Makmurkan Masjid, Sekuriti BMI Gelar Aksi Bersih-bersih Total Sudah 300 Masjid Disambangi

BMI Corner

اِنَّمَا يَعْمُرُ مَسٰجِدَ اللّٰهِ مَنْ اٰمَنَ بِاللّٰهِ وَالْيَوْمِ الْاٰخِرِ وَاَقَامَ الصَّلٰوةَ وَاٰتَى الزَّكٰوةَ وَلَمْ يَخْشَ اِلَّا اللّٰهَ ۗفَعَسٰٓى اُولٰۤىِٕكَ اَنْ يَّكُوْنُوْا مِنَ الْمُهْتَدِيْنَ

“Sesungguhnya hanya yang memakmurkan masjid-masjid Allah ialah orang-orang yang beriman kepada Allah dan hari akhir, serta tetap mendirikan shalat, menunaikan zakat dan tidak takut (kepada siapapun) selain kepada Allah, Maka merekalah orang-orang yang diharapkan Termasuk golongan orang-orang yang mendapat petunjuk”. (QS. At-Taubah: 18)

Klikbmi, Tangerang – Islam mengajarkan pemeluknya hidup bersih. Sebagai pelaksanaan ajaran agama, Kopsyah BMI mewujudkannya melalui aksi bersih – bersih di masjid seluruh pelayananya. Kegiatan yang dilakukan sekuriti Koperasi BMI itu dihelat setiap minggu.

Chief Security Kopsyah BMI Sumaryo mengatakan, kegiatan yang dimulai pertengahan 2018 itu telah menyambangi 300 unit masjid. Hampir dua tahun, kegiatan ini sempat vakum karena PPKM pandemi Covid-19, dan kembali digelar setelah pembatasan mulai diperlonggar.

Baca Juga : Bagi-Bagi 6 Rumah Gratis Pekan Ini, Koperasi BMI Seperti Sultan Tajir Melintir

”Alhamdulillah, setelah pembatasan mulai dilonggarkan, aksi bersih-bersih masjid oleh sekuriti Kopsyah BMI kembali dilakukan. Sabtu lalu, kami menyambangi Masjid Al Munawaroh di Kecamatan Malingping, Lebak,” terang Sumaryo kepada Klikbmi, Senin 15 November 2021.

Dijelaskannya, selain untuk menunjukkan kepedulian terhadap masjid, program ini Juga sebagai sarana sekuriti Kopsyah BMI memperkenalkan Koperasi BMI kepada masyarakat luas di pelayanan tersebut. Alat bersih untuk aksi tersebut dibawa BMI sendiri.

Sekuriti BMI di Area 07 tengah menyapu masjid Al Munawaroh Malingping Kabupaten Lebak, Sabtu 13 November 2021.

”Kepada para pengurus DKM, kami sampaikan misi bersih-bersih ini selain untuk memakmurkan masjid, kami juga mengenalkan bahwa pelayanan koperasi BMI dan kegiatan sosial maupun pemberdayaannya,” ujarnya.

Sumaryo menuturkan, gerakan bersih-bersih ini mulai pada pagi hari mulai pukul 08.00 hingga 10.00 WIB. Tim sekuriti Kopsyah BMI melakukan kegiatan mengepel lantai, membersihkan sarana toilet, jendela hingga pelatarannya. Setelah itu dilanjutkan dengan salat zuhur berjamaah.

”Hingga pada saat Salat Zuhur tiba, masjid sudah bersih dan para jamaah bisa beribadah dengan nyaman. Alhamdulillah, kegiatan ini mendapat sambutan antusias masyarakat dan DKM Masjid,” jelasnya.

Baca Juga : Pesan Dari Kosambi, Hibah Rumah Ke- 326 Ini Menunjukkan Kopsyah BMI Bukan Sekedar Simpan Pinjam

Setelah kegiatan selesai, sambung dia, BMI kemudian menyalurkan alat kebersihan seperti kain pel, sapu dan lain-lain kepada pengurus DKM. . “Semoga dengan adanya kegiatan ini, masjid menjadi semakin terawat, jamaah semakin nyaman dalam beribadah, dan bisa sama-sama menjaga kebersihan di lingkungan masjid,” ucap Sumaryo.  

Sekadar diketahui, Kopsyah BMI terus berusaha menjadi yang terdepan dalam memakmurkan masjid . Di tahun 2021, BMI telah membangun 30 unit sanitasi gratis untuk masjid,mushola dan pesantren. BMI juga membantu pembangunan di 117 tempat masjid, mushola, ponpes dan majlis taklim. Semua pembangunan berasal dari anggaran Zakat, Infaq, Sadaqah dan Wakaf (ZISWAF) Kopsyah BMI.  

Kegiatan bersih-bersih Kopsyah BMI di Masjid Al Munawaroh, Malingping, Lebak.

Terpisah, Presiden Direktur Koperasi Kamaruddin Batubara mengatakan bahwa kegiatan  merupakan perwujudan dan implementasi Model BMI Syariah. “Jadi Model BMI Syariah yang kita jalankan ini memang bukan sekedar simpan pinjam. Kita menjalankan 5 instrumen dan 5 pilar. Jadi kegiatan sosial dan spiritual memang nafas kita. Kalau kita tidak melakukan kegiatan sosial dan spiritual ini maka kita tidak lagi bisa bernafas. Atau kita mending tidak ada jika kita tidak memberikan manfaat kepada anggota dan masyarakat” jelas pria yang akrab disapa Kambara itu.

Kenal Lebih Dekat Dengan Kopsyah BMI, Koperasi Simpan Pinjam dan Pembiayaan Syariah Terbesar di Banten Klik Di Sini

Koperasi syariah, lanjut Kambara, bukan saja dilandasi oleh semangat keluargaan dan kegotong-royongan tetapi juga menjadi penyebar ibadah muamalah sebagai implikasi dari pelaksanaan ajaran Al Qur’an dan Al Hadist.

”BMI tentunya mengapresiasi tim sekuriti yang terus bersemangat dalam kegiatan bersih-bersih masjid ini. Insya Allah, apa yang telah kita lakukan benilai ibadah buat kita semua. Saya mengajak mari kita tingkatkan infaq dan sedekah kita melalui Kopsyah BMI,” terangnya.

(Togar Harahap/Klikbmi)

Share on:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.