Pesan Pak Mukhlis Kades Sukasari

Edu Syariah

Nasehat Dhuha Rabu, 13 April 2022| 11 Ramadhan 1443 H | Oleh :  Sularto

Klikbmi, Tangerang – Puasa Ramadhan telah selesai 10 hari. Selasa malam, Redaksi melalui saluran telepon menghubungi Pak Mukhlis, Kades Sukasari, Kecamatan Rajeg, Kabupaten Tangerang, Provinsi Banten. Kades penggemar Sukarno ini memang telah menjalin komunikasi yang sangat baik dengan Kopsyah BMI. Atensinya kepada Kopsyah BMI begitu besar karena Beliau telah merasakan sendiri manfaat keberadaan Kopsyah BMI di desanya.

Salah satu warganya belum lama ini telah menerima hibah rumah atau rumah gratis melalui program Hibah Rumah Siap Huni (HRSH) dari Kopsyah BMI.

Bukan itu saja Pak Kades juga merasakan manfaat ekonomi yang dirasakan oleh warganya yang menjadi anggota Kopsyah BMI. Menjadi anggota Kopsyah BMI memberikan manfaat ekonomi berupa kemampuan literasi keuangan atau kemampuan mengatur keuangan untuk meningkatkan kesejahteraan warganya.

Sebagai pemimpin bagi warga Desa Sukasari yang telah 3 kali menjabat Kades, Beliau sangat berterima kasih atas bantuan kepada Ibu Tini yang rumahnya dibangun oleh Kopsyah BMI. Ibu Tini yang beralamat di Kp. Bolang RT. 004 RW. 01 Desa Sukasari Kecamatan Rajeg Kabupaten Tangerang menerima rumah gratis dari Kopsyah BMI. Ibu Tini mendapatkan rumah gratis senilai Rp 55 juta. Biaya pembangunan rumah berasal Rp 2 juta dari keluarga dan Rp 53 juta dari Kopsyah BMI.  Beliau sangat berterima kasih dan mengucap rasa syukur yang mendalam atas bantuan Kopsyah BMI ini.

Baca juga : https://klikbmi.com/mustajabnya-merutinkan-doa-setelah-sholat-fardhu/

Mewakili masyarakat Desa Sukasari dan mewakili Ibu Tini yang akhirnya mendapatkan rumah gratis yang ke-352 yang dibagikan oleh Kopsyah BMI dan merupakan rumah gratis ke-214 yang diberikan di Kabupaten Tangerang, Kades yang ramah ini  bukan saja berterima kasih tetapi juga sangat terharu.

Swafoto Pak Mukhlis, Kades Sukasari, Kecamatan Rajeg, Kabupaten Tangerang Bersama Kamaruddin Batubara, Presiden Direktur Kopsyah BMI di depan rumah Ibu Tini (Rumah Gratis Dari Kopsyah BMI Untuk Ibu Tini)

“Sebelumnya saya ucapkan terima kasih kepada Kopsyah BMI yang diprakarsai oleh Pak Kamaruddin Batubara” ujarnya membuka kalimat ucapan terima kasih.

Lebih lanjut Beliau menambahkan walaupun Bu Tini sudah mengucapkan terima kasih tetapi atas nama Kepala Desa atau pimpinan desa. “Intinya saya mengucapkan terima kasih kepada Kopsyah BMI dan mudah-mudahan Kopsyah BMI ke depan lebih maju dan lebih banyak lagi rumah-rumah yang bisa dibangtu oleh Kopsyah BMI ini. Yang sangat luar biasa menurut saya, dengan biaya Rp 55 juta. Dengan kondisi Bu Tini yang sebatang kara mungkin akan sangat sulit untuk membangun rumah ini kembali. Bahkan saat peresmian saya mengucurkan air mata Pak” ujar Kades Sukasari ini pada acara Ketok Pintu yang dipandu langsung oleh Kamaruddin Batubara.

Simak program Ketok Pintu : https://www.youtube.com/watch?v=eTpP6J8OgwA

Selasa malam, pukul 20.10 WIB Pak Kades kembali berpesan melalui wa kepada redaksi, “Koperasi BMI sangat membantu masyarakat yang kurang mampu, ini sesuai dengan ajaran Islam. Tolong – menolonglah kamu dalam kebaikan dan Allah akan menolong hamba-Nya selama hambanya mau menolong saudaranya” inilah pesan Pak Kades Sukasari kepada Kopsyah BMI.

Dari pesan ini kita dapat mengambil beberapa hikmah antara lain :

1. Sebagai pemimpin Beliau telah memberikan teladan untuk senantiasa bersyukur atas nikmat yang diperoleh. Hal ini sesuai dengan pesan Surah Ibrahim ayat 7 :

وَاِذْ تَاَذَّنَ رَبُّكُمْ لَىِٕنْ شَكَرْتُمْ لَاَزِيْدَنَّكُمْ وَلَىِٕنْ كَفَرْتُمْ اِنَّ عَذَابِيْ لَشَدِيْدٌ

Dan (ingatlah) ketika Tuhanmu memaklumkan, “Sesungguhnya jika kamu bersyukur, niscaya Aku akan menambah (nikmat) kepadamu, tetapi jika kamu mengingkari (nikmat-Ku), maka pasti azab-Ku sangat berat.”

2. Sebagai pemimpin Beliau terus mendorong masyarakatnya untuk memperbaiki perikehidupan menjadi lebih baik dengan mengajak masyarakatnya untuk berkoperasi. Hal ini selaras dengan ajaran Islam bahwa mukmin yang kuat lebih disukai daripada mukmin yang lemah. Hal ini sesuai dengan HR Muslim yang artinya :

 “Mukmin yang kuat lebih baik dan lebih dicintai Allah daripada Mukmin yang lemah; dan pada keduanya ada kebaikan,”

3. Sebagai pemimpin Beliau telah memberi ruang pada berdirinya koperasi yang merupakan wahana tolong-menolong dalam mengembangkan kebaikan.

 وَتَعَاوَنُوْا عَلَى الْبِرِّ وَالتَّقْوٰىۖ وَلَا تَعَاوَنُوْا عَلَى الْاِثْمِ وَالْعُدْوَانِ ۖوَاتَّقُوا اللّٰهَ ۗاِنَّ اللّٰهَ شَدِيْدُ الْعِقَابِ

Artinya : Dan tolong-menolonglah kamu dalam (mengerjakan) kebajikan dan takwa, dan jangan tolong-menolong dalam berbuat dosa dan permusuhan. Bertakwalah kepada Allah, sungguh, Allah sangat berat siksaan-Nya.

4.Sebagai pemimpin Beliau memberikan keyakinan bahwa bahwa siapapun yang melalukan kebaikan, Allah akan membalas dengan kebaikan pula. Pesan Pak Kades ini sesuai dengan isi surat Ar Rahman ayat 60 :


هَلْ جَزَاۤءُ الْاِحْسَانِ اِلَّا الْاِحْسَانُۚ

Tidak ada balasan untuk kebaikan selain kebaikan (pula).

Keempat intisari pesan Pak Mukhlis memberikan semangat pada Kopsyah BMI agar terus menerus meningkatkan kinerja dalam memberikan manfaat seluruh anggota dan masyarakat. Kepada seluruh anggota Kopsyah BMI untuk terus meningkatkan partisipasi baik berupa simpanan maupun sedekahnya (ZISWAF). Dan kepada masyarakat yang belum menjadi anggota Kopsyah BMI, Pak Kades juga mengajak untuk menjadi anggota Kopsyah BMI.

Mari terus ber-ZISWAF (Zakat,Infaq,Sedekah dan Wakaf) melalui rekening ZISWAF Kopsyah BMI 7 2003 2017 1 (BSI eks BNI Syariah) a/n Benteng Mikro Indonesia atau menggunakan Simpanan Sukarela : 000020112016 atau bisa juga melalui DO IT BMI : 0000000888. (Sularto/Klikbmi)

Share on:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.