari data Divisi Zakat, Infaq, wakaf dan Sadaqah (ZISWAF) Kopsyah BMI, Di tahun 2021, sebanyak 145 unit Sanimesra telah dibangun lewat zakat anggota BMI. BMI telah membangun unit-unitnya di Tangerang (71 unit), Serang (36 unit), Pandeglang (18 unit), Lebak (14 unit) dan Kabupaten Bogor ( 6 unit). Dan terus bertambah hingga sekarang.

Tepatnya di Hari Senin 23 Mei 2022, Kopsyah BMI menggelar peletakan batu pertama Sanimesra di Masjid Al Hikmah, RT  Kelurahan Sukamelang, Kecamatan Subang, Jawa Barat. Acara peletakan bata pertama disaksikan langsung oleh Kasie Sosial Kelurahan Sukamelang Cucu Sunarsih dan Ketua DKM Masjid Al Hikmah Deden Wahyudin berserta Ketua RW 02 Kasid dan Ketua RT 024 Ridwan. Sementara dari pihak BMI yakni Manajer Area 13 Misjaya dan Manajer Cabang Subang Hadi Sunandi.

Manajer Cabang Subang Hadi Sunandi mengecek fasilitas Masjid Al Hikmah sebelum dibangun ulang oleh Kopsyah BMI.

Manajer Cabang Subang Hadi Sunandi mengatakan Masjid Al Hikmah sebenarnya telah memiliki fasilitas tempat wudhu. Namun, kondisinya sudah tak layak. Puluhan tahun berdiri, masjid ini pun tak memiliki sarana MCK. Sehingga diputuskan untuk membangun dan menghibahkan sarana tersebut melalui program SANIMESRA.

BACA JUGA : Amazing! Kopsyah BMI Bangun 145 Unit Sanimesra Dan 138 Sanitasi Untuk Dhuafa

”Kopsyah BMI berbahagia bisa membantu jamaah Masjid Al Hikmah dan warga sekitar, mudah mudahan bermanfaat bagi semuanya. Harapannya semoga ini bisa dirawat dengan baik, dijaga kemanfaatannya, dan menjadi ladang pahala bagi anggota yang sudah berinfaq di Kopsyah BMI, ” terang Hadi.

Sementara, Sekretaris Kelurahan Sukamelang Cucu mengucapkan apresiasinya atas program sosial dari BMI yang mendukung pembangunan spiritual di desanya. “Kami sangat terbantu atas program sanimesra dari BMI ini. Apalagi ini daerah tempat kelahiran saya. Saya mewakili Kelurahan Sukamelang  mengucapkan terima kasih sebanyak-banyaknya atas bantuan sanitasi dari Kopsyah BMI untuk masjid di kampung kami,” terangnya.

Foto bersama usai peletakan batu pertama.

Di lokasi yang sama, Manajer Area 13 Misjaya mengatakan bahwa program Sanimesra merupakan implementasi dari peran sosial Kopsyah BMI. BMI menjalankan fungsi dan peran sosial kita sebagai Koperasi.

”Alhamdulillah, Kopsyah BMI selalu hadir di tengah anggota dan masyarakat ketika mereka dalam kesulitan, kita pupuk rasa kebersamaan dan gotong royong yang menjadi nilai luhur koperasi. Ini semua juga berkat kepedulian baik anggota dan karyawan yang menyalurkan infaq secara rutin di Kopsyah BMI. Infaq dari Bapak dan Ibu semua kami salurkan untuk kemaslahatan umat dan memberikan manfaat untuk masyarakat luas, Insha Allah benilai ibadah buat kita semua. Salah satu caranya adalah dengan menjadi anggota Kopsyah BMI,” tandasnya.

(Togar Harahap/Klikbmi)

Share on:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.