100 Marbot Di Banten & Jabar Dapat Bingkisan Lebaran Koperasi BMI

BMI Corner

وَحَنَانًا مِّن لَّدُنَّا وَزَكَوٰةً ۖ وَكَانَ تَقِيًّا

Dan rasa belas kasihan yang mendalam dari sisi Kami dan kesucian (dan dosa). Dan ia adalah seorang yang bertakwa, (QS Maryam : 13)

Tangerang, Klikbmi.com – Sebanyak 100 marbot masjid mendapat bingkisan lebaran dari Koperasi BMI. Penyerahan dilakukan mulai H-10 hingga H-2 lebaran. Demikian keterangan Manajer Zakat, Infaq, Sadaqah dan Wakaf (ZISWAF) Kopsyah BMI Casmita kepada Redaksi Klikbmi. Casmita mengatakan, bingkisan lebaran diberikan untuk 100 marbot yang tersebar di 14 Area Pelayanan BMI baik di Provinsi Banten dan Jawa Barat.

BACA JUGA :Keluarga ODGJ Dapat Rumah Gratis Koperasi BMI Ke 361

”Alhamdulillah, bingkisan lebaran dari pengurus, pengawas dan karyawan Koperasi BMI telah dibagikan sebelum lebaran,” ujar Casmita.

Penyerahan bingkisan lebaran untuk marbot di Cabang Mekarbaru, Kabupaten Tangerang.
Penyerahan bingkisan lebaran untuk marbot di Cabang Mekarbaru, Kabupaten Tangerang.

Casmita mengatakan, penyerahan santunan diberikan langsung oleh para manajer area dan manajer cabang di wilayah pelayanan BMI. Bingkisan yang diberikan berupa sarung, kemeja koko, kurma langsung disambut baik oleh para marbot.

”Penyerahan bingkisan lebaran ini merupakan program rutin Kopsyah BMI selamara Ramadhan yang yang diikhtiarkan untuk membahagiakan para anak yatim, fakir miskin, marbot masjid hingga saudara-saudara kita yang ODGJ,” terangnya.

Penyerahan bingkisan lebaran untuk Marbot di Cabang Jasinga,Kabupaten Bogor.
Penyerahan bingkisan lebaran untuk Marbot di Cabang Jasinga,Kabupaten Bogor.

Selain Marbot, BMI Juga Bahagiakan 1.000 Anak Yatim

Sekedar info, Koperasi BMI juga memberikan santunan 1.000 anak yatim di 14 Area Kopsyah BMI dan bingkisan lebaran untuk 22 penghuni Panti ODGJ BMI-Darul Iman, Desa Wanakerta, Sindangjaya, Kabupaten Tangerang. Selama Ramadhan 1443 H atau April 2022, Kopsyah BMI juga meresmikan lima unit hibah rumah siap huni (HRSH) yang tersebar di Kabupaten Tangerang, Kota Serang, Kabupaten Pandeglang dan Kabupaten Bogor.

BACA JUGA : Banyak Yang Menjanjikan, BMI Yang Mewujudkan

”Bulan Maret lalu juga, Koperasi BMI juga membagikan 6 unit rumah gratis yakni 3 di Kabupaten Tangerang, 2 di Kabupaten Lebak dan 1 di Kabupaten Bogor. Sehingga secara keseluruhan Koperasi BMI telah membagikan rumah sebanyak 361 unit rumah HRSH di Banten dan Jabar,” jelas Casmita.

Penyerahan bingkisan lebaran untuk Marbot Baitul Hidayah Cabang Bojong Gede,Kabupaten Bogor.
Penyerahan bingkisan lebaran untuk Marbot Baitul Hidayah Cabang Bojong Gede,Kabupaten Bogor.

Sebelumnya, Presiden Direktur Koperasi BMI Kamaruddin Batubara menegaskan bahwa koperasi syariah memiliki tanggung jawab sosial lebih besar dibandingkan dengan koperasi konvensional. Dikatakannya, koperasi syariah bukan saja dilandasi oleh semangat keluargaan dan gotong royong, namun juga menjadi penyebar ibadah muamalah sebagai implikasi dari pelaksanaan ajaran Al Quran dan hadist.

BACA JUGA : Apa Saja Sih Syarat Jadi Anggota Kopsyah BMI, Cek Di Sini

Selain memberikan bingkisan lebaran untuk para marbot, Kopsyah BMI telah lebih dulu menggulirkan program Sanitasi Mesjid, Musholla dan Pesantren (Sanimesra) dan Sanitasi Dhuafa. Sanimesra sendiri menyasar pesantren, masjid, yang tidak memiliki atau tidak layak dalam sarana air untuk wudhu. Sementara, sanitasi dhuafa merupakan bentuk kepedulian Kopsyah BMI kepada anggota dan masyarakat yang belum memiliki sanitasi atau sarana MCK yang belum layak.

“Ini adalah bentuk apresiasi Koperasi BMI untuk para pejuang dakwah. Karena BMI sangat konsisten untuk membantu perkembangan kegiatan agama seperti membantu masjid, mushala dan lainnya,” terang pria yang karib disapa Kambara ini.

”BMI terus berupaya menggaungkan ibadah muamalah di tengah anggota dan masyarakat, makanya kita punya program Sanimesra (Sanitasi Mesjid, Musholla dan Pesantren). BMI membangun tempat wudhu dan toilet untuk jamaah. BMI juga memiliki program sanitasi untuk kaum dhuafa yang kita sebut dengan Sanitasi Dhuafa,” jelasnya.

Pembangunan sanimesra, seluruh bahan bangunan dipasok dari Koperasi Konsumen Benteng Muamalah Indonesia (Kopmen BMI) lewat tangan-tangan terampil Koperasi Jasa Benteng Mandiri Indonesia (Kopjas BMI). Perlu diketahui, program ini merupakan implementasi Fatwa MUI Nomor 001/MUNAS-IX/MUI/2015 tentang ZISWAF untuk air dan sanitasi.

” Program Sanimesra terus ada hingga kini berkat kepedulian dari anggota dan karyawan yang menyalurkan ZISWAF secara rutin di Kopsyah BMI. Bantuan ini disalurkan BMI untuk kemaslahatan umat dan memberikan manfaat untuk masyarakat luas, Insha Allah benilai ibadah buat kita semua. Saya mengajak mari kita tingkatkan infaq dan sedekah kita melalui Kopsyah BMI,” tandasnya.

(Togar Harahap/Klikbmi)

Share on:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.