Sat-Set! BMI Kirim Bantuan Untuk Rumah Roboh Milik Penjaga Sekolah Asal Kota Tangerang

BMI Corner

اللَّهُمَّ اكْفِنَا بِحَلاَلِكَ عَنْ حَرَامِكَ وَأَغْنِنَا بِفَضْلِكَ عَمَّنْ سِوَاكَ

“Ya Allah, limpahkanlah kecukupan kepada kami dengan rizqi-Mu yang halal dari memakan harta yang Engkau haramkan, dan cukupkanlah kami dengan kemurahan-Mu dari mengharapkan uluran tangan selain-Mu.” (HR. Tirmidzi no. 3563)

Kota Tangerang, Klikbmi.com – Koperasi Syariah Benteng Mikro Indonesia (Kopsyah BMI) mengirimkan bantuan material untuk renovasi rumah Siti Aminah, Warga RT 01, RW 04, Kelurahan Ketapang, Kecamatan Cipondoh, Kota Tangerang. Ambruknya atap rumah Siti Aminah akibat hujan lebat yang melanda Tangerang, pertengahan Mei lalu.

Senyum dan tangis bercampur menjadi satu saat Manajer Cabang Cipondoh Khaerul Umam menyerahkan bantuan kepada Ibu Siti Aminah. Ibu Aminah sendiri baru bergabung dua bulan menjadi anggota Kopsyah BMI Rembug Pusat Kelapa Gading.

BACA JUGA : Alhamdulillah, BMI Salurkan Bantuan Bahan Bangunan Untuk 9 Keluarga Korban Kebakaran Di Mauk

Kondisi atapnya yang sudah ambrol sudah diketahui Aminah sejak setahun lalu. Keterbatasan biaya, membuat ia mengurungkan niatnya untuk merenovasi rumah tersebut. Siti Aminah hanyalah seorang ibu rumah tangga, sementara sang suami seorang Penjaga Sekolah SD Ketapang yang penghasilan bulanannya habis untuk mengasapi dapur. Dengan kondisi tersebut, mereka harus menghidupi dua anaknya.

Atap rumah Siti Aminah yang ambrol akibat hujan deras di Kelurahan Ketapang Cipondoh Kota Tangerang.

”Alhamdulillah, banyak banyak  terima kasih kepada Kopsyah BMI yang sudah membantu rumah kami. Padahal saya baru dua bulan menjadi anggota BMI. Saya berdoa mudah-mudahan, Kopsyah BMI semakin besar agar bisa membantu banyak orang lagi, amin,” ujar Aminah usai menerima bantuan.  

Khaerul Umam mengungkapkan, jebolnya atap rumah itu membuat Siti Aminah beserta suami dan dua anaknya mengungsi ke rumah kerabat. Sebenarnya, kondisi atap rumah yang sudah lapuk telah terjadi beberapa tahun silam.

Kejadian ini langsung mendapat perhatian dari Kopsyah BMI. Dalam kunjungannya ke kediaman Siti Aminah, Kopsyah BMI menyerahkan bantuan material berupa semen dan beberapa bahan material yang dibutuhkan.

BACA JUGA : Sigap! BMI Kirim Bantuan Ke Ibu Dan Anak Yang Rumahnya Hangus Terbakar Di Jambe

Bantuan material dari Kopsyah BMI mendapat sambutan hangat oleh Keluarga Siti Aminah dan para tetangganya. Oleh warga, material bangunan dipindahkan dari truk ke rumah secara estafet. Bahan material itu berasal dari Koperasi Konsumen Benteng Muamalah Indonesia (Kopmen BMI).

”Setelah mendapatkan laporan dari anggota di RP Kelapa Gading, Kopsyah BMI langsung melakukan survei dan Alhamdulillah, bantuan renovasi langsung disetujui oleh Ketua Pengurus Kopsyah BMI Bapak Kamaruddin Batubara,” terang Umam saat penyerahan bantuan.

Penyerahan bantuan santunan rumah roboh Kopsyah BMI oleh Manajer Cabang Cipondoh Khaerul Umam kepada Ibu Siti Aminah.

Umam mengatakan, bantuan ini berasal dari dana kebajikan BMI. Bahan material juga berasal Koperasi Konsumen BMI. Bantuan material untuk rumah warga yang tak mampu merupakan salah satu kegiatan sosial yang rutin dilakukan Koperasi BMI sepanjang tahun.

BACA JUGA : Mau Daftar Jadi Anggota Kopsyah BMI, Cek Di Sini

Umam mengatakan bantuan ini merupakan cerminan gotong royong dan Sesuai firman Allah dalam Surat An-Nisa Ayat 36, “Sembahlah Allah dan janganlah kamu mempersekutukan-Nya dengan sesuatu pun. Dan berbuat baiklah kepada dua orang ibu bapak, karib kerabat, anak yatim, orang miskin, tetangga yang dekat dan tetangga yang jauh, teman sejawat dan ibnu sabil.”

“Ayat ini menjelaskan secara ringkas tentang anjuran berbuat baik dan memberi bantuan kepada keluarga dan kaum kerabat. Bahkan Allah SWT mendahulukan keperluan mereka atas kelompok lain, seperti orang miskin, tetangga, anak-anak yatim, ibnu sabil dan lain sebagainya,” terangnya.

Terpisah, Presiden Direktur Koperasi Sekunder Benteng Madani Indonesia Kamaruddin Batubara berharap, bantuan dari Kopsyah BMI bisa meringankan beban Ibu Siti Aminah dan keluarga.”Kopsyah BMI berharap bantuan ini mampu meringankan beban Ibu Siti Aminah. Bantuan material merupakan bentuk kepedulian Kopsyah BMI yang tidak hanya diberikan kepada anggota, melainkan juga kepada masyarakat,” jelasnya.

Ia menjelaskan bahwa Koperasi BMI menekankan pada dua hal. Pertama sebagai koperasi, BMI ingin mewujudkan kesejahteraan  baik bagi anggota maupun masyarakat. Dan dengan prinisp syariah, Koperasi BMI mencari keberkahan.

 “Koperasi BMI mengajak masyarakat berkoperasi untuk sejahtera bersama. Semua orang bisa sejahtera dengan koperasi. Bantuan seperti yang diberikan kepada Ibu Aminah adalah peran bahwa Koperasi tumbuh dengan semangat saling berbagi tidak hanya untuk anggota, namun juga masyarakat lainnya. Dan kami sangat menjunjung tinggi nilai syariah.  Pelaksanaan syariah ini adalah untuk mendapatkan keberkahan dunia akherat” ujar pria yang karib disapa Kambara itu.

(Togar Harahap/Klikbmi)

Share on:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.