Bulan Maret, Koperasi BMI Serahkan 10 Rumah Gratis Dari Program Hibah Rumah Siap Huni (HRSH)

Nasional

“..supaya harta itu jangan beredar di antara orang-orang kaya saja di antara kamu…(QS. Al Hasyr: 7)

Klikbmi, Tangerang – Tujuan berkoperasi adalah meningkatkan kesejahteraan anggota pada khususnya dan masyarakat pada umumnya. Gerakan berkoperasi harus didasari oleh semangat kekeluargaan dan gotong royong dengan konsep ta’awun atau saling tolong-menolong dalam kebaikan. Dengan kekeluargan dan gotong royong apapun bisa dilakukan. Termasuk melewati masa masa sulit akibat pandemi. Terlebih fungsi dan peran anggota di koperasi adalah sebagai pemilik, pengguna dan pengendali. Itu harus dipahami dan diimplementasikan sehingga koperasi akan kuat dan berhasil melewati masa sulit ini sehingga mampu meningkatkan kesejahteraan anggotanya.

Baca Juga : Koperasi BMI Bagikan 283 Rumah Gratis https://klikbmi.com/bmi-tutup-akhir-tahun-2020-lewat-penyerahan-hrsh-ke-283-di-sajira/

Presiden Direktur Koperasi BMI, Kamaruddin Batubara ditemui di Kantor Pusat di kawasan Gading Serpong, menjelaskan kepada redaksi, Koperasi BMI  merupakan koperasi pemberdayaan dan sosial. “Insyallah kita belajar menggali dari pemikiran Bung Hatta, koperasi kita pahami sebagai lembaga ekonomi yang konsen terhadap pemberdayaan anggota dan sosial. Jadi terkait dengan pemberdayaan kita punya program HRSH. HRSH itu adalah hibah rumah siap huni. Program ini gratis, gratis untuk anggota koperasi BMI dan non anggota. Program ini kita mulai sejak 2015 dan Alhamdulillah sampai hari ini jumlah yang kita bagikan sudah mencapai 283 rumah. Dan bulan maret ini kita bagikan 10 rumah lagi” ujarnya pada redaksi.

Baca Juga : Koperasi BMI Bagikan Rumah Gratis. https://klikbmi.com/tahun-2020-koperasi-bmi-bagikan-43-rumah-gratis/

Kamaruddin melanjutkan bahwa target tahun 2021, Koperasi BMI ingin membagikan rumah gratis melalui program HRSH sebanyak 110 unit rumah. “Kami bersyukur kepada Allah SWT atas semua limpahan rahmat dan karunianya ternyata Koperasi BMI  tetap mampu menjalankan program HRSH di tengah kondisi ekonomi yang dipengaruhi pandemi saat ini. Terima kasih juga atas militansi anggota yang luar biasa. Kita targetkan tahun ini HRSH tetap membagikan 110 rumah untuk itu  kita minta dukungan kepada anggota dan juga eksponen masyarakat yang punya program yang sama untuk bisa bermitra dengan kita” imbuh pria tinggi besar ini pada redaksi.

“Kita juga minta semua elemen pengurus, pengawas, dan manajemen untuk bersatu padu berkinerja positif. Mengajak masyarakat yang belum menjadi anggota Koperasi BMI untuk menjadi anggota Koperasi BMI. Koperasi adalah lembaga pemerataan keadilan, yang punya uang membantu yang membutuhkan uang, seperti makna surat Al Hasyr ayat 7 bahwa Allah inginkan harta tidak hanya beredar untuk orang kaya saja. Kita ingin kabarkan untuk orang-orang yang memiliki kelebihan uang bisa menggunakan  berbagai produk simpanan di Koperasi BMI” tutur pria peraih Anugerah Satyalancana Wira Karya dari Presiden ini.

Data Rumah Gratis Dari Koperasi BMI Pada Program Hibah Rumah Siap Huni (HRSH) Bulan Maret 2021

“Bulan ini kita bagikan 10 unit rumah gratis kepada 5 anggota dan 5 non anggota Koperasi BMI yang  terdiri dari 3 unit rumah di Kabupaten Pandeglang, Kota Cilegon 1 unit rumah, Kabupaten Tangerang 4 unit rumah , dan Kabupaten Serang 2 unit rumah. Kita berdoa semoga yang mendapat rumah semakin meningkat kesejahteraannya. Dan semoga kegiatan ini semakin meningkatkan militansi dan kecintaan anggota kepada Koperasi BMI serta meningkatkan image masyarakat bahwa koperasi bisa melakukan hal apa saja sepanjang kita bersatu. Dan doakan kita para pengurus dan pengawas tetap istiqomah menjalankan program ini. Dengan tambahan ini rumah yang kita serahkan telah berjumlah 293 sejak program ini kita gulirkan ” pungkas Kamaruddin menutup keterangannya.

Yanita Nurmala, Manajer Pendanaan Koperasi BMI mengatakan produk simpanan di Koperasi BMI dikelola dengan amanah dan manajemen profesional. “Alhamdullilah, Koperasi BMI pada tahun 2020 kembali meraih penilaian dengan predikat sehat yang merupakan penilaian tertinggi pada tingkat kesehatan koperasi yang dikeluarkan oleh Kementerian Koperasi & UKM RI. Kita juga meraih penilaian koperasi dengan kategori AAA atau sangat berkualitas oleh lembaga independen. Ini memberi pesan kepada anggota untuk semakin mantab menyimpan uangnya di Koperasi BMI. Dan kita juga mengajak calon anggota atau masyarakat untuk menjadi anggota dan menyimpan di sini. Oia Simpanan Sijaka (Simpanan Berjangka) kita insyallah berkah dan menguntungkan setara dengan 12,5%  pertahun” papar Yayan, panggilan akrab Yanita.

Baca Juga : Koperasi BMI Wujudkan Rumah Kadmi Lebih Asri. https://klikbmi.com/koperasi-bmi-wujudkan-rumah-kadmi-lebih-asri/

Muhamad Suproni, Manajer Pemberdayaan Anggota  menjelaskan dari mana uang untuk membangun rumah gratis yang telah dibagikan. “Jadi koperasi kita ini, bukan sekedar koperasi simpan pinjam. BMI adalah koperasi pemberdayaan dengan semangat tolong–menolong dan kekeluargaan. Pembangunan rumah gratis untuk anggota kita ambilkan dari CSR yang berasal dari dana sosial dan dana kebajikan. Dana sosial adalah anggaran yang berasal dari penyisihan SHU. Dana kebajikan ini adalah penyisihan 1 persen dari dana yang telah dikeluarkan sebagai pembiayaan kepada anggota. Setengahnya kita pakai untuk kegiatan ini. Sedangkan untuk membangun rumah non anggota kita ambilkan dari dana infak anggota. Jadi kita ini anggota berinfaq seminggu Rp 1000,00, dana inilah yang kita pakai. Walaupun Cuma Rp 1000,00, silakan hitung jika kali 200 ribu anggota, jika kita disiplin berapa banyak rumah yang bisa kita bangun. Terakhir saya ajak anggota semua untuk terus meningkatkan infaqnya, juga simpanannya dan partisipasi yang lain”  tutur Roni, pria yang selalu bersahaja ini.

“Oia tadi saya jelaskan BMI adalah koperasi pemberdayaan dan sosial, kegiatan sosial kita cukup banyak , seperti sunatan massal, pengobatan massal, ambulans gratis, santunan dhuafa, beasiswa dan lain-lain. Untuk yang belum jadi anggota kita ajak untuk menjadi anggota dan siap menjadi orang yang bermanfaat bagi orang lain. Insyallah dengan menjadi anggota Koperasi BMI mekanisme saling bermanfaat telah kita ciptakan. Ini sesuai dengan tuntunan Rasulullah bahwa manusia paling utama adalah yang paling bermanfaat bagi sesama” pungkas Roni menutup penjelasannya. (Sularto/Klikbmi)

Share on:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *