Setelah Cibinong, Kopsyah BMI Kembali Bantu Korban Puting Beliung Di Ciampea Bogor

BMI Corner

Kades Cibadak Ciampea Todong BMI Percepat Pendaftaran Para Stafnya Jadi Anggota

فَٱذْكُرُونِىٓ أَذْكُرْكُمْ وَٱشْكُرُوا۟ لِى وَلَا تَكْفُرُونِ

Karena itu, ingatlah kamu kepada-Ku niscaya Aku ingat (pula) kepadamu, dan bersyukurlah kepada-Ku, dan janganlah kamu mengingkari (nikmat)-Ku. (Al Baqarah : 152)

Klikbmi, Bogor – Koperasi BMI terus berusaha menjadi yang terdepan dalam melaksanakan tanggung jawab sosialnya. Setelah di Cibinong, Koperasi Syariah Benteng Mikro Indonesia (Kopsyah BMI) kembali menyerahkan bantuan kepada korban puting beliung di Kecamatan Ciampea, Kabupaten Bogor, Rabu 10 November 2021.

Sekadar diketahui, sejumlah daerah di wilayah Kabupaten Bogor, diterjang angin puting beliung, Senin 1 November 2021. Akibatnya, sejumlah rumah warga mengalami kerusakan, bahkan ada yang ambruk.

Baca Juga : Kopsyah BMI Salurkan Bantuan Kepada Tiga Warga Cibinong Yang Terdampak Bencana Puting Beliung

Makanya, Kopsyah BMI langsung melakukan tanggap darurat dengan menyalurkan santunan bencana baik berupa uang dan bantuan material kepada rumah korban yang terdampak. Di Kelurahan Nanggewer Cibinong, Kopsyah BMI menyerahkan bantuan bencana masing-masing Rp1 juta kepada tiga anggota BMI yang atap rumahnya disapu angin puting beliung.

Gerilya BMI tak berhenti di situ saja. BMI juga menyerahkan bantuan kepada Marwah Sofa, anggota BMI yang rumahnya ambruk. Angin kencang disertai hujan deras hampir meratakan rumah Marwah di Kampung Cibadak, RT 005, RW 001, Desa Cibadak, Kecamatan Ciampea, Kabupaten Bogor. Bantuan yang diberikan berupa bahan material sebesar Rp 2 juta.

Kepada Klik BMI, Manajer Kopsyah BMI Cabang Ciampea Sudrajat menjelaskan, bencana yang merobohkan dapur rumah anggota terjadi selepas ashar. Beruntung tak ada korban jiwa, karena mereka tengah berada di ruang tengah.

”Kopsyah BMI langsung bergerak ke lokasi setelah mendapatkan informasi kejadian bahwa rumah Ibu Marwah ambruk. Setelah di data, Alhamdulillah pengajuan bantuan disetujui oleh Ketua Pengurus Kopsyah BMI Pak Kamaruddin Batubara,” terangnya sekaligus menjelaskan bahwa Ibu Marwah Sofa baru sebulan bergabung menjadi anggota BMI.

Dapur milik Marwah Sofa ambruk setelah angin puting beliung menyapu Desa Cibadak, Kecamatan Ciampea, Bogor, Senin 1 November 2021 lalu.

Penyerahan bantuan disaksikan langsung oleh Kades Cibadak Liya Muliya dan Ketua RT Setempat. Sementara hadir dari BMI yakni Koordinator Satuan Pengawas Internal (SPI) Kopsyah BMI Sondari dan Manajer Area 09 Ujang.

Dalam sambutannya, Kades Cibadak Liya Muliya mengucapkan banyak terimakasih kepada Kopsyah BMI yang telah peduli kepada musibah yang menimpa warganya. Meskipun, Kopsyah BMI baru dua bulan melayani desa tersebut, namun kepedulian kepada warga sangat besar.

”Dengan ini, saya mengajak semua staf Desa Cibadak untuk bergabung menjadi bagian dari Kopsyah BMI. Besok (Kamis, 11 November 2021), Pak Ajat dan staf BMI ke kantor desa dan jangan lupa bawa formulir anggota. Kami ingin masuk BMI, sekali lagi saya mewakili Desa Cibadak mengucapkan terima kasih sebesar-besarnya kepada Kopsyah BMI atas bantuan ini,” tegasnya.

Kenal Lebih Dekat Dengan Kopsyah BMI, Koperasi Simpan Pinjam dan Pembiayaan Syariah Terbesar di Banten Klik Di Sini

Sementara Koordinator SPI Kopsyah BMI Sondari mengatakan, dukungan Kopsyah BMI pada situasi bencana merupakan komitmen yang sudah lama dipegang teguh oleh BMI. Kopsyah BMI berdiri bukan saja dilandasi oleh semangat keluargaan dan kegotong-royongan tetapi juga menjadi penyebar ibadah muamalah sebagai implikasi dari pelaksanaan ajaran Quran dan Hadist.

”Seperti pesan dari Presiden Direktur Kopsyah BMI  Kamaruddin Batubara bahwa Kopsyah BMI memiliki perhatian dan tanggung jawab lebih besar kepada dhuafa dan saudara-saudara yang tertimpa bencana. Kami berharap, bantuan dapat membantu meringankan beban Ibu Marwah sekeluarga,” ujarnya.

Terpisah, Presdir Koperasi BMI Kamaruddin Batubara mengatakan program bantuan material merupakan bentuk komitmen sosial BMI kepada saudara- saudara yang tidak mampu. Seperti yang tertuang dalam QS Al Baqarah ayat 215 yang berbunyi “Mereka bertanya tentang apa yang mereka nafkahkan. Jawablah: “Apa saja harta yang kamu nafkahkan hendaklah diberikan kepada ibu-bapak, kaum kerabat, anak-anak yatim, orang-orang miskin dan orang-orang yang sedang dalam perjalanan”. Dan apa saja kebaikan yang kamu buat, maka sesungguhnya Allah Maha Mengetahui,”

”Alhamdulillah, BMI terus berkomitmen untuk bertumbuh, berkembang serta berkontribusi positif lewat program pemberdayaan sosialnya. Khususnya bagi saudara-saudara kita yang dalam kondisi tertimpa musibah di wilayah pelayanan BMI,” paparnya

Dikatakannya, bahwa ekonomi syariah yang bisa diaktualisasikan dalam bentuk koperasi bukan tanpa dasar. Secara etis, dalam Surat Al-Baqarah ayat 215 dan Surat An-Nisa ayat 36, diperintahkan agar kita peduli dan membantu sesama yang sedang kesulitan. Seruan gotong royong dan kepedulian ini sejalan dengan prinsip koperasi.

(Togar Harahap/Klikbmi)

Share on:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.